Pengurusan Ijazah Pelaut Hilang – Kehilangan ijazah pelaut tentu menjadi masalah yang cukup serius bagi para pelaut. Ijazah pelaut merupakan dokumen penting yang menjadi bukti kompetensi dan kualifikasi seorang pelaut. Tanpa ijazah, seorang pelaut akan kesulitan untuk melamar pekerjaan atau naik pangkat. Oleh karena itu, penting untuk segera mengurus penggantian ijazah yang hilang. Umroh Backpacker Antara Kebebasan dan Risiko Ibadah
Prosedur Pengurusan Ijazah Pelaut yang Hilang
Berikut adalah prosedur pengurusan ijazah pelaut yang hilang:
Membuat Laporan Kehilangan ke Kantor Polisi Terdekat
Langkah pertama yang harus di lakukan adalah membuat laporan kehilangan ke kantor polisi terdekat. Laporan ini akan menjadi bukti bahwa ijazah pelaut Anda benar-benar hilang.
Mengumpulkan Dokumen Persyaratan
Setelah membuat laporan kehilangan, Anda perlu mengumpulkan dokumen-dokumen persyaratan yang di butuhkan. Dokumen-dokumen ini akan berbeda-beda tergantung pada jenis ijazah pelaut yang hilang.
Mengajukan Permohonan Penggantian Ijazah ke Instansi yang Berwenang
Setelah semua dokumen persyaratan lengkap, Anda dapat mengajukan permohonan penggantian ijazah ke instansi yang berwenang. Instansi yang berwenang untuk menerbitkan ijazah pelaut adalah Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan.
Membayar Biaya Penggantian Ijazah
Setelah permohonan Anda di setujui, Anda akan di minta untuk membayar biaya penggantian ijazah. Biaya ini akan bervariasi tergantung pada jenis ijazah pelaut yang hilang.
Menerima Ijazah Pengganti
Setelah pembayaran selesai, Anda akan menerima ijazah pengganti.
Persyaratan Pengurusan Ijazah Pelaut yang Hilang
Berikut adalah beberapa persyaratan umum yang biasanya di butuhkan dalam pengurusan ijazah pelaut yang hilang:
- Surat keterangan kehilangan dari kepolisian.
- Selanjutnya, Fotokopi ijazah pelaut yang hilang (jika ada).
- Kemudian, Fotokopi KTP.
- Selanjutnya, Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm.
- Kemudian, Surat pernyataan kehilangan bermaterai.
- Selanjutnya, Fotocopy buku pelaut.
- Kemudian, Fotocopy sertifikat keahlian pelaut, sertifikat keterampilan pelaut.
- Selanjutnya, Surat kesehatan dari dokter.
Penting untuk Di perhatikan
- Prosedur dan persyaratan pengurusan ijazah pelaut yang hilang dapat berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu memeriksa informasi terbaru di situs web Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.
- Selanjutnya, Pastikan semua dokumen persyaratan yang Anda kumpulkan lengkap dan valid.
- Kemudian, Untuk mempercepat proses, gunakanlah layanan secara daring jika memungkinkan, melalui situs resmi dari dokumen pelaut dari kementrian perhubungan.
PT Jangkar Global Groups berdiri pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.
YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,
HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN
KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI
Email : Jangkargroups@gmail.com
Website: Jangkargroups.co.id
Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852
Pengaduan Pelanggan : +6287727688883
Google Maps : PT Jangkar Global Groups