Syarat Untuk Perpanjangan Buku Pelaut 2024

Jika Anda seorang pelaut, pasti Anda sudah familiar dengan istilah Buku Pelaut. Buku Pelaut adalah dokumen penting yang harus di miliki oleh seorang pelaut. Buku Pelaut berfungsi sebagai bukti bahwa seseorang telah menyelesaikan pelatihan dan memiliki kualifikasi yang di perlukan untuk bekerja di atas kapal. Namun, Buku Pelaut tidak berlaku seumur hidup. Setiap beberapa tahun, Buku Pelaut harus di perpanjang. Pada artikel ini, kami akan membahas Syarat Perpanjangan Buku Pelaut 2024.

  Daftar Buku Pelaut: Panduan Lengkap untuk Para Pelaut

Apa Itu Buku Pelaut?

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, Buku Pelaut adalah dokumen penting yang harus di miliki oleh seorang pelaut. Buku Pelaut berfungsi sebagai identitas seorang pelaut di atas kapal. Di dalam Buku Pelaut terdapat informasi-informasi penting seperti nama pelaut, kualifikasi, pengalaman kerja, dan sertifikat-sertifikat pelaut lainnya.

Buku Pelaut di keluarkan oleh negara di mana seorang pelaut berasal. Di Indonesia, Buku Pelaut di keluarkan oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Setiap Buku Pelaut memiliki masa berlaku tertentu. Setelah masa berlaku habis, Buku Pelaut harus di perpanjang agar tetap sah.

Apa Saja Syarat Perpanjangan Buku Pelaut 2024?

Apa Saja Syarat Perpanjangan Buku Pelaut 2024?

Syarat Perpanjangan Buku Pelaut 2024 sama dengan syarat perpanjangan Buku Pelaut pada umumnya. Berikut adalah beberapa syarat yang harus di penuhi untuk memperpanjang Buku Pelaut:

1. Sertifikat Kompetensi Pelaut | Syarat Untuk Perpanjangan Buku Pelaut 2024

Untuk memperpanjang Buku Pelaut, seorang pelaut harus memiliki sertifikat kompetensi yang masih berlaku. Sertifikat kompetensi adalah sertifikat yang menunjukkan bahwa seorang pelaut telah menyelesaikan pelatihan dan memiliki kualifikasi yang di perlukan untuk bekerja di atas kapal.

  Persyaratan Untuk Ganti Buku Pelaut

Sertifikat kompetensi harus di penuhi oleh seorang pelaut sesuai dengan jabatan atau posisinya di atas kapal. Misalnya, seorang nahkoda harus memiliki sertifikat kompetensi nahkoda, dan seorang mesinir harus memiliki sertifikat kompetensi mesinir.

2. Sertifikat Pelatihan Keselamatan Kapal | Syarat Untuk Perpanjangan Buku Pelaut 2024

Seorang pelaut juga harus memiliki sertifikat pelatihan keselamatan kapal yang masih berlaku. Sertifikat ini menunjukkan bahwa seorang pelaut telah mendapatkan pelatihan tentang keselamatan di kapal dan tahu cara mengatasi situasi darurat di kapal.

3. Sertifikat Kesehatan

Sebelum memperpanjang Buku Pelaut, seorang pelaut juga harus memiliki sertifikat kesehatan yang masih berlaku. Sertifikat kesehatan menunjukkan bahwa seorang pelaut dalam kondisi sehat dan siap untuk bekerja di atas kapal.

4. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja juga menjadi syarat untuk memperpanjang Buku Pelaut. Syarat pengalaman kerja berbeda-beda tergantung pada jabatan atau posisi pelaut di atas kapal. Seorang nahkoda, misalnya, harus memiliki pengalaman kerja minimal 36 bulan sebagai nahkoda atau 48 bulan sebagai perwira navigasi.

Cara Memperpanjang Buku Pelaut 2024

Cara Memperpanjang Buku Pelaut 2024

Setelah memenuhi semua syarat perpanjangan Buku Pelaut, seorang pelaut dapat mengajukan permohonan perpanjangan Buku Pelaut ke Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Berikut adalah cara memperpanjang Buku Pelaut:

  Buku Pelaut Hilang: Mengejar Keadilan untuk Anak-Anak Laut

1. Mengisi Formulir Perpanjangan Buku Pelaut

Selanjutnya, Seorang pelaut harus mengisi formulir perpanjangan Buku Pelaut dan melampirkan semua dokumen yang di butuhkan.

2. Membayar Biaya Perpanjangan Buku Pelaut

Kemudian, Setelah mengisi formulir perpanjangan Buku Pelaut, seorang pelaut harus membayar biaya perpanjangan Buku Pelaut. Oleh karena itu, Biaya perpanjangan Buku Pelaut berbeda-beda tergantung pada jenis Buku Pelaut dan masa berlaku.

3. Melakukan Tes Kesehatan

Sebelum Buku Pelaut di perpanjang, seorang pelaut harus melakukan tes kesehatan untuk mendapatkan sertifikat kesehatan. Oleh karena itu, Tes kesehatan ini di lakukan di rumah sakit atau klinik yang di tunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

4. Melakukan Verifikasi Dokumen

Setelah melengkapi formulir perpanjangan Buku Pelaut dan dokumen lainnya, seorang pelaut harus datang ke kantor Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk melakukan verifikasi dokumen.

Kesimpulan Syarat Untuk Perpanjangan Buku Pelaut 2024

Buku Pelaut adalah dokumen penting yang harus di miliki oleh seorang pelaut. Masa berlaku Buku Pelaut terbatas, sehingga setiap beberapa tahun Buku Pelaut harus di perpanjang agar tetap sah. Syarat Perpanjangan Buku Pelaut 2024 sama dengan syarat perpanjangan Buku pada umumnya. Seorang pelaut harus memenuhi persyaratan sertifikat kompetensi, sertifikat pelatihan keselamatan kapal, sertifikat kesehatan, dan pengalaman kerja. Setelah memenuhi syarat tersebut, seorang pelaut dapat mengajukan permohonan perpanjangan ke Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

PT Jangkar Global Groups adalah Kantor Biro jasa visa yang siap melayani anda.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

admin