Jasa Urus Surat Kematian

Jasa Urus Surat Kematian – Apakah ada anggota keluarga yang baru saja meninggal? Daripada di tunda hingga lewat waktu lama, sebaiknya segera urus Surat Kematian. Sering kali di anggap sepele, ternyata ada manfaat penting kenapa harus secepatnya di buat. Membuat death certificate tergolong mudah. Hanya saja ada persyaratan yang tergantung dengan tempat meninggalnya seseorang.

Contohnya seperti orang yang meninggal dunia di rumah dan negara Indonesia itu akan berbeda dengan yang kematiannya di luar negeri. Selain hal tersebut, Anda juga harus tahu bagaimana prosedur dalam mengurusnya.

Seperti pembuatan dokumen kependudukan pada umumnya, ada beberapa tahapan melalui instansi tertentu. Untuk lebih jelasnya mengenai surat ini, simak keterangan berikut:

Prosedur Membuat Surat Kematian
Prosedur Membuat Surat Kematian

Pentingnya Membuat Surat Kematian dengan Jasa Urus Surat Kematian

Banyak yang menganggap kalau urus Surat Kematian itu tidak perlu di lakukan. Terkadang membuatnya setelah anggota keluarga yang meninggal sudah bertahun-tahun lamanya. Agar tidak lagi meremehkan dokumen ini, ketahui kenapa penting mengurusnya berikut:

Pentingnya Membuat Surat Kematian
Pentingnya Membuat Surat Kematian

1. Agar Tidak Terjadi Penyalahgunaan Data dalam Jasa Urus Surat Kematian Teraman

Alasan pertama yang harus Anda yakini kenapa death certificate itu penting yaitu mencegah adanya penyalahgunaan data. Surat Kematian menjadi berkas yang mempunyai legalitas atau bukti hukum. Dokumen yang di terbitkan merupakan bukti yang menunjukkan pengakuan negara.

  Syarat Perceraian Dengan WNA

Setelah kematian seseorang di laporkan dan mendapat bukti berupa surat, maka datanya akan di hilangkan dari kependudukan. Karena itulah sangat penting untuk dibuat agar data orang yang meninggal tidak di pakai tindakan kejahatan. Selain itu, juga memberikan kepastian kepada pihak ketiga.

Agar Tidak Terjadi  Penyalahgunaan Data
Agar Tidak Terjadi  Penyalahgunaan Data

2. Untuk Menetapkan Status Seseorang

Pentingnya membuat death certificate yang berikutnya adalah penetapan status. Ini biasa terjadi pada pasangan suami istri. Apabila salah dari keduanya meninggal dunia, maka suami atau istri memerlukan penetapan status pernikahan yang baru, terutama bagi Pegawai Negeri Sipil.

Contohnya saat suami yang meninggal, maka pihak keluarga perlu mengurus pembuatan dokumen pernyataan resmi ini. Setelah itu, istri akan mendapatkan status berupa janda. Ini di perlukan kalau sewaktu-waktu ingin menikah lagi. Terlebih pernikahan dengan WNA di luar negeri.

Untuk Menetapkan Status Seseorang
Untuk Menetapkan Status Seseorang

3. Sebagai Persyaratan Berbagai Keperluan dalam Jasa Urus Surat Kematian

Kenapa Anda di sarankan untuk segera urus Surat Kematian keluarga yang belum lama meninggal? Sebab dokumen ini di jadikan persyaratan untuk banyak keperluan. Ada berbagai aktivitas yang memerlukannya, seperti klaim tunjangan dan pembagian waris.

Sebagai persyaratan pembagian harta waris, surat tersebut akan memberikan kepastian terkait bagaimana hubungan nasab seseorang. Jika orang yang meninggal mempunyai kekayaan atau harta di instansi keuangan, maka dapat di ambil. Begitu pula kalau saat melakukan peralihan hak tanah kepada ahli waris.

Selain itu Anda juga harus melakukan permohonan penerbitan kalau ingin mengklaim asuransi atas nama almarhum. Contohnya ketika orang tersebut meninggal di akibatkan kecelakaan, maka keluarga berhak mendapatkan asuransi kecelakaan. Berlaku juga untuk memperoleh uang duka.

Segala pengurusan keuangan yang berhak diterima oleh keluarga setelah meninggalnya orang tersebut membutuhkan death certificate. Contohnya saat ada PNS yang meninggal dunia. Istri atau suami, akan mendapatkan dana pensiun dan taspen dengan membuktikannya memakai dokumen ini.

  LEGALISIR AKTA KELAHIRAN
Sebagai Persyaratan Berbagai Keperluan
Sebagai Persyaratan Berbagai Keperluan

4. Validasi Data Kependudukan

Bukan hanya bagi keluarga, Surat Kematian juga di butuhkan oleh pemerintah. Pelaporan yang Anda buat akan membantu dinas kependudukan dalam mendata jumlah penduduk dengan akurat. Data statistik di pakai monitoring angka harapan hidup dan penetapan kebijakan pembangunan.

Apalagi ini menyangkut hak serta kewajiban seseorang. Kalau Anda tidak melapor, maka orang yang meninggal bisa saja di mintai kewajibannya, seperti membayar pajak. Surat tersebut juga membantu pemerintah dalam penyaluran bantuan dan subsidi.

Validasi Data Kependudukan
Validasi Data Kependudukan

Syarat Membuat Surat Kematian dengan Jasa Urus Surat Kematian

Setelah tahu bagaimana pentingnya bagi keluarga pribadi maupun pihak lain, Anda bisa segera urus Surat Kematian. Untuk pelaporannya, ada syarat yang harus diserahkan. Inilah beberapa persyaratan membuat dokumen ini:

Syarat Membuat Surat Kematian
Syarat Membuat Surat Kematia

1. Meninggal di Rumah

Kalau almarhum itu meninggal di rumah, maka ada berkas yang perlu di urus sebelumnya. Perwakilan keluarga harus meminta surat keterangan kematian yang di dapatkan dari puskesmas. Ini menjadi ganti dari keterangan oleh rumah sakit.

Sedangkan untuk persyaratan umumnya, tidak ada perbedaan. Dokumen yang dibutuhkan antara lain yaitu:

  • Surat pengantar dari RW.
  • Formulir permohonan.
  • Salinan KTP orang yang meninggal dan pelapor.
  • Salinan Kartu Keluarga dari almarhum.
  • Fotokopi akta kelahiran.
  • Fotokopi saksi dengan syarat berjumlah dua orang dan minimal umur 21 tahun.
  • Jika di laporkan pihak di luar KK, membutuhkan Surat Kuasa.
Meninggal di Rumah
Meninggal di Rumah

2. Meninggal di Rumah Sakit

Lalu bagaimana kalau meninggalnya di rumah sakit? Tentunya lebih mudah untuk diproses. Kalau persyaratan umum, itu sama dengan saat meninggal di rumah. Sedangkan Surat keterangan kematian tidak perlu di urus. Karena biasanya pihak rumah sakit akan memberikannya.

Meninggal di Rumah Sakit
Meninggal di Rumah Sakit

3. Sudah Lama Meninggal

Karena berbagai kesibukan, mungkin tidak sempat melakukan pelaporan atas kematian keluarga. Bahkan ada yang sampai bertahun-tahun. Untuk permasalahan ini, mengajukan syarat umum seperti biasa, yakni mulai salinan KK, KTP, hingga surat pengantar.

  Cop Pengesahan Sijil Kelahiran Malaysia

Sedangkan untuk keterangan kematian dapat dibuat sendiri. Sebagai perwakilan keluarga, Anda dapat membuat pernyataan tersebut dengan mencantumkan waktu serta tempat meninggal. Lalu diperkuat statusnya dengan materai.

Sudah Lama Meninggal
Sudah Lama Meninggal

4. Meninggal di Luar Negeri

Kalau meninggalnya di luar negeri, selain persyaratan umum ada dokumen lain yang harus di siapkan. Inilah berkas tambahannya:

  • Surat Keterangan Pelaporan Kematian yang didapatkan dari kedutaan besar.
  • Akta kematian dari Dinas Catatan Sipil yang ada luar negeri. Akta diterjemahkan oleh sworn translator ke Bahasa Indonesia.
Meninggal di Luar Negeri
Meninggal di Luar Negeri

Cara Membuat Surat Kematian dengan Jasa Urus Surat Kematian

Anda dapat urus Surat Kematian dengan mendatangi langsung Disdukcapil. Tapi sebelum itu, ada alur yang harus di ikuti. Secara garis besar, inilah alur membuat death certificate:

  • Membawa persyaratan ke kantor desa.
  • Setelah itu akan mendapatkan surat keterangan kematian.
  • Bawa dokumen dan surat keterangan ke Disdukcapil.
  • Minta formulir.
  • Tunggu proses verifikasi data.
  • Anda membubuhkan tanda tangan.
  • Nantikan perekaman data oleh petugas.
  • Berkas diajukan TTE ke kepala dinas.
  • Surat Kematian dicetak.

Selain itu, Anda dapat mengurusnya secara online. Nantinya persyaratan di-scan dan diunggah ke situs aplikasi daring. Kalau dokumen sudah jadi, akan di informasikan lewat email. Death certificate bisa di cetak sendiri atau di cetakkan Disdukcapil, lalu mengambilnya.

Cara Membuat Surat Kematian
Cara Membuat Surat Kematian

Jasa Urus Surat Kematian Terpercaya

Mungkin Anda tidak sempat urus Surat Kematian karena kesibukan. Daripada tertunda hingga bertahun-tahun, sebaiknya serahkan kepada PT Jangkar Global Groups. Kami berpengalaman dalam mengurus berbagai dokumen kependudukan. Soal hasil pembuatan, tidak perlu khawatir.

Bisa kami jamin bahwa dokumennya asli dan di selesaikan dalam waktu yang cepat sesuai kesepakatan. Anda dapat mengklaim pengembalian uang jika memang ada berkas yang salah.

Kami juga selalu meng-update perkembangan pesanan, sehingga jangan khawatir kalau permohonan tidak ditangani. Anda cukup menyerahkan persyaratan ke kantor kami, sisanya ada staf yang akan menguruskan. Pembayaran di lakukan setelah dokumen jadi, karena tidak ada sistem DP.

Jasa Pembuatan Surat Kematian
Jasa Pembuatan Surat Kematian

Anda bisa mempercayakan kepada kami karena kredibilitas tidak perlu di ragukan. Sebagai buktinya, ada kantor offline yang dapat diakses dengan mudah. Selain itu, ratusan klien juga menggunakan layanan jasa PT Jangkar Global Groups. Itulah panduan untuk urus Surat Kematian.

Ada persyaratan dan surat keterangan yang di dapatkan sesuai dengan kondisi meninggalnya seseorang. Pengurusan bisa secara luring dan daring, atau menyerahkan kepada layanan jasa pembuatan dokumen kependudukan.

Adi