Haul Gus Dur Ke 4 Di Ciganjur Jakarta Selatan

haul gus dur ke 4 – Haul Gus Dur (Abdurahman Wahid) pada hari sabtu tanggal 28 Desember 2013 yang bertempat di rumah almarhum gus dur yaitu : Jalan Warung Sila Nomer 10, Ciganjur, Jakarta Selatan.

"</p

 

Selain itu, haul Gus Dur juga menjadi momen untuk memberikan apresiasi dan penghormatan terhadap sosok Gus Dur yang di anggap sebagai tokoh inspiratif dan pemimpin yang mampu menginspirasi banyak orang untuk memperjuangkan keadilan, toleransi, dan perdamaian di Indonesia.

 

Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa haul Gus Dur memiliki makna yang sangat penting bagi masyarakat Muslim Indonesia, karena haul ini menjadi momentum untuk memperkuat kesatuan dan persatuan umat Islam, memperkuat semangat keberagaman dan toleransi, serta memberikan penghormatan kepada sosok Gus Dur yang di anggap sebagai sosok inspiratif dan tokoh pemimpin yang sangat di hormati.

 

Pengalaman dan perasaan penulis saat mengikuti haul Gus Dur

Pengalaman umum yang biasa di alami oleh orang yang mengikuti haul Gus Dur, seperti suasana kebersamaan, kehangatan, dan keakraban antara pengikut Gus Dur, serta keindahan dari berbagai kesenian dan budaya Indonesia yang di pertunjukkan dalam pawai karnaval haul Gus Dur.

 

Pengalaman dan perasaan penulis saat mengikuti haul Gus Dur

 

Kesimpulan penulis tentang pengalaman Haul Gus Dur

Pengalaman mengikuti haul Gus Dur dapat memberikan berbagai macam kesan dan pengalaman yang berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung pada sudut pandang dan pengalaman pribadi masing-masing. Namun, secara umum, haul Gus Dur di anggap sebagai momen yang penting dan berharga bagi masyarakat Muslim Indonesia untuk mengenang dan memperkuat semangat keberagaman, toleransi, serta penghormatan terhadap sosok Gus Dur sebagai tokoh inspiratif dan pemimpin dalam memperjuangkan keadilan, toleransi, dan perdamaian di Indonesia.

 

Persiapan dan pelaksanaan haul Gus Dur

Persiapan dan pelaksanaan haul Gus Dur membutuhkan persiapan yang matang dan kerja sama yang baik antara pengurus NU, pemerintah setempat, dan masyarakat. Berikut adalah beberapa hal yang biasanya di lakukan dalam persiapan dan pelaksanaan haul Gus Dur:

 

  • Penentuan tanggal pelaksanaan: Tanggal pelaksanaan haul Gus Dur biasanya di tentukan pada malam Jumat Kliwon, yang di percayai sebagai malam yang penuh berkah.
  • Pembersihan dan perawatan makam Gus Dur: Sebelum acara haul di mulai, makam Gus Dur akan di bersihkan dan di rapikan agar tampak lebih indah.
  • Persiapan logistik: Persiapan logistik seperti sound system, panggung, kursi, tenda, dan kebutuhan lainnya akan di siapkan untuk memfasilitasi acara haul Gus Dur.
  • Persiapan keamanan: Persiapan keamanan sangat penting untuk menjaga kelancaran acara haul Gus Dur dan keamanan para pengunjung. Oleh karena itu, pihak keamanan seperti polisi dan aparat keamanan setempat akan di tempatkan di sekitar area acara.
  • Penyediaan makanan dan minuman: Persiapan makanan dan minuman juga menjadi hal yang penting dalam pelaksanaan haul Gus Dur, karena akan ada ribuan pengunjung yang datang untuk menghadiri acara tersebut.
  • Penyelenggaraan acara: Acara haul Gus Dur meliputi berbagai kegiatan seperti dzikir, pembacaan doa, pembacaan puisi, ceramah, dan pawai karnaval yang menampilkan berbagai kesenian dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia.
  • Pembersihan area setelah acara: Setelah acara haul Gus Dur selesai, pihak panitia akan membersihkan dan merapikan area acara untuk kembali ke kondisi semula.
  MASJID ISTIQLAL JAKARTA

 

Persiapan dan pelaksanaan haul Gus Dur

 

Dengan persiapan dan pelaksanaan yang matang, di harapkan acara haul Gus Dur dapat berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat serta kesan yang positif bagi semua pihak yang terlibat.

 

Tradisi dan kegiatan yang dilakukan selama haul Gus Dur

Selama haul Gus Dur, terdapat berbagai tradisi dan kegiatan yang di lakukan oleh pengikut Gus Dur dan masyarakat yang datang untuk menghadiri acara tersebut. Berikut adalah beberapa tradisi dan kegiatan yang biasanya di lakukan selama haul Gus Dur:

 

1. Dzikir dan pembacaan doa:

Pengunjung haul Gus Dur akan menghadiri acara dzikir dan pembacaan doa sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian terhadap sosok Gus Dur.

 

2. Ceramah dan tausiyah:

Selain dzikir, acara haul Gus Dur juga seringkali di isi dengan ceramah dan tausiyah yang di bawakan oleh para ulama dan tokoh agama.

 

Tradisi dan kegiatan yang dilakukan selama haul Gus Dur

 

3. Pawai karnaval:

Salah satu kegiatan yang paling menarik dalam haul Gus Dur adalah pawai karnaval yang menampilkan berbagai jenis kesenian dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Pawai ini seringkali di ikuti oleh ribuan orang yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

 

4. Berziarah ke makam Gus Dur:

Selama haul Gus Dur, para pengikut dan pengunjung akan berziarah ke makam Gus Dur untuk memberikan penghormatan dan mendoakan kebaikan bagi beliau.

 

5. Pemberian sedekah dan sumbangan:

Selama haul Gus Dur, seringkali terdapat kegiatan pemberian sedekah dan sumbangan yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

 

6. Penyajian makanan dan minuman:

Sebagai bentuk keramahan, para panitia juga akan menyajikan makanan dan minuman untuk para pengunjung haul Gus Dur.

 

7. Diskusi dan forum:

Selain acara utama, seringkali juga di adakan diskusi dan forum. Yang bertujuan untuk membahas isu-isu terkait agama, kebudayaan, dan sosial di Indonesia.

 

Dengan adanya berbagai tradisi dan kegiatan yang di lakukan selama haul Gus Dur. Di harapkan dapat memperkuat semangat keberagaman, toleransi, serta penghormatan terhadap sosok Gus Dur. Sebagai tokoh inspiratif dan pemimpin dalam memperjuangkan keadilan, toleransi, dan perdamaian di Indonesia.

 

Konteks Haul Gus Dur dengan sosial budaya masyarakat Indonesia saat ini

Saat ini, masyarakat Indonesia hidup dalam konteks sosial budaya yang sangat dinamis dan kompleks. Indonesia adalah negara yang memiliki beragam suku, agama, bahasa, dan budaya, yang memengaruhi cara hidup, nilai, serta pandangan masyarakat Indonesia. Beberapa hal yang menjadi ciri khas sosial budaya Indonesia antara lain:

  SILATURAHMI MEMPERPANJANG UMUR DAN RIZQI

 

1. Multikulturalisme:

Indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman suku, agama, bahasa, dan budaya. Hal ini membuat masyarakat Indonesia memiliki toleransi yang tinggi terhadap perbedaan dan keanekaragaman.

 

Konteks Haul Gus Dur dengan sosial budaya masyarakat Indonesia saat ini

 

2. Agama:

Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, namun juga memiliki agama-agama lain seperti Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

 

3. Kebudayaan:

Indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan dari berbagai suku dan daerah yang memiliki keunikan dan kekayaan tersendiri. Salah satu contohnya adalah seni tari, seni musik, dan seni kerajinan tangan.

 

4. Kearifan lokal:

Indonesia juga memiliki kearifan lokal yang sangat beragam, seperti adat istiadat, ritual, dan tradisi yang masih dilestarikan oleh masyarakat di berbagai daerah.

 

Namun, di sisi lain, Indonesia juga menghadapi berbagai permasalahan sosial budaya, seperti ketimpangan sosial, kekerasan, korupsi, dan intoleransi agama. Hal ini di sebabkan oleh berbagai faktor. Seperti rendahnya pendidikan, ketidakmerataan distribusi ekonomi, dan kurangnya pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya keberagaman dan toleransi.

 

Oleh karena itu, perayaan haul Gus Dur dapat menjadi momen yang penting bagi masyarakat Indonesia. Untuk memperkuat semangat keberagaman, toleransi, serta penghormatan terhadap sosok Gus Dur sebagai tokoh inspiratif dan pemimpin dalam memperjuangkan keadilan, toleransi, dan perdamaian di Indonesia.

 

Relevansi haul gus dur ke 4 dalam mempertahankan keberagaman dan toleransi

Haul Gus Dur sangat relevan dalam mempertahankan keberagaman dan toleransi di Indonesia. Hal ini di karenakan, Gus Dur di kenal sebagai sosok yang sangat toleran dalam memandang perbedaan agama dan keyakinan. Beliau seringkali berbicara tentang pentingnya memahami perbedaan dan menghormati hak-hak setiap individu dalam menjalankan kepercayaannya.

 

Relevansi haul Gus Dur dalam mempertahankan keberagaman dan toleransi

 

Dalam perayaan haul Gus Dur, terdapat berbagai kegiatan yang di lakukan oleh para pengikut dan masyarakat. Yang datang untuk menghadiri acara tersebut. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi pembacaan doa, dzikir, pembacaan puisi, ceramah. Hingga pawai karnaval yang mengarak berbagai jenis kesenian dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam pawai karnaval tersebut, terdapat berbagai macam pakaian adat dan kesenian. Yang berasal dari berbagai suku dan daerah di Indonesia, yang menunjukkan keanekaragaman budaya yang di miliki oleh masyarakat Indonesia.

 

Melalui perayaan haul Gus Dur, di harapkan dapat memperkuat semangat keberagaman, toleransi, serta penghormatan terhadap sosok Gus Dur. Sebagai tokoh inspiratif dan pemimpin dalam memperjuangkan keadilan, toleransi, dan perdamaian di Indonesia. Hal ini sangat penting mengingat Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman suku, agama, bahasa, dan budaya yang sangat besar. Sehingga membutuhkan semangat keberagaman dan toleransi yang tinggi untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

 

haul gus dur ke 4

 

 

Gus Dur meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta Pada hari rabu tanggal 30 Desember 2009 jam 18.45 WIB. Gus Dur Meninggal Dunia akibat penyakit komplikasi stroke, diabetes dan jantung.

 

 

Tema haul gus dur ke 4

Acara haul ini dihadiri oleh ribuat masyarakat dan gus durian (fans gus dur) se nusantara. Untuk ikut acara istighosah dan pembacaan satu juta surat al-ikhlas untuk almarhum abdurahman wahid. Acara haul ini temanya adalah : “Membangun Keikhlasan Bangsa”.
Menurut Kapolsek Jagakarsa, Kompol Herawati : Kepolisian menempatkan 345 polisi di area acara haul gus dur. Dalam pengamanan ini dibantu oleh Polda Metro Jaya.

Tokoh yang hadir di acara haul gus dur ke 4

Adapun tokoh penting yang hadir di acara ini adalah : Kristen Bauer (Wakil Duta Besar Amerika Serikat). Akbar Tanjung (Mantan Ketua DPR), Hasyim Muzadi (Mantan Ketua PBNU). Anas Urbaningrum (Mantan Ketua Umum Demokrat), Prabowo Subianto (Ketua Umum Gerindra). Basuki T Purnama / Ahok (Wakil Gubernur DKI Jakarta), Ahmad Heriyawan (Gubernur Jawa Barat). Jendral Polisi Sutarman (Kapolri), Mahfud MD (Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi). HS Dillon (Tokoh HAM Dan Sosial Ekonomi), Kombes Boy Rafli Amar (Karopenmas Divhumas Polri), Said Aqil Siroj (Ketua Umum PBNU). Romo Frans Magnis Suseno (Tokoh Katolik Dan Budayawan Indonesia), Qomaruddin Hidayat (Rektor UIN Jakarta). Djan Faridz (Mentri Perumahan Rakyat), Butet Kertaradjasa (Seniman Monolog). Masih banyak lagi tokoh penting lainnya yang hadir di acara haul gus dur.

Kami Mengerti Masalah Yang Anda Hadapi :

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang
  SHOLAT DHUHA BISA MENJADI PENGUSAHA

Serahkan semua permasalahan haul gus dur ke 4 anda kepada Biro jasa pengurusan visa :   

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan order
  8. Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  9. Proses cepat dan akurat dan dijamin keasliannya.
  10. Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  11. Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Bagaimana caranya haul gus dur ke 4 ?

Cara kirim dokumen Visa Turis Georgiabisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda . Bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan dikarenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan dikembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya