Kartu Apec Hilang ? Inilah Persyaratan dan Prosedur Bikin Baru

Seperti apa persyaratan pembuatan kartu APEC hilang, yang akan anda butuhkan untuk mendapatkannya kembali? Ada berbagai persyaratan dan biaya yang akan anda butuhkan, dan waktu penyelesaiannya juga terbilang lama. Oleh karena itu, ada baiknya pengajuan pembuatan kartu APEC dilakukan dengan segera sama seperti anda membuat kartu APEC baru. Apa itu Kartu APEC

 

Apa Saja Persyaratan Pembuatan Kartu APEC Hilang ?

 

Asia bisa terkatakan sebagai benua yang solid, karena banyaknya konferensi untuk meningkatkan kerjasama negara. Salah satu kerjasama negara Asia ini yaitu APEC (Asia Pacific Economic Cooperation). Tujuan dari APEC tersebut adalah untuk menyatukan berbagai negara dalam investasi dan perdagangan.

Untuk menjadi bagian dari APEC, maka setiap member dari negara yang tergabung membutuhkan kartu APEC. Sayangnya, kerap kali kesalahan manusia membuat kartu tersebut menjadi hilang atau rusak. Untungnya, pemerintah masih memberikan solusi untuk mendapatkannya kembali.

 

Apa itu Kartu APEC dan Kegunaannya?

APEC Business Travel Card, atau yang terkenal dengan kartu APEC, merupakan kartu yang berlaku dalam kegiatan APEC. Kehadiran kartu tersebut juga membutuhkan sebagai akses penerbangan pada negara APEC untuk keperluan bisnis. Dari sini, sudah jelas pentingnya memiliki kartu tersebut.

Kartu APEC akan dapat anda gunakan sebagai mempermudah proses imigrasi, untuk tinggal sementara pada negara APEC. Misalnya, seorang pebisnis ingin mengikuti kegiatan ekonomi ke Australia (salah satu negara APEC). Kartu ini, akan memberikan izin tinggal hingga 90 hari pada negara tersebut.

 

Apa itu Kartu APEC dan Kegunaannya?

 

Meski terdengar berguna untuk Asia Pasifik, namun ada sebagian negara non-Asia Pasifik yang tergabung dalam APEC. Tiga negara Amerika Selatan seperti Chile, Meksiko, dan Peru, juga merupakan bagian dari APEC. Dengan jangkauan luas, inilah mengapa kartu APEC sangat membantu pemiliknya.

  Cara Mendapatkan Sertifikat Fumigasi

Pemilik kartu APEC juga tidak membutuhkan visa untuk bepergian ke negara APEC. Namun tetap saja, pemegang kartu masih memerlukan paspor yang masih aktif minimal 6 bulan. Oleh karena itu, akan sangat sayang apabila kartu APEC hilang.

 

Siapa yang Boleh Mengajukan Pembuatan Kartu APEC?

Sejatinya, manfaat dari kerjasama antar negara ini adalah untuk mensejahterakan tiap negara yang bergabung secara ekonomi. Karena itu, pemilik kartu APEC umumnya pebisnis atau badan usaha. Berikut penjelasan dari orang yang teranggap kredibel untuk mendapatkan kartu bisnis internasional tersebut :

  • Pemilik kartu APEC merupakan warga negara yang sah pada salah satu negara APEC. Untuk Indonesia, maka pemilik harus terdaftar secara sah sebagai WNI.
  • Pemilik merupakan pebisnis bonafide, yang artinya merupakan pebisnis sah dan terpercaya. Pebisnis tersebut juga perlu memiliki jabatan setara direksi atau diatasnya, yang kemudian terbuktikan dengan memberikan akta perusahaan sebagai verifikasi.
  • Adapun perusahaan yang ada atau yang mempekerjakan pebisnis tersebut, harus setara dengan PT. (Perseroan Terbatas). Hal tersebut, dapat terbuktikan dengan memberikan surat izin perusahaan sebagai verifikasi.

 

Siapa yang Boleh Mengajukan Pembuatan Kartu APEC?

 

Seperti Apa Persyaratan untuk Cetak Ulang Kartu APEC yang Hilang?

Apabila terbukti hilang, pebisnis harus melaporkan kehilangan kartu APEC secara manual. Selain melampirkan berbagai dokumen, pemilik kartu juga akan terkenakan biaya yang tidak tanggung-tanggung. Berikut apa saja persyaratan pembuatan kartu APEC hilang yang akan kami butuhkan:

1. Membawa Dokumen yang Diperlukan

Seperti sertifikat-sertifikat pada umumnya, kartu APEC yang hilang akan membutuhkan dokumen sebagai bukti verifikasi. Hanya saja, dokumen yang anda butuhkan tidak sebanyak ketika mendaftarkan kartu untuk pertama kali. Adapun dokumen untuk persyaratan pembuatan kartu APEC hilang antara lain:

  • Surat keterangan hilang kepolisian yang sudah terproses, untuk memastikan kartu APEC ternyatakan hilang secara sah.
  • Surat permohonan pengajuan pembuatan kartu APEC, yang akan anda lampirkan kepada Direktur Lalu Lintas Keimigrasian.
  • Surat kuasa yang anda buat khusus untuk mengajukan permintaan pembuatan kartu APEC yang hilang.
  • Tanda tangan pemohon yang anda buat menggunakan spidol besar ke whiteboard dengan sejelas-jelasnya.
  • Fotokopi paspor sebagai bukti sah jika pemilik kartu dapat melakukan kunjungan ke luar negeri.
  Jasa Akta Kematian Terpercaya

 

Seperti Apa Persyaratan untuk Cetak Ulang Kartu APEC yang Hilang?

 

Selain melampirkan dokumen, pemilik kartu juga perlu hadir pada Berita Acara Pemeriksaan. Umumnya hal ini anda lakukan untuk memeriksa status pebisnis, dan sebagai verifikasi hilangnya kartu.

2. Mempersiapkan Biaya Ganti Kartu APEC yang Hilang

Secara umum, biaya yang biasanya untuk membuat kartu APEC adalah Rp2.500.000,-. Harga tersebut karena mengingat proses pembuatan kartu APEC yang akan membutuhkan persetujuan seluruh negara terkait. Waktu yang biasa anda gunakan juga tidak cepat, sehingga wajar apabila biayanya cukup besar.

Namun untuk biaya yang biasanya sebagai persyaratan pembuatan kartu APEC hilang berkisar Rp3.500.000,-. Biaya yang terkena lebih besar, karena pihak pengurus akan membutuhkan verifikasi ulang kembali. Oleh karena itu, kami sarankan bagi pemilik kartu untuk tidak menghilangkan kartu kembali.

 

Berapa Lama Pembuatan Kartu APEC yang Hilang?

Setelah memenuhi dan mengajukan persyaratan pembuatan kartu APEC hilang, hal selanjutnya yang akan anda lakukan adalah menunggu. Seperti yang kami jelaskan waktu pengajuan kartu yang hilang akan cukup lama. Hal ini, mengingat pengurus harus mengikuti kembali skema pembuatan kartu APEC.

 

Berapa Lama Pembuatan Kartu APEC yang Hilang?

 

Adapun kisaran waktu yang anda butuhkan untuk mempersiapkan kartu APEC hilang adalah 1-2 bulan. Perlu anda ingat jika proses ini dapat berjalan lebih cepat atau lama, tergantung situasi pandemi yang masih menerjang dunia. Ada baiknya untuk segera mengajukan ketika kondisi sedang membaik.

  Sertifikat Kapal Tugboat

 

Dimana Tempat Pengajuan Kartu APEC yang Hilang?

Pemilik kartu yang hilang dapat membawa dokumen dan biaya yang anda butuhkan kepada counter pelayanan ABTC. Pihak pengurus ini berada pada Sub Visa Direktorat Lalu Lintas Keimigrasian. Untuk itu, pemegang kartu APEC dapat mengunjungi Gedung Direktorat Jenderal Imigrasi Jakarta Selatan.

 

Dimana Tempat Pengajuan Kartu APEC yang Hilang?

 

Untuk alamatnya, gedung kantor imigrasi tersebut beralamatkan Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-6. Sayangnya, bagi yang berdomisili pada luar pulau Jawa, saat ini belum ada kantor yang dapat menangani kartu APEC.

 

Penyedia Jasa Mengurus Kartu APEC yang Hilang

Setelah memahami tentang kartu APEC serta persyaratan pembuatan kartu APEC hilang, maka mungkin Anda mendapati banyak kendala. Masalah yang paling utama, jika saat ini Anda berada pada luar Jakarta. Sayangnya, belum ada jalur online yang dapat anda tempuh untuk masalah ini.

Selain itu, mungkin Anda sedang sibuk, sehingga tidak memiliki waktu cukup untuk mempersiapkan dokumen yang anda butuhkan. Tidak hanya waktu mengurus kartu APEC, Anda juga perlu mengurus berbagai macam surat lainnya. Mengurus dokumen-dokumen tersebut akan membutuhkan waktu yang tidak cepat.

 

Penyedia Jasa Mengurus Kartu APEC yang Hilang

 

Sebab itu, Anda dapat mempercayakan jasa kami dalam mengurus kartu APEC yang hilang. Selain terpercaya banyak klien, jasa kami telah terdaftar pada kemenhumkam sejak tahun 2008. Jasa kami dapat anda hubungi dengan mudah, serta tidak membutuhkan down payment terlebih dahulu.

Kami pastikan segala urusan mengurus sertifikat maupun kartu APEC akan kami kerjakan dengan tuntas. Apabila terjadi kendala tertentu, kami akan cepat memberi update info terkini atas proses pengembalian kartu APEC Anda. Merupakan suatu kepuasan bagi kami untuk mendapat kepercayaan dari Anda.

 

Agen Pengurus Kartu APEC yang Hilang

 

Sekian informasi lengkap mengenai APEC Business Travel Card, atau biasa terkenal dengan kartu ABTC. Dengan informasi persyaratan pembuatan kartu APEC hilang, kami harapkan Anda dapat mempertimbangkan apakah mengajukannya sendiri, atau menggunakan jasa urus. Oleh sebab itu, mahalnya pembuatan kartu APEC yang hilang, sejatinya kehadiran kartu tersebut memberikan nilai positif bagi pemiliknya. Tidak hanya bagi pemegang kartu, namun juga bagi negara yang ikut sertakan. Karena itulah kartu yang hilang perlu segera anda buat kembali.

Adi