SKCK Gresik: Persyaratan & Cara Membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Apa Itu SKCK?

SKCK adalah singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang berisi informasi tentang catatan kepolisian seseorang. SKCK sering digunakan sebagai salah satu syarat administratif untuk berbagai kepentingan, seperti melamar pekerjaan, pendidikan, pernikahan, atau bahkan visa ke luar negeri.

Persyaratan Membuat SKCK di Gresik

Untuk membuat SKCK di Gresik, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut antara lain:1. Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Izin Tinggal Terbatas (ITAS) atau Izin Tinggal Tetap (ITAP).2. Usia minimal 17 tahun.3. Tidak sedang dalam proses tuntutan atau dijatuhi hukuman pidana.4. Tidak memiliki catatan kriminal atau memiliki catatan kriminal yang tidak merugikan orang lain.5. Memiliki KTP asli dan fotokopi.

Cara Membuat SKCK di Gresik

Proses pembuatan SKCK di Gresik dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:1. Persiapkan persyaratan yang diperlukan, seperti KTP asli dan fotokopi, pas foto dengan latar belakang merah, dan formulir permohonan SKCK.2. Isi formulir permohonan SKCK dengan lengkap dan benar.3. Serahkan formulir dan persyaratan yang diperlukan ke kantor Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Gresik.4. Tunggu proses verifikasi dan cek lapangan oleh petugas kepolisian.5. Setelah proses verifikasi selesai, SKCK dapat diambil di kantor Satuan Reskrim Polres Gresik.

  Batas Waktu Pengambilan SKCK Online

Manfaat Membuat SKCK

Membuat SKCK memiliki manfaat yang cukup besar bagi kepentingan administratif, seperti:1. Melamar pekerjaan: SKCK menjadi salah satu syarat administratif untuk melamar pekerjaan di berbagai perusahaan.2. Melamar visa: SKCK menjadi salah satu syarat administratif untuk mengajukan visa ke luar negeri.3. Pendidikan: SKCK menjadi salah satu syarat administratif untuk mendaftar di perguruan tinggi atau sekolah.4. Pernikahan: SKCK menjadi salah satu syarat administratif untuk melangsungkan pernikahan.

Kesimpulan

SKCK adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Polri yang berisi informasi tentang catatan kepolisian seseorang. Proses pembuatan SKCK di Gresik cukup mudah, namun terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Membuat SKCK memiliki manfaat yang cukup besar bagi kepentingan administratif, seperti melamar pekerjaan, pendidikan, pernikahan, atau bahkan visa ke luar negeri.

admin