Dokumen Ekspor Tanaman Hias Apa Syaratnya | Ekspor Impor

Jasa Urus Dokumen Ekspor Tanaman Hias di Indonesia

Tanaman hias bisa menjadi bisnis menjanjikan jika di ekspor ke luar negeri. Sadarkah Anda jika saat ini terdapat banyak jasa urus dokumen ekspor tanaman hias tersebar di seluruh wilayah? itu artinya bisnis ekspor tanaman hias menjanjikan keuntungan tinggi. Minat tanaman hias di dalam dan luar negeri terbilang tinggi, sayang sekali masih banyak yang memandang bisnis tanaman hias sebelah mata.

 

Jasa Urus Dokumen Ekspor Tanaman Hias di Indonesia

 

Tanaman hias masuk kategori ekspor di bidang hasil pertanian. Dari data Badan Pusat Statistik atau BPS jumlah keuntungan ekspor sejak 2020 sampai 2021 cukup stabil. Meski mengalami penurunan tapi jumlahnya tidak signifikan, pengaruh Covid-19 juga sempat memberikan dampak buruk di bidang ekspor tanaman hias. Tahun 2015 menjadi puncak eksportir tanaman hias mengalami keuntungan tinggi mencapai 18.200.000 US Dolar.

 

Faktor yang menguntungkan Indonesia adalah iklim mendukung untuk beragam tanaman termasuk tanaman hias. Bahkan usai pandemi Covid-19 mulai ditangani dengan baik. Jumlah eksportir kembali stabil bahkan ada sejumlah eksportir baru yang merambah bisnis ini namun masih bingung dengan cara pengurusan dokumen. Bagi para eksportir baru tanaman hias jangan khawatir. Berikut ini penjelasan lengkap tentang tata cara ekspor tanaman hias hingga pengurusan dokumennya.

 

Jasa Urus Dokumen Ekspor Tanaman Hias Terbaik

Menjual tanamah hias ke luar negeri pastinya tidak semudah menjual tanaman hias di Indonesia. Ada dokumen yang harus di lengkapi dan prosedur lebih rumit, para eksportir harus siap dengan risiko sebelum menjual barangnya. Belum lagi mencari pembeli dari luar negeri tidaklah mudah. Pengemasan tanaman hias juga perlu perlakuan khusus sehingga bisa aman sampai ke negara tujuan, berikut dokumen ekspor tanaham hias yang wajib di lengkapi:

  Komoditas Ekspor Impor Amerika Serikat

 

  • Punya izin usaha perdagangan berupa SIUP yang di keluarkan secara resmi oleh Dinas Perdagangan yang tujuannya mengukuhkan izin usaha. Fungsi SIUP ini juga sebagai legalisasi dan sumber data pemerintah atas usaha yang dijalankan sehingga usaha bisa dikategorikan legal. Tata cara mengurusnya Anda hanya perlu datang ke Dinas Perdagangan dan mengurusnya.
  • Punya NPWP yan di keluarkan oleh Direktoran Jendral Pajak untuk menjadi tanda pengenal wajib pajak. Fungsi NPWP akan di jadikan sebagai tanda pengenal wajib pajak yang mempermudah dalam hal pendataan pajak dan pemungutannya.
  • Punya badan hukum resmi sebagai pelindung sekaligus membuat pembeli dari luar negeri yakin membeli tanaman hias kepada Anda. Badan hukum ini menjadi payung perlindungan sekaligus jaminan jika usahanya sudah legal.
  • Punya izin edar benih, setelah memenuhi semua syarat di atas. Dokumen wajib di bawa ke Badan Karantina pertanian dan mendapatkan Phytosanitary atau dokumen bukti barang sudah di minati pasar impor dan bisa di bawa ke pasar internasional.

 

Jasa Urus Dokumen Ekspor Tanaman Hias Terbaik

 

Tata Cara Untuk Dokumen ekspor tanaman hias

Dokumen di atas tidak boleh ada yang terlewat supaya usaha bisa berjalan dengan lancar. Usahakan saat mengurus dokumen bisa di lakukan secara detail dan juga tidak ada unsur penipuan karena bisa merugikan pedagang atau eksportir itu sendiri, jika tidak mau pusing Anda bisa menyerahkan pemberkasan kepada jasa urus dokumen ekspor tanaman hias terbaik yang ada di Indonesia. Tapi sebelumnya coba pahami dahulu tata cara ekspor di bawah ini:

 

1.      Tentukan Negara Tujuan Ekspor Dalam Proses Dokumen Ekspor Tanaman Hias

Cari terlebih dahulu negara tujuan yang menerima tanaman hias dan ketahui juga tren tanaman hias yang sedang menjadi favorit di dunia. Cara mengetahuinya bisa lewat majalah, media sosial atau informasi yang di dapatkan dari para pecinta tanaman di Indonesia, di dunia ada banyak tanaman hias yang bisa dipilih dan punya pasarnya sendiri. Cari tahu juga apakah tanaman hias yang akan dijual bisa hidup dan tumbuh ke negara penerima.

  Laporan Keuangan Bank Ekspor Indonesia

 

2.      Cari Penyedia Jasa Ekspor

Survey penyedia jasa ekspor yang ada di Indonesia dan pastikan jasa tersebut memberikan paket lengkap. Mulai dari pengemasan barang, mengurus dokumen sampai proses karantina tanaman ke Badan Karantina Nasional. Jasa terbaik dan berpengalaman akan memberikan akan mengurus semua proses sehingga eksportir bisa lebih tenang, efektif dan efisien dalam menggunakan waktu.

 

3.     Konsultasi dan Lakukan Analisa Pasar

Sebelum benar-benar mengirim tanaman hias coba lakukan konsultasi kepada jasa ekspor tanaman hias. Tanyakan potensi kerugian yang di dapatkan dan peluang besar atau kecil barang akan di kembalikan kepada eksportir jika mengalami kerusakan. Biasanya kerusakan terjadi jika pengemasan tidak bagus, ikuti standar packaging yang di tentukan sehingga jika tanaman rusak sekalipun bukan salah eksportir.

 

4.     Tinjau Perjalanan Eksportir Lain

Meski saling bersaing dalam dunia bisnis tapi sesama eksportir di Indonesia tergolong punya solidaritas tinggi apalagi untuk sesama eksportir tanaman hias. Jangan salah, tanaman hias menjadi barang ekspor yang berpotensi besar memberikan kerusakan saat pengiriman atau bisa juga terkena hama penyakit ketika proses pengirimannya tidak sesuai standar. Coba minta dan diskusi dengan eksportir lain supaya pengurusan berkas dan tanaman bisa lebih aman.

 

Cara Promosi Tanaman Hias di Pasar Internasional

Sebagai pebisnis tujuan utama melakukan bisnis dipastikan ingin mendapat kentungan termasuk dalam bisnis ekspor tanaman hias. Saat ini media internet terbaik untuk promosi tanaman hias adalah lewat Instagram atau bisa juga langsung beriklan ke market luar negeri seperti Ebay.com atau bisa juga ke Adsee.com, bahkan beriklan di marketplace khusus Indonesia dengan pasar ekspor juga bisa seperti di Aspenku.

  Sebutkan Komoditas Ekspor Myanmar

 

Cara Promosi Tanaman Hias di Pasar Internasional

 

Cara promosi termudah lainnya adalah Anda menggunakan skala bisnis yang besar dahulu di Indonesia dan memberikan review para pembeli yang sudah pernah bertransaksi dengan Anda. Rekam jejak digital menjadi branding terbaik termasuk bisnis tanaman hias. Meski target pasar Anda adalah pembeli dari pasar internasional tapi tidak ada salahnya jika memulai dengan menawarkan ke pasar Indonesia terlebih dahulu sebagai tahapan awal.

 

Jasa Urus Dokumen Ekspor Tanaman Hias

Sebelumnya sudah sempat di bahas jika ingin langkah lebih efektif jalan pintasnya menggunakan jasa ekspor. Memang, menggunakan jasa akan memakan biaya lebih tinggi di bandingkan mengurus sendiri tapi sadarkah Anda jika menggunakan jasa bisa memberi banyak keuntungan, salah satunya keuntungan di bidang hemat waktu dan tenaga dalam seluruh prosesnya. Ini berlaku jika menggunakan jasa terbaik.

 

Di Indonesia salah satu jasa terbaik adalah Jangkar Global Groups, jasa ini berdiri dan memberikan banyak keuntungan khususnya bagi eksportir baru yang minim pengalaman. Jangkar Global Groups bisa jadi teman konsultasi Anda jika bingung bagaimana langkah mulai pengurusan dokumen dan  cara mendapatkan target pasar internasional. Jangan khawatir soal biaya karena Jangkar Groups memberikan biaya kompetitif di bandingkan jasa lainnya.

 

Jika tidak percaya dan takut jasa ini mengandung penipuan Anda bisa melakukan pelunasan pembayaran di akhir ketika ekspor tanaman hias izinnya sudah keluar. Tentu saja dengan keuntungan ini, jasa urus dokumen ekspor tanaman hias terbaik sudah pasti jatuh ke Jangkar Global Groups berpengalaman 10 tahun lebih menjadi bukti bahwa jasa ini konsisten memberi pelayanan dan tetap eksis hingga sekarang.