Persyaratan Pembuatan SKCK 2023

Persyaratan Pembuatan SKCK 2023

Apa itu SKCK?

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh kepolisian untuk menunjukkan bahwa seseorang tidak terlibat dalam kejahatan atau tindakan kriminal. SKCK umumnya diperlukan ketika seseorang ingin melamar pekerjaan, mendaftarkan diri di lembaga pendidikan, atau melakukan proses imigrasi.

Siapa yang harus membuat SKCK?

Semua warga Indonesia yang ingin melamar pekerjaan, mendaftar di lembaga pendidikan atau melakukan proses imigrasi, harus membuat SKCK. Selain itu, orang asing yang ingin tinggal atau bekerja di Indonesia juga harus memiliki SKCK.

Bagaimana cara membuat SKCK?

Untuk membuat SKCK, Anda harus mengikuti beberapa persyaratan. Di bawah ini adalah persyaratan pembuatan SKCK yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan permohonan:

Persyaratan Umum

1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website kepolisian atau datang langsung ke loket pelayanan SKCK di kantor kepolisian.

  Cara Membuat SKCK Online Bogor

2. Pas foto terbaru dengan ukuran 4×6 cm.

3. KTP asli serta fotokopi KTP yang sudah dilegalisir.

4. Surat pengantar dari instansi yang memerlukan SKCK atau dapat juga berupa surat penunjukan dari perusahaan atau organisasi.

5. Biaya pembuatan yang sudah ditentukan oleh kepolisian daerah setempat.

Persyaratan Khusus

Setiap daerah memiliki persyaratan khusus dalam pembuatan SKCK. Beberapa persyaratan khusus yang umumnya diwajibkan dalam pembuatan SKCK di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat dapat diperoleh dari rumah sakit atau klinik yang ditunjuk oleh kepolisian. Surat keterangan sehat ini menunjukkan bahwa Anda bebas dari penyakit menular dan memiliki kondisi fisik yang memadai.

2. Sumpah Pernyataan

Anda perlu membuat sumpah pernyataan di depan pejabat kepolisian yang menyatakan bahwa data yang Anda berikan dalam formulir pembuatan SKCK adalah benar dan tidak ada yang disembunyikan.

3. Sidik Jari

Pihak kepolisian akan melakukan pengambilan sidik jari dan mencocokkan data Anda dengan data kepolisian lainnya untuk memastikan bahwa Anda tidak terlibat dalam kejahatan atau tindakan kriminal.

  Map Warna Apa Untuk Perpanjang SKCK

Kesimpulan

Itulah persyaratan lengkap untuk membuat SKCK pada tahun 2023 di Indonesia. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan yang telah disebutkan di atas untuk mempercepat proses pembuatan SKCK Anda. Jangan lupa untuk membawa semua dokumen yang diperlukan ketika mengunjungi kantor kepolisian setempat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang pembuatan SKCK di Indonesia.