Revalidasi Panama Book

Adi

Updated on:

Revalidasi Panama Book
Direktur Utama Jangkar Goups

Buku pelaut panama atau panama book merupakan satu bagian yang harus di miliki seorang pelaut. Buku ini juga harus di perpanjang atau di lakukan revalidasi jika masanya habis. Revalidasi panama book bisa di lakukan dengan beberapa syarat dan prosedur khusus. SAT Security Awareness Training

Bagi Anda yang bingung untuk melakukannya, maka bisa memanfaatkan jasa yang kami berikan. Melalui jasa urus buku panama, maka proses serta prosedur pengurusannya akan jauh lebih sederhana. Namun sebelum itu, simak beberapa detail informasi berikut ini.

Mengurus Revalidasi Panama Book

 

Syarat Mengurus Revalidasi Panama Book

Komponen pertama yang harus anda ketahui adalah syarat pengurusan revalidasi panama book secara menyeluruh. Bagi Anda yang ingin melakukan proses pengurusan ini, maka harus paham secara mendetail mengenai syarat yang di butuhkan.

 

Hal ini tentunya penting untuk dilakukan karena sangat berpengaruh pada segala proses ke depan. Penasaran apa saja syarat yang harus di penuhi? Simak detail yang ada di bagian bawah ini secara menyeluruh dan mendetail ke penjabarannya:

Syarat Mengurus Revalidasi Panama Book

 

1. Akun Pelaut

Syarat pertama yang harus di lengkapi adalah akun pelaut. Seorang pelaut biasanya akan memiliki akun pelaut ini untuk segala proses pengurusan dokumen. Oleh sebab itu, pastikan sandi dan username dari akunnya tidak lupa agar proses revalidasi bisa segera di lakukan.

 

Jika lupa dengan akun pelaut pribadi, maka sangat menyarankanuntuk segera mengurus akun tersebut agar bisa mengakses kembali. Karena tanpa melakukan proses tersebut, maka pendaftaran permohonan revalidasi tidak akan bisa di lakukan.

Panama Book

 

  Cara Bayar Buku Pelaut Online

2. Bukti Pendaftaran

Setelah akun di miliki, syarat lainnya adalah bukti pendaftaran. Saat pihak pengaju melakukan pendaftaran di situs terkait, maka nantinya akan ada bukti pendaftaran yang harus di miliki. Karena dokumen ini penting, maka pastikan untuk menyimpannya.

 

Jika tidak ada bukti pendaftaran yang valid, maka prosesnya juga akan terpengaruh. Oleh sebab itu, pastikan pengurusannya anda lakukan dengan baik hingga penyimpanan buktinya. Dengan demikian, syarat lainnya bisa langsung di unggah.

Bukti Pendaftaran

3. Surat Permohonan

Syarat lain yang krusial adalah surat permohonan. Pihak berwenang yang bisa menerbitkan surat permohonan ini adalah pihak perusahaan. Namun jika dari pihak perusahaan tidak menyerahkan surat permohonan, maka pelaut bisa menyusun surat permohonannya sendiri.

 

Meski demikian, detail yang ada dalam surat tersebut harus berisi permohonan pengurusan secara menyeluruh. Pembuatannya harus menyesesuaikan dengan standar yang ada. Jika membuatnya dengan baik, maka bisa di jadikan salah satu syarat yang kuat.

SURAT PERMOHONAN

 

4. Sertifikat Keahlian dan Keterampilan Pelaut

Saat akan menjadi pelaut, biasanya tiap individu akan di berikan sertifikat keahlian dan keterampilan pelaut. Untuk mendapatkan ini tentunya harus anda lakukan serangkaian tes agar menyesuaikan dengan kemampuan yang di miliki.

 

Saat akan melakukan proses revalidasi, salinan sertifikat ini tentunya harus di serahkan sebagai salah satu syarat. Dengan demikian, pihak berwenang bisa mempercayai bahwa pihak pengaju benar-benar pelaut dengan sertifikat yang sudah lengkap.

sertifikat keahlian dan keterampilan pelaut

 

5. Sertifikat Kesehatan

Sertifikat kesehatan juga menjadi salah satu golongan syarat yang harus anda serahkan. Medical certificate ini harus di keluarkan oleh dokter di rumah sakit yang sudah di rekomendasikan. Jadi tidak semua rumah sakit bisa meluncurkan sertifikat kesehatan untuk proses revalidasi.

 

Dengan adanya dokumen ini, maka pihak berwenang bisa melihat data kesehatan pihak pengaju secara menyeluruh. Jika kesehatannya terbukti baik, maka panama book bisa di validasi dan bisa segera di manfaatkan untuk berlayar.

  Harga Buku Pelaut 2024: Panduan Lengkap untuk Navigasi Laut

sertifikat kesehatan

 

6. Dokumen Data Diri

Dokumen data diri juga menjadi salah satu dokumen yang tidak boleh ketinggalan. Mulai dari salinan KK sampai dengan salinan KTP harus di lengkapi tanpa ada bagian yang terlewat. Kelengkapan dokumen ini penting untuk proses verifikasi.

 

Jika dokumen data diri sudah ada, maka pihak berwenang bisa mencocokkan segala dokumen yang ada dengan data diri tersebut. Langkah ini memerlukan untuk mengetahui apakah ada kesalahan nama atau tidak dalam proses pengurusannya.

Dokumen Data Diri

 

7. Panama Book Asli

Berkas syarat terakhir yang harus anda lengkapi adalah panama book yang asli. Karena akan di validasi, maka masa perpanjangan panama book yang lama pasti sudah habis. Oleh sebab itu, dokumen ini harus di lampirkan sebagai salah satu syarat.

 

Jika tidak ada panama book asli, maka pihak berwenang tidak akan bisa melakukan proses revalidasi. Karena nantinya panama book yang lama ini akan di ganti dengan panama book baru yang sudah di validasi dan sudah di perpanjang masa penggunaannya.

 

Prosedur dan Waktu Pengurusan Revalidasi Panama Book

Setelah mengetahui apa saja syarat mengurus revalidasi panama book, maka Anda juga harus tahu mengenai prosedur yang harus di lakukan serta waktu pengurusannya. Untuk prosedurnya sendiri akan terbagi menjadi beberapa poin langkah. Berikut di antaranya:

Prosedur dan Waktu Pengurusan Revalidasi Panama Book

  • Siapkan berkas syarat dengan baik sebelum memulai proses pengurusan.
  • Lakukan pendaftaran revalidasi buku pelaut di alamat situs https://www.pelaut.dephub.go,id.
  • Kemudian input semua data yang sudah di siapkan.
  • Tunggu proses verifikasi di lakukan oleh pihak berwenang.
  • Setelah itu lakukan proses pembayaran sebesar 10 ribu rupiah untuk sekali proses perpanjangan.
  • Lapor pembayaran selesai di lakukan.
  • Jika di minta untuk pemeriksaan fisik, maka ikuti prosedur yang di berikan.
  • Setelah semua dokumen selesai, maka akan di lakukan pencetakan buku pelaut yang sudah di validasi.
  • Nantinya buku pelaut tersebut akan di sahkan oleh pejabat berwenang dan kemudian bisa di ambil untuk segera di gunakan.
  Buat Buku Pelaut Efisien

 

Serangkaian proses pengurusan di atas tentunya harus di pahami jika Anda akan mengurusnya sendiri. Untuk proses revalidasi ini biasanya akan memakan waktu sampai 2 hari. Namun jika di minta melakukan pemeriksaan fisik, maka prosesnya akan membutuhkan waktu sampai 3 hari.

 

Jasa Pengurusan Revalidasi Panama Book

Jika di lihat dari prosedur revalidasi panama book, maka bisa di pastikan bahwa proses pengurusannya tidak terlalu singkat. Bagi Anda yang memiliki kesibukan lain, mengurus buku pelaut ini akan sangat sulit untuk di terapkan karena akan menyita banyak waktu.

Jasa Pengurusan Revalidasi Panama Book

Oleh karenanya, sangat di sarankan bagi Anda untuk memanfaatkan jasa yang kami berikan. Melalui jasa kami, maka Anda akan mendapat beberapa hal menguntungkan. Mulai dari segi pengurusan, pembiayaan, hingga kecepatan prosesnya.

 

Biaya yang kami berikan sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar biaya revalidasi dan jasa yang kami berikan. Jika di lihat secara menyeluruh, maka hal ini akan jauh lebih ringkas di banding mengurus sendiri yang membutuhkan biaya transportasi dan yang lainnya.

 

Apalagi bagi Anda yang rumahnya jauh dari tempat pengurusan, maka akan sangat repot untuk mengurusnya. Lebih baik memanfaatkan jasa kami dengan proses yang sesuai. Hal ini akan menjadi keuntungan lain yang memudahkan.

Biaya yang terjangkau

Proses pengurusan yang kami lakukan juga sudah sesuai dengan aspek prosedur yang berlaku. Oleh sebab itu, berkas yang di hasilkan juga tergolong sah dan legal. Dengan demikian, buku pelaut yang sudah di validasi bisa langsung di manfaatkan.

 

Kamu juga sudah melakukan proses dengan tenaga ahli. Dengan demikian, proses pengurusannya akan jauh lebih cepat karena pihak yang mengurus sudah terbiasa untuk menyelesaikan proses revalidasi semacam ini.

 

Dengan pemanfaatan jasa kami, maka proses revalidasi panama book akan jauh lebih ringkas karena Anda tidak perlu mengurusnya sendiri. Semua aspek syarat dan prosedur sudah kami jelaskan. Jika ada hal lain yang krusial untuk ditanyakan, langsung saja kontak kami.

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor