Sertifikat Ganti Nama Di Pengadilan

DAFTAR ISI

Sertifikat Ganti Nama Di Pengadilan – Proses pengajuan sertifikat ganti nama di pengadilan merupakan proses hukum yang harus di lalui bagi seseorang yang ingin mengganti namanya secara resmi. Meskipun terkesan rumit, proses pengajuan sertifikat ganti nama di pengadilan sebenarnya cukup mudah jika di lakukan dengan benar. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus di lakukan dalam pengajuan sertifikat ganti nama. Anda tidak perlu khawatir lagi untuk pengurusan legalisir Anda ke PT. Jangkar Global Groups

Sertifikat Ganti Nama Di Pengadilan

Mengumpulkan Persyaratan Sertifikat Ganti Nama Di Pengadilan

Langkah pertama yang harus di lakukan dalam pengajuan sertifikat ganti nama adalah mengumpulkan persyaratan yang di perlukan. Persyaratan tersebut antara lain yaitu:

  • Kartu identitas asli

  • Surat keterangan domisili

  • Akta kelahiran atau akta pernikahan

  • Surat pernyataan dari ahli waris atau ketua keluarga

  • Surat pernyataan dari pengadilan agama jika yang bersangkutan beragama Islam

Persyaratan tersebut harus di sertai dengan fotokopi yang telah di legalisir. Setelah semua persyaratan terpenuhi, selanjutnya adalah melakukan pengajuan ke pengadilan.

Mengajukan Permohonan ke Pengadilan 

Setelah mengumpulkan persyaratan yang di perlukan, langkah selanjutnya adalah mengajukan permohonan ke pengadilan. Pengajuan permohonan bisa di lakukan secara langsung di pengadilan atau melalui pendaftaran online. Setelah permohonan di ajukan, pihak pengadilan akan melakukan pemeriksaan dan verifikasi dokumen yang telah di serahkan.

Membayar Biaya Administrasi

Setelah permohonan di terima oleh pengadilan, langkah selanjutnya adalah membayar biaya administrasi. Biaya administrasi yang harus di bayar bervariasi tergantung dari kebijakan masing-masing pengadilan. Setelah biaya administrasi di bayar, selanjutnya adalah menunggu pengumuman dari pengadilan mengenai kelulusan permohonan.

Pengambilan Sertifikat Ganti Nama

Jika permohonan di setujui oleh pengadilan, maka sertifikat dapat di ambil di pengadilan. Sertifikat tersebut merupakan bukti resmi yang menyatakan bahwa seseorang telah mengganti namanya secara sah. Setelah sertifikat di terima, maka pemilik sertifikat dapat mengajukan perubahan data ke institusi atau lembaga yang membutuhkan data resmi mengenai namanya.

Kesimpulan

Proses pengajuan sertifikat ganti nama memang terkesan rumit, namun sebenarnya cukup mudah jika di lakukan dengan benar. Dengan mengumpulkan persyaratan yang di perlukan, mengajukan permohonan ke pengadilan, membayar biaya administrasi, dan mengambil sertifikat, seseorang dapat mengganti namanya secara resmi dan sah.

  Perubahan Nama Pada Dokumen Akta Lainnya
admin