Peran Notaris Dalam Proses Ganti Nama Di Pengadilan

Pengenalan Dan Peran Notaris Dalam Proses Ganti Nama Di Pengadilan

Jadi, saat seseorang ingin mengganti namanya, ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi. Diantara salah satu persyaratan tersebut adalah harus melalui proses pengajuan di pengadilan.Oleh karena itu, dalam proses tersebut, seorang notaris memiliki peran penting untuk membantu mengurus dan memproses ganti nama tersebut.

Peran Notaris

Selanjutnya, notaris memiliki peran penting dalam proses ganti nama di pengadilan. Mereka bertindak sebagai penasehat hukum dan membantu menyusun dokumen-dokumen yang di perlukan untuk pengajuan ganti nama. Selain itu, notaris juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa proses tersebut di l akukan secara sah dan sesuai dengan hukum yang berlaku.

  Pemberitahuan Publik Tentang Ganti Nama Di Pengadilan

Persyaratan Ganti Nama

Ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi sebelum seseorang dapat mengajukan ganti nama di pengadilan. Persyaratan tersebut meliputi hal berikut diantaranya yaitu:

  • Surat permohonan ganti nama
  • KTP yang masih berlaku
  • Surat keterangan domisili
  • Surat keterangan tidak sedang dalam proses hukum
  • Surat keterangan bebas dari utang

Peran Notaris Saat Proses Pengajuan Ganti Nama

Saat proses pengajuan ganti nama di mulai dengan mengumpulkan dokumen-dokumen yang di perlukan. Setelah itu, dokumen tersebut harus di serahkan ke notaris untuk di susun dan di periksa. Setelah dokumen lengkap, notaris akan membawa dokumen tersebut ke pengadilan untuk di ajukan.

Peran Notaris Saat Persiapan Dokumen Ganti Nama

Notaris akan membantu menyusun dokumen-dokumen yang di butuhkan untuk pengajuan ganti nama di pengadilan. Dokumen-dokumen tersebut meliputi hal berikut diantaranya yaitu:

  • Surat permohonan ganti nama
  • KTP yang masih berlaku
  • Surat keterangan domisili
  • Surat keterangan tidak sedang dalam proses hukum
  • Surat keterangan bebas dari utang
  • Akta kelahiran
  • Akta nikah atau akta cerai
  • Surat keterangan dari instansi yang berwenang, jika ada perubahan status
  • Surat keterangan dari pihak keluarga, jika ada perubahan nama karena adat atau kebiasaan
  Peran Pengacara Ganti Nama Di Pengadilan

Peran Notaris Saat pemeriksaan Dokumen

Peran Notaris Saat pemeriksaan Dokumen

Notaris akan memeriksa dokumen-dokumen yang telah di susun sebelum di bawa ke pengadilan. Hal ini di lakukan untuk memastikan bahwa dokumen tersebut sudah lengkap dan memenuhi syarat yang telah di tentukan. Notaris juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa seluruh dokumen sudah di tandatangani dan sudah di lengkapi dengan materai yang sesuai dengan ketentuan.

Peran Notaris Saat Pengajuan Ke Pengadilan

Peran Notaris Saat Pengajuan Ke Pengadilan

Selanjutnya, setelah dokumen lengkap dan sudah di periksa oleh notaris, dokumen tersebut akan di bawa ke pengadilan untuk di ajukan. Proses pengajuan ini harus di lakukan oleh notaris. Notaris akan memastikan bahwa dokumen sudah di terima oleh pengadilan dan proses pengajuan ganti nama sudah di mulai.

Pengumuman Di Koran

Selanjutnya, setelah pengajuan ganti nama di terima oleh pengadilan, pengumuman akan di lakukan di salah satu koran yang terbit di wilayah tempat tinggal pemohon. Pengumuman tersebut di lakukan untuk memberi tahu masyarakat bahwa seseorang telah mengganti namanya. Pengumuman ini juga memberi kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan masukan atau keberatan terhadap pengajuan ganti nama tersebut.

  Persyaratan Ganti Nama di Pengadilan

Surat Keputusan

Selanjutnya, setelah proses pengajuan dan pengumuman selesai dilakukan, pengadilan akan mengeluarkan surat keputusan yang menetapkan ganti nama tersebut sah dan resmi. Surat keputusan tersebut akan di berikan kepada notaris yang bertanggung jawab untuk memberikan salinan kepada pemohon.

Kesimpulan

Jadi, dalam proses ganti nama di pengadilan, notaris memiliki peran yang sangat penting. Mereka membantu menyusun dokumen-dokumen yang di perlukan, memeriksa dokumen tersebut, dan memastikan bahwa proses pengajuan di lakukan secara sah dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Dengan bantuan notaris, proses pengajuan ganti nama di pengadilan dapat berjalan dengan lancar dan efektif.

PT Jangkar Global Groups adalah perusahaan jasa notaris yang siap melayani anda

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

admin