Persyaratan TKI Ke Amerika

Menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri, khususnya ke Amerika, bisa menjadi pilihan bagi sebagian orang. Namun, untuk bisa bekerja di Amerika, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Artikel ini akan membahas selengkapnya mengenai persyaratan TKI ke Amerika.

Persyaratan Umum

Sebelum membahas persyaratan TKI ke Amerika secara detail, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi. Pertama, calon TKI harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 45 tahun. Kedua, calon TKI harus memiliki kesehatan yang baik dan tidak menderita penyakit tertentu yang bisa membahayakan dirinya dan orang lain.

Ketiga, calon TKI harus memiliki pendidikan minimal SMA atau sederajat dan memiliki sertifikat keahlian sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Keempat, calon TKI harus memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang yang sama dengan pekerjaan yang dilamar. Kelima, calon TKI harus memahami bahasa Inggris.

Persyaratan Khusus

Setelah memenuhi persyaratan umum, calon TKI harus memenuhi persyaratan khusus untuk bisa bekerja di Amerika. Persyaratan khusus ini terdiri dari persyaratan dari pemerintah Indonesia dan persyaratan dari pemerintah Amerika.

  Medical Check Up untuk TKI

Pertama, persyaratan dari pemerintah Indonesia adalah calon TKI harus memiliki dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia, seperti paspor dan kartu identitas (KTP). Selain itu, calon TKI harus memiliki izin kerja dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans).

Kedua, persyaratan dari pemerintah Amerika adalah calon TKI harus memiliki visa kerja. Ada beberapa jenis visa kerja yang bisa dipilih, seperti H1B dan H2B. Visa kerja ini bisa didapatkan melalui proses aplikasi yang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Persiapan Sebelum Berangkat ke Amerika

Setelah memenuhi semua persyaratan, calon TKI harus melakukan beberapa persiapan sebelum berangkat ke Amerika. Pertama, calon TKI harus mengikuti pelatihan keterampilan dan bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan kerja dan bahasa Inggris.

Kedua, calon TKI harus mengurus asuransi kesehatan dan asuransi jiwa untuk melindungi dirinya dan keluarga di Indonesia. Ketiga, calon TKI harus menyusun rencana keuangan dan mempersiapkan dana yang cukup untuk biaya hidup di Amerika.

Kesimpulan

Menjadi TKI ke Amerika tidaklah mudah. Calon TKI harus memenuhi persyaratan umum dan khusus serta melakukan persiapan sebelum berangkat ke Amerika. Namun, dengan persiapan yang matang dan memenuhi persyaratan yang ada, calon TKI bisa berhasil dalam karirnya di Amerika dan membawa manfaat bagi keluarga dan masyarakat di Indonesia.

  Gaji TKI di Saudi 2023 : Apa yang Harus Anda Ketahui?