Daftar Negara Menurut Jumlah Ekspor

Ekspor adalah salah satu sumber pendapatan utama bagi banyak negara di dunia. Dengan ekspor, sebuah negara dapat membawa devisa ke dalam negeri untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran rakyatnya. Namun, tidak semua negara memiliki jumlah ekspor yang sama. Berikut adalah daftar negara menurut jumlah ekspor:

1. China

China adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar di dunia. Dalam satu tahun, China berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 2,4 triliun dolar Amerika Serikat. Banyak faktor yang menjadikan China sebagai negara ekspor terbesar di dunia, seperti produksi barang yang besar dan murah serta infrastruktur ekspor yang baik.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kedua di dunia. Dalam satu tahun, Amerika Serikat berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 1,5 triliun dolar Amerika Serikat. Amerika Serikat memiliki banyak produk unggulan yang diminati oleh banyak negara, seperti mobil, pesawat, dan teknologi.

3. Jerman

Jerman adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar ketiga di dunia. Dalam satu tahun, Jerman berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 1,4 triliun dolar Amerika Serikat. Jerman terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti mobil dan mesin-mesin industri.

4. Jepang

Jepang adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar keempat di dunia. Dalam satu tahun, Jepang berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 685 miliar dolar Amerika Serikat. Jepang terkenal dengan produk-produk elektroniknya yang berkualitas tinggi, seperti kamera, televisi, dan perangkat telekomunikasi.

5. Belanda

Belanda adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kelima di dunia. Dalam satu tahun, Belanda berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 672 miliar dolar Amerika Serikat. Belanda memiliki pelabuhan Rotterdam yang merupakan pelabuhan terbesar di Eropa, sehingga menjadi pusat aktivitas ekspor di Eropa.

6. Korea Selatan

Korea Selatan adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar keenam di dunia. Dalam satu tahun, Korea Selatan berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 605 miliar dolar Amerika Serikat. Korea Selatan terkenal dengan produk-produk teknologinya, seperti smartphone dan televisi.

  Rumusan Masalah Ekspor Perikanan: Mempertegas Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui

7. Hong Kong

Hong Kong adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar ketujuh di dunia. Dalam satu tahun, Hong Kong berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 550 miliar dolar Amerika Serikat. Hong Kong merupakan pusat perdagangan internasional yang penting di Asia, sehingga menjadi pusat aktivitas ekspor di Asia.

8. Prancis

Prancis adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kedelapan di dunia. Dalam satu tahun, Prancis berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 535 miliar dolar Amerika Serikat. Prancis terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti parfum dan anggur.

9. Singapura

Singapura adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kesembilan di dunia. Dalam satu tahun, Singapura berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 517 miliar dolar Amerika Serikat. Singapura merupakan negara dengan infrastruktur ekspor yang baik, sehingga menjadi pusat aktivitas ekspor di Asia Tenggara.

10. Italia

Italia adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kesepuluh di dunia. Dalam satu tahun, Italia berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 499 miliar dolar Amerika Serikat. Italia terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti fashion dan desain interior.

11. Meksiko

Meksiko adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kesebelas di dunia. Dalam satu tahun, Meksiko berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 480 miliar dolar Amerika Serikat. Meksiko terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti mobil dan elektronik.

12. Inggris

Inggris adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kedua belas di dunia. Dalam satu tahun, Inggris berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 475 miliar dolar Amerika Serikat. Inggris terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti fashion dan peralatan medis.

13. Taiwan

Taiwan adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar ketigabelas di dunia. Dalam satu tahun, Taiwan berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 347 miliar dolar Amerika Serikat. Taiwan terkenal dengan produk-produk elektroniknya yang berkualitas tinggi, seperti smartphone dan laptop.

14. Kanada

Kanada adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar keempatbelas di dunia. Dalam satu tahun, Kanada berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 340 miliar dolar Amerika Serikat. Kanada terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti kayu dan gandum.

  Harga Ekspor Belut: Tips Mendapatkan Harga yang Tinggi

15. Rusia

Rusia adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kelimabelas di dunia. Dalam satu tahun, Rusia berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 338 miliar dolar Amerika Serikat. Rusia terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti minyak dan gas alam.

16. Australia

Australia adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar keenambelas di dunia. Dalam satu tahun, Australia berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 316 miliar dolar Amerika Serikat. Australia terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti daging sapi dan wol.

17. India

India adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar ketujuhbelas di dunia. Dalam satu tahun, India berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 313 miliar dolar Amerika Serikat. India terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti teh dan rempah-rempah.

18. Spanyol

Spanyol adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kedelapanbelas di dunia. Dalam satu tahun, Spanyol berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 305 miliar dolar Amerika Serikat. Spanyol terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti anggur dan minyak zaitun.

19. Brazil

Brazil adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kesembilanbelas di dunia. Dalam satu tahun, Brazil berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 237 miliar dolar Amerika Serikat. Brazil terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti kopi dan daging sapi.

20. Swiss

Swiss adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kedua puluh di dunia. Dalam satu tahun, Swiss berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 229 miliar dolar Amerika Serikat. Swiss terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti cokelat dan jam tangan.

21. Thailand

Thailand adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kedua puluh satu di dunia. Dalam satu tahun, Thailand berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 224 miliar dolar Amerika Serikat. Thailand terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti beras dan ikan.

22. Indonesia

Indonesia adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kedua puluh dua di dunia. Dalam satu tahun, Indonesia berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 180 miliar dolar Amerika Serikat. Indonesia terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti minyak kelapa sawit dan kopi.

23. Malaysia

Malaysia adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kedua puluh tiga di dunia. Dalam satu tahun, Malaysia berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 176 miliar dolar Amerika Serikat. Malaysia terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti minyak kelapa sawit dan karet.

  Masalah Ekspor Ikan: Mengatasi Kendala dalam Meningkatkan Ekspor Ikan Indonesia

24. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kedua puluh empat di dunia. Dalam satu tahun, Uni Emirat Arab berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 170 miliar dolar Amerika Serikat. Uni Emirat Arab terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti minyak bumi dan gas alam.

25. Arab Saudi

Arab Saudi adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kedua puluh lima di dunia. Dalam satu tahun, Arab Saudi berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 165 miliar dolar Amerika Serikat. Arab Saudi terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti minyak bumi dan gas alam.

26. Vietnam

Vietnam adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kedua puluh enam di dunia. Dalam satu tahun, Vietnam berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 160 miliar dolar Amerika Serikat. Vietnam terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti kopi dan tekstil.

27. Polandia

Polandia adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kedua puluh tujuh di dunia. Dalam satu tahun, Polandia berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 262 miliar dolar Amerika Serikat. Polandia terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti mobil dan elektronik.

28. Norwegia

Norwegia adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kedua puluh delapan di dunia. Dalam satu tahun, Norwegia berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 132 miliar dolar Amerika Serikat. Norwegia terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti ikan dan minyak bumi.

29. Filipina

Filipina adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar kedua puluh sembilan di dunia. Dalam satu tahun, Filipina berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 123 miliar dolar Amerika Serikat. Filipina terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti pisang dan kelapa.

30. Argentina

Argentina adalah negara dengan jumlah ekspor terbesar ketiga puluh di dunia. Dalam satu tahun, Argentina berhasil mengekspor barang senilai lebih dari 79 miliar dolar Amerika Serikat. Argentina terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi, seperti daging sapi dan anggur.

Kesimpulan

Dari daftar negara menurut jumlah ekspor di atas, dapat dilihat bahwa banyak negara di dunia yang memiliki jumlah ekspor yang cukup besar. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya ekspor bagi kemakmuran suatu negara. Namun, jumlah ekspor tidaklah segalanya. Kualitas produk dan infrastruktur ekspor yang baik juga menjadi faktor penting untuk meningkatkan jumlah ekspor suatu negara.