Kontrak Kerja Untuk TKI

Kontrak Kerja Untuk TKI

Klik ! Untuk Konsul by WA

Menjadi salah satu Tenaga Kerja Indonesia untuk pekerjaan di luar negeri sudah banyak pihak. Bagi Anda yang juga ingin melakukan hal ini, maka harus tahu dulu tentang kontrak kerja TKI di berbagai aspeknya. Jika Anda ingin melakukannya, maka bisa berkonsultasi dengan kami

 

Kontrak Kerja Untuk TKI

Secara khusus, kontrak kerja untuk TKI ini berbeda dengan pekerjaan biasa di Indonesia. Ada beberapa aspek sangat penting untuk diperhatikan. Oleh sebab itu, jika Anda bingung mengurusnya sendiri, kami ada untuk membantu segala proses pengurusan kontaknya.

Baca juga : cara membuat id tki online 

 

Kontrak Kerja Untuk TKI

 

Jenis Kontrak Kerja Untuk TKI 

Sebelum mengarah pada aspek apa saja yang ada dalam kontrak kerja TKI, perlu anda pahami dulu mengenai jenis pekerja migran Indonesia yang bekerja khusus di wilayah luar negeri. Setidaknya ada tiga jenis berbeda mengenai pekerja migran ini. Setiap jenisnya kami bedakan berdasarkan tempat kerjanya.

 

Jenis pertama adalah pihak-pihak yang bekerja di tempat dengan badan hukum yang sudah terbentuk. Jadi, pekerja akan bekerja di tempat yang umumnya sudah memiliki banyak karyawan. Misalnya di pabrik, atau kantor-kantor yang sudah memiliki badan hukum.

 

Lalu untuk jenis kedua adalah pihak yang bekerja di perseorangan atau di bagian rumah tangga. Untuk golongan ini, tempat kerjanya bukanlah tempat yang berbentuk perusahaan atau tidak memiliki badan hukum. Misalnya sebagai ART, baby sister, dan pekerjaan lainnya.

 

Kemudian jenis yang terakhir adalah pihak yang bekerja di bidang perikanan dan perkapalan. Biasanya, pihak-pihak yang bekerja di bidang ini akan mendapat posisi sebagai awak kapal. Namun tidak semua menjadi awak kapal, karena akan kami sesuaikan dengan jenjang pendidikannya juga.

Baca juga : mendaftar TKI resmi 

 

Jenis Kontrak Kerja Untuk TKI 

 

Aspek dalam Kontrak Kerja untuk TKI

Sebelum memutuskan untuk melakukan kontrak kerja TKI dengan pihak tertentu, maka penting untuk melihat aspek apa saja yang harus ada di dalamnya. Komponen ini tentunya sangat penting untuk anda pahami sejak awal agar tidak ada kesalahpahaman di akhir.

 

Setidaknya ada tujuh komponen utama yang menjadi dasar terbentuknya kontrak kerja khusus TKI. Hampir semua jenis TKI akan memakai kontrak kerja dengan komponen-komponen ini. Penasaran apa saja komponennya? Simak daftar dan ulasannya berikut ini:

 

Aspek dalam Kontrak Kerja untuk TKI

 

Komponen Kontrak Kerja untuk TKI

1. Profil Lengkap Pemberi Kerja

Aspek pertama yang harus ada dalam suatu kontrak kerja adalah profil pemberi kerja secara lengkap. Komponen ini tentunya penting untuk anda hadiri agar pihak pekerja bisa tahu dengan siapa dan akan melakukan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang anda inginkan.

 

Baik itu bekerja di perusahaan berbadan hukum, di rumah tangga, atau di kapal, maka aspek ini harus anda penuhi. Jika tidak ada profil yang jelas mengenai pemberi kerja, maka kontrak kerja belum kuat dan akan membahayakan jika tersetujui atau anda tandatangani.

 

2. Profil Lengkap Pekerja

Karena kontrak kerja ini menyangkut dua belah pihak, maka profil pekerja juga harus anda lengkapi di berbagai aspeknya. Mulai dari data diri, alamat, usia, hingga foto juga harus lengkap. Aspek ini tentunya penting untuk anda lengkapi agar data diri tersebut bisa kami cek secara menyeluruh.

 

Apalagi bagi TKI yang bekerja di perusahaan berbadan hukum, maka komponen ini tentunya tidak boleh anda lewatkan. Apabila ada satu aspek saja yang tidak anda lengkapi, maka kontak kerjanya akan kurang lengkap dan kurang menyeluruh. Oleh sebab itu, aspek ini harus anda penuhi.

 

Komponen Kontrak Kerja untuk TKI

 

Kejelasan Kontrak Kerja untuk TKI

3. Pekerjaan yang Akan anda lakukan

Penjelasan mendetail tentang apa saja yang akan anda kerjakan juga harus tertuang dalam kontrak kerja untuk TKI. Hal ini merupakan salah satu golongan penting yang harus anda penuhi dengan baik. Apabila tidak ada keterangan yang membatasi pekerjaan, maka pekerja akan anda rugikan.

 

Klik ! Untuk Konsul by WA

Tanpa adanya kejelasan pekerjaan yang akan anda lakukan, maka bisa jadi suatu saat akan ada penambahan pekerjaan yang tidak sesuai dengan keterangan di awal. Oleh sebab itu, aspek ini tentunya harus anda pahami dan anda siapkan dengan baik agar tidak menimbulkan kerugian.

 

4. Hak dan Kewajiban Masing-Masing Pihak Kontrak Kerja untuk TKI

Tentu saja yang menjadi hak serta tanggung jawab kedua belah pihak juga jangan sampai anda lewatkan. Dua aspek ini bisa menjadi pondasi utama yang bisa melindungi dua belah pihak. Oleh karenanya, tiap golongan aspek kontrak kerja ini harus anda lengkapi secara menyeluruh.

 

Dengan adanya komponen hak dan tanggung jawab yang jelas, pihak pekerja juga akan lebih aman karena aspek ini sudah ada persetujuan bersama. Apabila nanti ada hal-hal yang terjadi diluar hak dan tanggung jawab tersebut, maka dokumen kontrak kerja bisa menjadikan acuan utama.

 

Kejelasan Kontrak Kerja untuk TKI

 

Syarat Kontrak Kerja untuk TKI

5. Kondisi dan Syarat Kerja

Jangan lupa juga untuk memaparkan syarat dan kondisi kerja di bagian kontrak kerja TKI. Aspek ini tentunya tidak bisa anda sepelekan begitu saja. Apabila syarat dan kondisi kerja kami jabarkan secara menyeluruh, maka pihak pekerja bisa memiliki gambaran sejak awal.

 

Hal ini tentunya penting untuk membuat suatu penerapan kerja yang jelas. Nantinya, pihak pekerja bisa melakukan pengecekan apakah kondisi yang terjabarkan sesuai dengan kontrak atau tidak. Bila tidak, maka bisa anda lakukan pengurusan dengan pihak terkait.

 

Syarat Kontrak Kerja untuk TKI

6. Jangka Waktu Perjanjian Kerja

Jangka waktu bekerja juga harus tertuang dengan lengkap dan jelas di bagian kontrak kerja. Aspek ini tentunya tidak bisa anda sepelekan begitu saja. Hal ini karena ada kaitannya erat dengan penetapan gaji, hak, dan tanggung jawab dua belah pihak.

 

Apabila jangka waktu bekerja tidak jelas secara mendetail, maka hal ini akan membahayakan. Karena bisa saja pihak pemberi kerja melakukan hal-hal yang diluar batas dan memberikan jangka waktu kerja yang melebihi batas. Oleh sebab itu, aspek ini perlu diperhatikan.

 

7. Perlindungan Keselamatan serta Keamanan Menyeluruh

Perlindungan aspek keselamatan dan keamanan kerja untuk setiap pekerja tentunya juga penting. Agar aspek ini diberikan dan bisa diklaim, maka harus masuk juga di bagian kontrak kerja yang dibuat. Hal ini tentunya menjadi salah satu golongan aspek krusial yang tidak bisa disepelekan.

 

Apabila persoalan perlindungan ini tidak dijelaskan secara mendetail, maka pihak pekerja yang nantinya akan dirugikan. Oleh sebab itu, aspek ini harus dijadikan yang paling krusial dan diutamakan agar saat terjadi hal di luar dugaan bisa segera dimanfaatkan.

 

PerjanjianKontrak Kerja untuk TKI

 

Jasa Konsultasi Kontrak Kerja untuk TKI

Setelah Anda memahami aspek dalam kontrak kerja TKI tersebut, maka bisa disimpulkan jika aspeknya sangatlah banyak. Oleh sebab itu, pengurusannya pun akan sulit dan memakan waktu lama. Kami sebagai jasa bantuan, tentunya bisa Anda manfaatkan untuk konsultasi mengenai hal ini.

 

Bukan hanya untuk konsultasi, kami juga bisa membantu pengurusan segala aspek tersebut secara menyeluruh. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda untuk menyelesaikan pengurusan. Semua layanan yang kami berikan juga tergolong aman dan sudah legal.

 

Jasa Konsultasi Kontrak Kerja untuk TKI

 

Biro Jasa Pengurusan Kontrak Kerja untuk TKI

Selain itu, kecepatan pengurusan juga menjadi prioritas kami. Meski demikian, komponen biaya yang kami berikan kepada Anda tidak akan membebani dan masih terjangkau. Segala aspek ini tentunya sayang untuk dilewatkan begitu saja.

 

Melalui jasa yang sudah kami tawarkan dalam pengurusan kontrak kerja TKI, tentunya Anda sudah tidak perlu bingung lagi dalam mengurusnya. Secara khusus, semua aspek yang dijabarkan juga sudah bisa dipahami. Jika ingin informasi lebih, segera hubungi kami untuk kelengkapan informasinya.

Klik ! Untuk Konsul by WA