Jangan sampai urusan SKCK mengganggu rencana Anda mendapatkan pekerjaan impian atau berencana keluar negeri. Selain harus mempersiapkan dokumen-dokumen lain, surat keterangan catatan kepolisian menjadi salah satu syarat penting yang harus Anda penuhi. Nah, apabila Anda sedang berada di Surabaya, tak perlu khawatir. Surabaya memiliki Tabes (Tata Bantuan Ekspedisi Surat) yang siap membantu Anda dalam pengurusan SKCK. Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai SKCK Tabes Sby.
Apa Itu SKCK?
Pertama-tama, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu SKCK. SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah surat yang dikeluarkan oleh kepolisian untuk membuktikan bahwa seseorang tidak memiliki catatan kriminal atau penyalahgunaan narkoba dalam jangka waktu tertentu. SKCK biasanya diminta sebagai salah satu syarat dalam proses penerimaan pekerjaan, pengajuan visa atau paspor, dan sebagainya.
Prosedur Pengurusan SKCK di Surabaya
Jika Anda ingin membuat SKCK di Surabaya, berikut ini adalah prosedur pengurusannya:
1. Persiapkan Dokumen Persyaratan
Sebelum memulai proses pengurusan SKCK, pastikan Anda telah mempersiapkan dokumen persyaratan sebagai berikut:
- Fotokopi KTP
- Fotokopi KK
- Fotokopi akta kelahiran atau surat nikah (untuk mengetahui asal-usul)
- Fotokopi ijazah terakhir
- Surat pengantar RT/RW
- Surat pengantar kecamatan
Perlu diingat, dokumen yang dibutuhkan bisa berbeda-beda tergantung kebijakan setiap kepolisian daerah.
2. Datang ke Tabes Sby
Setelah mempersiapkan dokumen persyaratan, datanglah ke Tabes Sby yang berada di Jalan Jenderal Basuki Rachmat Nomor 15, Surabaya. Saat datang, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan SKCK dan menyerahkan dokumen persyaratan yang telah dipersiapkan. Pastikan juga Anda membawa fotokopi dokumen-dokumen tadi untuk memudahkan proses pengurusan.
3. Proses Pengurusan
Setelah menyerahkan dokumen persyaratan dan mengisi formulir pengajuan SKCK, petugas Tabes Sby akan melakukan proses verifikasi data dan mengambil sidik jari Anda. Proses ini biasanya memakan waktu kurang lebih 30 menit.
4. Pengambilan SKCK
Setelah proses verifikasi selesai, Anda akan diberikan tanda terima dan diminta untuk kembali ke Tabes Sby dalam waktu yang telah ditentukan. Biasanya SKCK dapat diambil dalam waktu 1-2 hari kerja setelah proses verifikasi selesai.
Lokasi dan Jam Operasional
Tabes Sby berada di Jalan Jenderal Basuki Rachmat Nomor 15, Surabaya. Tabes Sby buka setiap hari, mulai dari pukul 07.30 hingga 14.30 WIB.
Biaya Pengurusan SKCK di Tabes Sby
Biaya pengurusan SKCK di Tabes Sby adalah sebesar Rp. 30.000,-. Namun, ada biaya tambahan sebesar Rp. 2.000,- untuk materai.
Kesimpulan
Terlepas dari kebutuhan Anda dalam pengurusan SKCK, memiliki surat keterangan catatan kepolisian yang bersih tentunya menjadi hal yang penting. Dalam proses pengurusan SKCK di Surabaya terdapat Tabes Sby yang siap membantu Anda dalam proses pengurusan. Pastikan Anda mempersiapkan dokumen yang diperlukan dan datanglah ke Tabes Sby sesuai dengan jam operasional yang telah ditetapkan. Dengan begitu, proses pengurusan SKCK Anda akan lebih mudah, cepat, dan efisien.