Pengertian Loket Apostille
Karena Loket Apostille adalah suatu layanan yang di berikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia untuk membantu proses legalisasi dokumen di luar negeri. Loket Apostille bertugas untuk mengesahkan keabsahan dokumen yang akan di gunakan di negara-negara yang telah menjadi anggota Konvensi Den Haag. PT. Jangkar Global Groups
Sejarah Loket Apostille
Karena Konvensi Den Haag tentang Apostille adalah perjanjian internasional yang di tandatangani di Den Haag, Belanda pada tahun 1961. Maka Tujuannya adalah untuk menyederhanakan proses legalisasi dokumen di luar negeri. Maka Seiring dengan berkembangnya kebutuhan akan legalisasi dokumen di luar negeri, maka Kemenkumham membentuk Loket Apostille sebagai upaya untuk memudahkan masyarakat Indonesia yang ingin mengurus legalisasi dokumen di luar negeri.
Jenis Dokumen yang Dapat Di layani oleh Apostille
Karena Apostille dapat melayani berbagai jenis dokumen, seperti:
- Akta Kelahiran
- Akta Nikah
- Akta Kematian
- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
- Surat Keterangan Domisili
- Surat Izin Mengemudi (SIM)
- Surat Izin Kerja
- ijazah dan transkrip nilai
Tahapan Proses Legalisasi Dokumen Apostille
Karena Proses legalisasi dokumen Apostille terdiri dari beberapa tahapan, yaitu:
Tahap 1: Verifikasi Dokumen
Pada tahap ini, petugas Apostille akan memeriksa keabsahan dokumen yang akan di layani. Dokumen yang tidak sah atau rusak tidak akan dilayani.
Tahap 2: Legalisasi oleh Pejabat yang Berwenang
Maka Setelah dokumen sah, petugas Apostille akan melakukan legalisasi oleh pejabat yang berwenang. Pejabat yang berwenang ini akan menempatkan stempel dan tanda tangan di dokumen yang bersangkutan.
Tahap 3: Legalisasi oleh Apostille
Setelah di lakukan legalisasi oleh pejabat yang berwenang, dokumen kemudian akan di layani oleh petugas Apostille. Petugas akan menempatkan stempel dan tanda tangan Apostille di dokumen tersebut.
Biaya Legalisasi Dokumen Apostille
Karena Biaya yang di kenakan untuk legalisasi dokumen Apostille bervariasi tergantung pada jenis dokumen dan jumlah dokumen yang akan di layani. Biaya dapat di lihat pada situs resmi Kemenkumham atau langsung meminta informasi pada petugas Apostille.
Keuntungan Menggunakan Layanan Apostille
Beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan layanan Apostille antara lain:
- Mempercepat proses legalisasi dokumen di luar negeri
- Menghindari biaya yang lebih mahal untuk legalisasi dokumen di kedutaan besar atau konsulat
- Mendapatkan layanan yang efisien dan terpercaya dari pihak Kemenkumham
Cara Mengajukan Permohonan Legalisasi Dokumen Apostille
Maka Untuk mengajukan permohonan legalisasi dokumen di Loket Apostille, kamu perlu mengikuti beberapa langkah berikut:
Langkah 1: Persiapkan Dokumen yang Akan Di layani
Pastikan dokumen yang akan di layani telah sah dan lengkap. Dokumen yang rusak atau tidak lengkap tidak akan di layani.
Langkah 2: Datang ke Kantor Loket Apostille
Datang ke kantor Loket Apostille yang terletak di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia setempat. Pastikan membawa dokumen yang akan di layani dan membayar biaya yang sesuai.
Langkah 3: Tunggu Proses Legalisasi Selesai
Maka Setelah membayar biaya yang sesuai, kamu perlu menunggu proses legalisasi selesai. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari.
Kesimpulan
Loket Apostille adalah layanan yang diberikan oleh Kemenkumham untuk membantu proses legalisasi dokumen di luar negeri. Jenis dokumen yang dapat dilayani antara lain akta kelahiran, akta nikah, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), dan lain-lain. Biaya legalisasi dokumen bervariasi tergantung pada jenis dan jumlah dokumen yang akan dilayani. Dengan menggunakan layanan Loket Apostille, kamu dapat mempercepat proses legalisasi dokumen di luar negeri dan menghindari biaya yang lebih mahal untuk legalisasi dokumen di kedutaan besar atau konsulat.
YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,
HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN
Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.
KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI
Email : [email protected]
Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852
Pengaduan Pelanggan : +6287727688883
Google Maps : PT Jangkar Global Groups