Pembuatan Sertifikat ACT

Bagi seorang pelaut, berkas atau dokumen yang harus lengkap sebelum berangkat berlayar ada banyak. Salah satu yang krusial dan harus ada adalah sertifikat ACT (Advanced Chemical Tanker). Lalu, bagaimana pembuatan sertifikat ACT Advanced Chemical Tanker dan apa fungsinya?

 

Mungkin bagi yang belum familiar dengan sertifikat ini akan menanyakan pertanyaan tersebut. Jika Anda salah satu yang belum familiar dan masih kebingungan dengan dokumennya, maka Anda bisa memanfaatkan jasa pengurusan dari kami. Namun sebelum itu, pahami semua penjelasan ini:

 

Penjelasan Tentang Pembuatan Sertifikat ACT

Apa itu sertifikat ACT Advanced Chemical Tanker bagi pelaut? Pihak-pihak yang masih belum familiar dengan surat ini pasti bertanya-tanya. Bagi seorang pelaut atau kru kapal, sertifikat ini harus Anda pahami dengan jelas.

 

Penjelasan Tentang Pembuatan Sertifikat ACT

 

Sebenarnya, sertifikat ACT adalah jenis sertifikat yang harus ada oleh semua kru kapal tanker yang akan berlayar. Kepemilikan sertifikat ini tidak berpatokan pada peringkat atau jabatan kru. Baik itu oiler, AB, nahkoda, hingga perwira harus tetap memilikinya.

 

Karena sertifikatnya bisa oleh  berbagai pihak, maka dokumen ini memang menjadi salah satu golongan krusial yang kehadirannya sangat berpengaruh. Untuk memiliki sertifikat ini, maka harus melakukan prosedur kompleks yang menyeluruh.

 

Mulai dari pendaftaran sampai ke bagian tesnya sangat penting karena bisa menentukan lolos atau tidaknya pengajuan sertifikatnya. Oleh sebab itu, siapa saja yang membuat dokumen sertifikat ini harus mengurusnya dengan baik tanpa ada bagian yang terlewat.

  Buku Pelaut Hilang: Mengejar Keadilan untuk Anak-Anak Laut

 

Syarat Pembuatan Sertifikat ACT Advanced Chemical Tanker

 

Syarat Pembuatan Sertifikat ACT Advanced Chemical Tanker

Selain penjelasan tentang apa itu sertifikat ACT Advanced Chemical Tanker sudah Anda ketahui, maka Anda juga harus tahu apa saja syarat pembuatannya. Jika Anda sudah memahami aspek ini, maka Anda akan mudah dalam mempersiapkannya. Untuk detailnya, simak daftar berikut ini:

 

1. Salinan Ijazah

Dokumen pertama adalah salinan ijazah pendidikan terakhir. Tidak perlu menyerahkan dokumen aslinya, serahkan saja dokumen salinannya dengan tambahan legalisir di dalamnya. Dengan demikian, dokumen ini bisa sah.

 

Salinan Ijazah

 

Namun pastikan semua data yang ada dalam ijazah ini sudah benar. Jangan sampai antara ijazah dan dokumen lain namanya ada yang berbeda. Hal ini bisa mempengaruhi proses pengurusan sehingga waktunya akan jauh lebih lama.

 

2. Dokumen Identitas Diri

Serahkan juga dokumen identitas diri yang sah dan legal milik pihak terkait yang mengajukan sertifikat. Dokumen ini terdiri dari KK, KTP, atau bahkan SIM. Semua dokumen ini bisa dalam bentuk salinannya saja tanpa harus yang aslinya.

 

Dokumen ini masuk golongan yang krusial karena nantinya akan berpengaruh besar pada proses pembuatannya. Jika ada bagian yang tidak sesuai, maka harus diubah dan diperbaiki terlebih dahulu. Dengan demikian, prosesnya akan cepat selesai.

 

 

Dokumen Identitas Diri

 

3. Sertifikat BOCT

Kemudian serahkan juga dokumen sertifikat BOCT yang sudah dimiliki. Biasanya, pelaut sudah memiliki dokumen ini sejak awal masa tesnya. Serahkan saja dokumennya dalam bentuk salinan dan bukan yang asli. Karena diserahkan dalam bentuk salinan, maka jangan blur.

 

Semakin jelas hasil salinan sertifikat ini, maka prosesnya akan semakin baik. Oleh sebab itu, pastikan untuk membuat salinan yang baik agar dokumen ini bisa terbaca oleh pihak berwenang. Dengan demikian, proses pengurusannya akan jauh lebih mudah.

  Persyaratan Buat Buku Pelaut

 

Sertifikat BOCT

 

4. Salinan BST

Sertifikat BST juga masuk golongan lain yang harus diserahkan saat proses pembuatannya dilakukan. Sama seperti dokumen lainnya, hanya salinannya saja yang diperlukan dan bukan yang asli. Namun tetap saja bagian isinya harus jelas dan mudah terbaca.

 

Berkas sertifikat ini juga menjadi salah satu golongan penting yang tidak boleh terlewat. Jika sertifikat BST tidak dimiliki, maka prosesnya tidak akan bisa diselesaikan. Hal ini dikarenakan pihak berwenang harus memiliki acuan jelas dalam proses pembuatannya.

 

Salinan BST

 

5. Buku Pelaut

Setiap pelaut pasti akan memiliki buku pelaut sebagai bukti bahwa ia memang benar-benar pelaut. Dokumen ini juga harus diserahkan saat proses pembuatan sertifikat ACT dilakukan. Agar berkas aslinya aman, serahkan saja dokumen salinannya yang jelas dan bisa terbaca.

 

6. Kwitansi Pembayaran

Selain itu, kwitansi pembayaran juga harus menjadi bukti yang jelas saat proses pembuatannya dilakukan. Biaya yang harus dibayarkan untuk proses pembuatan dan tesnya sekitar 1,3 juta rupiah. Namun biaya ini bisa saja berubah mengikuti aturan terbaru.

 

Kwitansi Pembayaran

 

Jadi saat proses pembuatan dilakukan, maka pihak pengaju harus melakukan pembayaran di awal. Biaya tersebut juga akan berbeda jika Anda sebagai pihak pengaju memanfaatkan jasa bantuan pengurusan seperti kami. Proses pembayarannya juga akan langsung kepada kami.

 

7. Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat yang diterbitkan oleh rumah sakit rujukan juga penting untuk dilampirkan. Jadi tidak semua rumah sakut bisa memberikan SKS untuk pembuatan sertifikat ini. Agar prosesnya selesai dengan baik, ikuti saja aturan dan lakukan tes di rumah sakit rujukan.

  SERTIFIKAT PELAUT

 

Bukan hanya SKS biasa, SKS ini diterbitkan setelah dilakukan tes secara menyeluruh. Jadi isi dari SKS-nya akan lebih lengkap dan akan menerangkan berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan bagian dalam. Aspek ini juga penting untuk pembuatan sertifikatnya.

 

Jasa Pembuatan Sertifikat ACT

 

Jasa Pembuatan Sertifikat ACT

Setelah mengetahui apa itu sertifikat ACT Advanced Chemical Tanker beserta segala syarat pembuatannya, maka Anda sudah paham secara menyeluruh. Proses pengurusan dokumen ini juga tergolong kompleks dan sangat rinci.

 

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengurusnya karena terkendala kesibukan, maka Anda bisa langsung memanfaatkan jasa yang kami berikan. Melalui jasa yang kami berikan, maka Anda akan meraih banyak kemudahan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

 

Apalagi jika Anda jauh dari tempat pengurusannya, maka Anda bisa langsung mengirim semua berkas kepada kami. Kemudian, kami akan selesaikan segala proses yang dibutuhkan dengan baik tanpa ada aspek yang terlewat sampai berkasnya selesai.

 

Jasa Urus Pembuatan Sertifikat ACT

Anda tidak perlu takut berkas sertifikat yang kami berikan tidak legal. Semua proses yang kami terapkan sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Dengan demikian, sertifikat yang kami serahkan pada Anda sudah sah dan legal di mata hukum, serta bisa langsung dimanfaatkan.

 

Jasa Urus Pembuatan Sertifikat ACT

 

Selain itu, kami juga sudah memiliki tenaga ahli yang bisa menyelesaikan segala proses pengurusannya. Melalui aspek ini, maka Anda tidak perlu takut prosesnya akan berjalan lama. Berdasarkan pengalaman kami, banyak yang merasa puas karena kami sangat cepat mengurus dokumennya.

 

Semua kemudahan dan keuntungan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui biaya yang tidak terlalu banyak. Nantinya, kami akan berikan hasil akumulasi biaya untuk proses pembuatan sertifikat dan biaya jasa yang sudah kami berikan.

 

Dengan adanya pengertian mengenai apa itu sertifikat ACT Advanced Chemical Tanker, maka Anda akan paham dengan detailnya. Jika Anda masih merasa kesulitan untuk mengurusnya, maka kami bisa dijadikan solusi utama untuk segala kemudahannya.

Adi