SKCK Untuk Pindah KK

Pendahuluan

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) adalah dokumen penting yang dibutuhkan oleh seseorang saat akan mengajukan berbagai keperluan seperti Pindah Kependudukan (KK). SKCK menjadi salah satu persyaratan penting dalam proses pindah KK. Artikel ini akan membahas mengenai SKCK untuk pindah KK, mulai dari pengertian hingga proses pengurusan.

Pengertian SKCK

SKCK adalah surat keterangan dari kepolisian yang menyatakan bahwa seseorang tidak memiliki catatan kriminal atau terlibat dalam kasus-kasus kriminal. SKCK diperlukan untuk berbagai keperluan seperti pindah KK, bekerja, kuliah, atau keperluan lainnya.

Alur Pengurusan SKCK

Untuk mengurus SKCK, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui, yaitu:

  1. Pendaftaran
  2. Verifikasi
  3. Pembayaran
  4. Pemeriksaan
  5. Pengambilan SKCK

SKCK untuk Pindah KK

SKCK menjadi salah satu persyaratan penting dalam proses pindah KK. Hal ini dikarenakan SKCK menjadi bukti bahwa seseorang tidak terlibat dalam kasus kriminal dan pantas untuk menjadi penduduk baru di daerah tujuan. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi saat mengajukan SKCK untuk pindah KK adalah:

  • Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi
  • Surat Pindah dari Kelurahan asal
  • KTP asli dan fotokopi
  • Pas photo dengan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  Pengajuan SKCK Mabes Polri Yang Tidak Memiliki Surat Nikah

Proses Pengurusan SKCK untuk Pindah KK

Untuk mengurus SKCK untuk pindah KK, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui, yaitu:

    1. Pendaftaran

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri di Kantor Kepolisian setempat. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir yang disediakan dan menunjukkan persyaratan yang telah dipenuhi.

    1. Verifikasi

Setelah mendaftar, petugas akan melakukan verifikasi terhadap data yang telah diisi dan persyaratan yang telah dipenuhi. Apabila data dan persyaratan telah terverifikasi, maka petugas akan memberikan nomor antrian untuk melanjutkan proses pengurusan.

    1. Pembayaran

Setelah mendapatkan nomor antrian, maka selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Biaya pengurusan SKCK untuk pindah KK dapat bervariasi tergantung dari daerah masing-masing. Pastikan untuk menanyakan biaya yang harus dibayarkan agar tidak terjadi kesalahan.

    1. Pemeriksaan

Setelah melakukan pembayaran, petugas akan melakukan pemeriksaan terhadap data dan persyaratan yang telah diserahkan. Petugas juga akan melakukan wawancara dan pemeriksaan sidik jari.

    1. Pengambilan SKCK

Apabila seluruh proses pengurusan telah selesai dilakukan, maka selanjutnya adalah pengambilan SKCK. SKCK akan diberikan oleh petugas kepolisian dan dapat diambil langsung di Kantor Kepolisian setempat.

  Perlukah SKCK Untuk Melamar CPNS

Kesimpulan

Dalam proses pindah KK, SKCK menjadi salah satu persyaratan penting yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk mengetahui proses pengurusan SKCK untuk pindah KK dan persyaratan yang harus dipenuhi. Dengan mengetahui hal ini, maka proses pindah KK dapat dilakukan dengan mudah dan lancar.

admin