Surat Akta Kelahiran 2021

Surat Akta Kelahiran 2021

Surat akta kelahiran adalah dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap individu yang lahir di Indonesia. Surat ini berisi informasi tentang identitas seseorang seperti nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, serta nama orang tua.

Pada tahun 2021, pemerintah Indonesia telah melakukan beberapa perubahan terkait surat akta kelahiran. Salah satu perubahan tersebut adalah kewajiban untuk mendaftarkan kelahiran secara online melalui portal Kementerian Dalam Negeri.

Prosedur Pendaftaran Online

Untuk mendaftarkan kelahiran secara online, pertama-tama orang tua atau wali harus membuat akun di portal Kementerian Dalam Negeri. Setelah itu, mereka dapat mengajukan permohonan pembuatan surat akta kelahiran dengan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan seperti kartu keluarga, KTP, dan surat keterangan kelahiran dari rumah sakit.

Setelah permohonan diajukan, petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan melakukan verifikasi dan validasi dokumen. Jika dokumen yang diajukan sudah lengkap dan sesuai dengan ketentuan, maka surat akta kelahiran akan segera diproses dan dapat diambil di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.

  Cara Mengurus KTP Yang Rusak di Dukcapil

Biaya Pembuatan Surat Akta Kelahiran

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 55 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, biaya pembuatan surat akta kelahiran adalah sebesar Rp 25.000,-.

Namun, untuk daerah-daerah tertentu seperti wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar, biaya tersebut dapat berbeda sesuai dengan ketentuan yang berlaku di setiap daerah.

Keuntungan Memiliki Surat Akta Kelahiran

Miliki surat akta kelahiran memiliki banyak keuntungan, di antaranya:

  • Sebagai bukti resmi bahwa seseorang sudah terdaftar sebagai warga negara Indonesia
  • Memudahkan proses pendaftaran sekolah, kuliah, dan bekerja
  • Memudahkan proses administrasi seperti pembuatan KTP, paspor, dan pernikahan
  • Sebagai syarat untuk mendapatkan hak-hak lain seperti hak waris, asuransi, dan bantuan sosial

Jadi, sangat penting bagi setiap individu untuk memiliki surat akta kelahiran yang lengkap dan terbaru.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang surat akta kelahiran terbaru tahun 2021. Dengan adanya perubahan dan kemudahan dalam proses pendaftaran online, diharapkan masyarakat dapat dengan mudah memperoleh surat akta kelahiran yang lengkap dan terbaru. Ingatlah bahwa memiliki surat akta kelahiran adalah hal yang sangat penting untuk memudahkan proses administrasi dan mendapatkan hak-hak lainnya.

  Cara Perbarui KTP Secara Online

admin