Cara Mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan TKI

Adi

Updated on:

TKI
Cara Mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan TKI
Direktur Utama Jangkar Goups

Jangan pernah meremehkan pentingnya BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan adalah program sosial yang di tujukan untuk memastikan kesejahteraan tenaga kerja dalam skala nasional. Termasuk, tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri. Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan TKI.

Apa itu BPJS Ketenagakerjaan? – Cara Mencairkan Bpjs

Apa itu BPJS Ketenagakerjaan? - Cara Mencairkan Bpjs

BPJS Ketenagakerjaan adalah program asuransi sosial yang berfungsi untuk melindungi hak dan kesejahteraan tenaga kerja di Indonesia. Program ini terdiri dari dua jenis asuransi yaitu jaminan pensiun dan jaminan kecelakaan kerja. BPJS Ketenagakerjaan di dirikan dengan tujuan untuk memberikan perlindungan sosial bagi tenaga kerja di Indonesia. Program ini juga berlaku untuk tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri. Mengurus Visa Schengen Online

  AGENCY TKI OMAN

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk TKI – Cara Mencairkan Bpjs

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk TKI - Cara Mencairkan Bpjs

TKI yang bekerja di luar negeri juga bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan oleh TKI yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, di antaranya:

  • Perlindungan kecelakaan kerja
  • Perlindungan kematian
  • Perlindungan cacat
  • Jaminan hari tua
  • Jaminan pensiun

Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan untuk TKI

Bagi TKI yang ingin mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Menghubungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota domisili TKI.
  2. Membawa persyaratan yang di perlukan seperti KTP, KK, paspor, dan dokumen lain yang di butuhkan.
  3. Melengkapi formulir pendaftaran yang di berikan oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan.
  4. Membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan TKI

Bagi TKI yang ingin mencairkan BPJS Ketenagakerjaan, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Sehingga Menghubungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota domisili TKI.
  2. Oleh karena itu Membawa dokumen-dokumen yang di butuhkan seperti KTP, KK, paspor, dan dokumen lainnya.
  3. Selanjutnya Melengkapi formulir pencairan BPJS Ketenagakerjaan yang di berikan oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan.
  4. Maka Menunggu proses pencairan selesai.
  TKI Mandiri Blitar: Solusi Terbaik Bagi Pekerja Migran Indonesia

Dokumen-dokumen yang Di butuhkan untuk Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan TKI

Sebelum TKI melakukan proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan, ada beberapa dokumen yang harus di persiapkan, yaitu:

  • Surat keterangan kematian (untuk ahli waris)
  • Surat keterangan cacat tetap (untuk peserta yang mengalami cacat tetap)
  • Surat keterangan sakit yang di keluarkan oleh dokter
  • Surat keterangan cuti melahirkan (untuk ibu hamil)
  • Surat keterangan kehilangan pekerjaan

Biaya yang Harus Di bayar untuk Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan TKI

Selanjutnya Proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan TKI tidak memerlukan biaya tambahan. Namun, TKI harus membayar biaya administrasi sebesar Rp. 6.500,- untuk mendapatkan formulir pencairan BPJS Ketenagakerjaan. Biaya ini dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan masing-masing kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Waktu Pencairan BPJS Ketenagakerjaan TKI

Waktu pencairan BPJS Ketenagakerjaan TKI tergantung pada jenis klaim yang di ajukan. Berikut adalah estimasi waktu pencairan untuk setiap jenis klaim:

  • Kelahiran: 14 hari kerja
  • Kematian: 14 hari kerja
  • Cacat tetap: 30 hari kerja
  • Sakit: 14 hari kerja
  • Kehilangan pekerjaan: 14 hari kerja
  Gaji Kerja TKI di Jepang: Peluang dan Tantangan

Cara Memeriksa Saldo BPJS Ketenagakerjaan TKI

TKI yang ingin mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaannya bisa melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS atau aplikasi BPJS Ketenagakerjaan. Berikut adalah cara untuk melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan:

  1. Selanjutnya Melakukan registrasi nomor handphone pada kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.
  2. Oleh karena itu Mengirim SMS dengan format: INFO#NIK#Nomor Kartu BPJS Ketenagakerjaan ke nomor 2757.
  3. Sehingga Mendownload aplikasi BPJS Ketenagakerjaan dan melakukan login.
  4. Maka Masuk ke menu “profil” dan pilih “cek saldo”.

Berapa Besar Iuran BPJS Ketenagakerjaan TKI?

Selanjutnya Setiap TKI yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan wajib membayar iuran yang telah ditetapkan. Maka Besaran iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk TKI adalah sebesar 3,7% dari upah bulanan yang di terima oleh TKI.

Kesimpulan Cara Mencairkan Bpjs

Selanjutnya BPJS Ketenagakerjaan sangat penting bagi kesejahteraan tenaga kerja di Indonesia, termasuk TKI yang bekerja di luar negeri. Maka TKI yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mendapatkan banyak manfaat, seperti perlindungan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun. Sehingga Bagi TKI yang ingin mencairkan BPJS Ketenagakerjaan, langkah-langkah dan dokumen yang di butuhkan telah di jelaskan di atas.

Jangan lupa juga untuk memeriksa saldo BPJS Ketenagakerjaan secara berkala agar bisa memastikan bahwa iuran yang telah di bayarkan telah sesuai dengan saldo yang tersedia.

PT Jangkar Global Groups

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor