Membuat SKCK Luar Negeri: Panduan Lengkap

Pengertian SKCK Luar Negeri

Sebagai warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri, Anda mungkin membutuhkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk keperluan tertentu. SKCK luar negeri adalah dokumen yang diterbitkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan berfungsi sebagai bukti bahwa Anda tidak memiliki catatan kriminal di Indonesia. Meskipun SKCK luar negeri tidak wajib, namun dokumen ini dapat menjadi persyaratan untuk mengurus visa, kerja, studi, atau bahkan pernikahan di negara tempat Anda tinggal.

Syarat Membuat SKCK Luar Negeri

Untuk membuat SKCK luar negeri, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:1. Warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri dan berusia di atas 17 tahun.2. Tidak memiliki catatan kriminal di Indonesia atau sudah mengajukan penghapusan catatan kriminal jika sebelumnya pernah memiliki.3. Memiliki KTP elektronik (e-KTP).4. Memiliki dokumen identitas keimigrasian asal (paspor atau kartu tinggal).5. Membayar biaya administrasi yang telah ditentukan.

  Cara Edit SKCK Dengan Photoshop

Langkah-Langkah Membuat SKCK Luar Negeri

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat SKCK luar negeri:1. Mengumpulkan persyaratan. Pastikan Anda sudah memenuhi persyaratan yang disebutkan sebelumnya, yaitu memiliki e-KTP, dokumen identitas keimigrasian asal, dan tidak memiliki catatan kriminal di Indonesia. Siapkan juga pas foto terbaru ukuran 4 x 6 cm dengan latar belakang warna merah.2. Mengisi formulir permohonan online. Kunjungi situs https://skck.polri.go.id/ dan isi formulir permohonan SKCK online. Pastikan Anda mengisi data dengan benar dan lengkap.3. Melakukan pembayaran. Setelah mengisi formulir, Anda akan mendapatkan nomor transaksi dan harus melakukan pembayaran biaya administrasi melalui bank yang ditentukan. Pastikan Anda menyimpan bukti pembayaran sebagai tanda bukti.4. Membuat janji temu dengan Kedutaan Besar atau Konsulat RI setempat. Setelah melakukan pembayaran, Anda harus membuat janji temu dengan Kedutaan Besar atau Konsulat RI setempat untuk diproses lebih lanjut. Pastikan Anda membawa bukti pembayaran, pas foto terbaru, dan dokumen identitas keimigrasian asal saat bertemu dengan petugas.5. Menunggu proses verifikasi dan pengambilan dokumen. Setelah melakukan janji temu, Anda harus menunggu proses verifikasi dari pihak Kepolisian di Indonesia. Setelah verifikasi selesai, Anda dapat mengambil dokumen SKCK luar negeri di Kedutaan Besar atau Konsulat RI setempat.

  SKCK Untuk Warga Negara Asing

Kata Kunci Meta

SKCK, SKCK Luar Negeri, Kepolisian Negara Republik Indonesia, KTP elektronik, paspor, kartu tinggal, visa, kerja, studi, pernikahan, dokumen identitas, janji temu, biaya administrasi

Deskripsi Meta

Pelajari cara membuat SKCK luar negeri dengan mudah dan lengkap. Artikel ini berisi panduan langkah demi langkah, syarat, dan persyaratan untuk membuat SKCK luar negeri. Dapatkan informasi terbaru tentang biaya administrasi, dokumen identitas, dan janji temu dengan Kedutaan Besar atau Konsulat RI setempat. Yuk, cari tahu lebih lanjut!

admin