Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat BST

Adi

Updated on:

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat BST
Direktur Utama Jangkar Goups

Cara mendapatkan sertifikat BST

Sertifikat BST merupakan sertifikat basic safety training atau BST yang didapatkan para taruna atau taruni yang sudah menjalami pelatihan khusus di bidang kemaritiman. Lantas bagaimana cara mendapatkan sertifikat BST basic safety training, apa saja syarat yang harus dipersiapkan, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan ketika ingin mengurus BST? Simak hingga akhir artikel cara mendapatkan sertifikat BST ini.

 

Memang keberadaan BST sangatlah penting dimiliki oleh seorang pelaut karena manfaatnya yang sangat banyak. Untuk mendapatkannya kini bukan lagi perkara sulit seperti pada sebelum-sebelumnya yang harus melewati prosedur berbelit. Cukup daftarkan diri Anda di badan diklat ataupun sekolah pelayaran di daerahmu yang mengadakan kegiatan pelatihan BST dan untuk mengikutinya tidak perlu dipungut biaya, jika ikut program pemerintah.

Karena itu, bagi peserta yang ingin mendapatkan sertifikat ini perlu tahu berbagai syarat pembuatan BST, yang dikenal merupakan sertifikat wajib dimiliki para pelaut. Isinya berkaitan dengan cara meminimalisir bahkan mencegah terjadinya kecelakaan kerja di laut. 

Adapun berkas persyaratan pembuatan BST baru bisa keluar antara lain:

  • Menyiapkan KTP elektronik, kalau tidak ada, bisa pakai suart keterangan yang diambil di catatan sipil dalam format file atau asli.
  • Siapkan ijasah minimal SMP dan sederajat
  • Siapkan akta kelahiran dalam bentuk file pdf dan asli
  • Menyiapkan akta lahir dalam bentuk file PDF dan aslinya
  • Melampirkan surat keterangan sehat yang diambil dari dokter rumah sakit yang direkomendasikan
  • Siapkan foto ukuran 3×4 dengan warna hitam putih

 

persyaratan pembuatan BST

Sementara di sisi lain, Anda tidak akan rugi ketika mengikuti pelatihan untuk mendapat sertifikat BST, karena bagi pelaut akan sangat bermanfaat saat melakukan prosedur kerja yang selalu behadapan dengan berbagai resiko di tengah laut, bahkan di atas udara maupun di darat. Berikut adalah beberapa manfaat sertifikat BST bagi seorang pelaut.

  1. Pelaut makin sadar akan pentingnya pencegahan kecelakaan kerja
  ABK NELAYAN LONGLINE

Melalui pelatihan yang diberikan, maka diharapkan para pelaut makin tahu dan menyadari betapa pentingnya memiliki pengetahuan banyak mengenai cara meminimalisir terjadinya kesalahan saat bekerja yang bisa berujung pada kecelakaan. Terkecuali, jika kecelakaan terjadi karena bencana seperti tsunami, gelombang tinggi, atau gempa.

  1. Untuk menambah wawasan para pelaut

Ada banyak peristiwa terus terjadi di area laut yang membuat resiko kerja semakin tinggi, sehingga perlu pengetahuan untuk meminimalisir dan mencegahnya supaya tidak berjatuhan korban yang banyak. Sebagai contoh, bagaimana cara meminimalisir kerugian jika ada masalah pada deck atau mesin kapal. Lewat pelatihan inilah, pelaut akan mendapatkan wawasan tersebut mengenai cara mencegah mesin tidak rusak.

 

SERTIFIKAT BST ONLINE

  1. Bentuk pertanggungjawaban pelaut dan perusahaannya

Dengan mengikuti pelatihan baik bagi pelaut yang berada di posisi karyawan maupun perusahaan, merupakan bentuk tanggung jawabnya menambah pengetahuan. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan maka sudah punya solusi dan mengambil keputusan terbaik demi mencegah jatuhnya korban atau mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan karena human error. Demikian beberapa penjelasan mengenai sertifikat BST, termasuk bagaimana cara mendapatkan sertifikat BST bagi seorang pelaut.

SERTIFIKAT BST ONLINE

Jika Anda berada di luar daerah atau mungkin sedang sibuk sehingga tidak punya waktu untuk mengikuti pelatihan secara langsung, maka kamu bisa mengurus sertifikat BST online yang akan di bantu jasa bantu pembuatan BST seperti kami dari PT Jangkar Global Groups, tanpa melupakan materi yang diberikan saat pelatihan seperti tentang pertolongan perta pada hal-hal yang sifatnya mendasar.

  Surat Permohonan Perpanjang Buku Pelaut: Panduan Lengkap

 

jasa bantu pembuatan BST

Tidak hanya itu, ada juga yang berkaitan dengan cara menghadapi masalah kebakaran, termasuk tanggung secara sosial hingga pelatihan mendasar mengenai keselamatan untuk bekerja dan bagaimana mempertahankan diri dari berbagai masalah yang muncul saat bekerja.

Jadi, Anda tidak perlu repot lagi mengurusnya sendiri karena semua berkasnya bisa dikirim secara online. Jadi, perhatikan semua dokumen berikut yang harus kamu siapkan jika ingin mendapatkan sertifikatnya. Tidak lengkap, maka sertifikat BST yang kamu inginkan sulit di dapatkan.

  1. Menyiapkan sertifikat keahlian

Ada beragam sertifikat keahlian yang wajib ada untuk seorang pelaut, salah satunya sertifikat keahlian seperti ANT, bisa juga ATT, atau ATKAPIN dan ANKAPIN. Jadi, semua jenis dokumen tersebut wajib ada supaya sertifikatnya akan mudah di terbitkan.

  1. Melampirkan surat keterangan masa berlayar

Ini tentu tidak sulit jika sebelumnya sudah melakukan aktivitas pelayaran. Kumpulkan surat tersebut yang sudah mendapat pemberitahuan KBRI. Bagaimana jika belum pernah berlayar, maka dokumen tersebut harus mendapat pemeritahuan dari syahbandar.

 

surat keterangan masa berlayar

  1. Menyiapkan berkas yang berkaitan dengan identitas diri

Identitas diri antara lain KTP dan akta kelahiran. Jika belum punya kata bisa pakai surat kenal lahir sebagai berkas pendukung.

  1. Melampirkan surat keteranga catatan kepolisian dan surat sehat

Karena BST berkaitan dengan keselamatan kerja, maka Anda juga sebagai pemilik harus di nyatakan sehat dan bebas dari catatan kriminal. Nah, penilaian tersendiri akan di berikan panitia jika Anda tidak punya catatan kriminal, sebab menjadi hal yang penting karena akan berkaitan dengan keselamat kerja diri sendiri dan rekan kerja Anda.

  1. Menyiapkan Foto

Sebanyak minimal tiga lembar foto harus di siapkan dengan menyesuaikan aturan yang sudah ada . Mulai dari latar foto hingga jenis pakaian yang di gunakan saat berfoto. Untuk aturan berpakaian adalah menggunakan pakaian berwarna putih tanpa motif atau polos. Bajunya lengan panjang dan dasi. Sementara latar foto yang wajib  adalah berwarna merah untuk jurusan teknik dan untuk jurusan nautika menggunakan latar biru.

  Ciri-Ciri Buku Pelaut Palsu: Cara Menghindari Penipuan Berbahaya

 

jasa bantuan pembuatan BST

  1. Pilih jasa bantuan pembuatan BST

Setelah mempersiapkan semua dokumen yang sudah  lengkap tanpa kekurangan, Anda tinggal menghubungi kontak yanga ada di website ini dan tim kami akan membantu Anda menemukan dokumen sertifikat BST yang anda butuhkan. kami menjamin semua  sesuai standar yang berlaku, prosessnya cepat dan dokumennya asli dan sah karena  melalui prosedur yang legal.

 

Jangan khawatir masalah harga, karena sepadan dengan kualitas layanan yang cepat tanggap yang kami berikan. Sudah pasti menggunakan jasa kami, Anda bisa menghemat biaya pembayaran, di banding mengurusnya sendiri akan membutuhkan biaya-biaya tak terduga. Pakai jasa kami, Anda tinggal menunggu di rumah hasilnya.

 

BERAPA BIAYA SERTIFIKAT BST

Setelah memenuhi semua persyaratan dokumen yang ada, jangan lupa kalau ada biaya yang harus siapkan ketika ingin mengikuti pelatihan BST supaya dapat sertifikat. Berapa biaya sertifikat BST memang bukanlah sedikit. Untuk jangka waktu 10 hari pelatihan saja di patok di kisaran Rp1.750.000 -an, meski tergantung di mana ikut pelatihannya. Namun, dengan harga tersebut sudah bisa di gunakan selama 5 tahun.

BERAPA BIAYA SERTIFIKAT BST

 

Jika sebelumnya sudah punya sertifikat dan masa berlakunya sudah expire, maka harus ada perpanjangan segera atau revalidasi sertifikat. Biayanya di kisaran Rp350 ribuan per orang per sertifikat. Sedangkan, jika sertifikat hilang dan mau di ganti, di kenakan biaya Rp115 ribuan per orang per sertifikatnya, tetapi jika menggunakan jasa bantu pembuatan sertifikat tentu ada biaya tambahan dan di jamin tidak merobek kantong jika menggunakan tim PT Jangkar Global groups.

Sertifikat SDSD Pelaut Terpercaya

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor