Export Arang Kayu

Memang sudah bukan sebuah rahasia lagi jika pada masa sekarang, ada beberapa barang yang dikirim ke luar negeri untuk ekspor. Misalnya saat ini sudah ada jenis produk seperti arang kayu yang memang bisa di jadikan sebagai salah satu komoditas yang utama. Hanya saja masih banyak yang bingung terkait export arang kayu.

 

Baca juga : jual beli kayu gaharu untuk export

 

export arang kayu adalah 

Sebelum memutuskan untuk memulai jenis ekspor seperti arang kayu ke beberapa wilayah di luar negeri, tentunya ada beberapa aturan khusus. Hal ini karena pemerintah Indonesia sejak awal telah melengkapi beberapa aturan yang di buat untuk mempermudah proses pengiriman komoditas sesuai keinginan. Namun sayangnya, informasi tersebut terkadang belum di ketahui oleh orang banyak.

Baca juga: jasa pengurusan legalisasi dokumen export di embassy terpercaya

 

 

Memutuskan untuk mengirimkan komoditas yang penting dan menguntungkan seperti arang kayu tidak dapat di lakukan secara sembarangan begitu saja oleh pengekspor. Apalagi untuk meningkatkan aspek keamanan ketika proses pengiriman tersebut di lakukan, ada beberapa berkas yang harus di penuhi terlebih dahulu sebelum mengirimkan. Ditambah lagi, beberapa berkas tersebut harus mempersiapkan dalam waktu lama.

 

Baca juga: jasa pengurusan legalisasi dokumen export di kadin indonesia untuk memperlancar aktivitas bisnis-anda

 

memulai jenis ekspor seperti arang kayu ke beberapa wilayah di luar negeri

 

izin export arang kayu 

Untuk mendapatkan izin dalam mengirimkan barang berupa arang kayu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing, perlu mendahului persiapan yang matang. Proses persiapan tersebut tentu saja melibatkan banyak hal mulai dari urusan terkait jumlah barang yang di kirimkan sampai pada berkas pendukungnya. Untuk informasi terkait seperti apa prosedurnya, simak penjelasan berikut ini:

Baca juga : pabrik briket arang super

 

Peluang Ekspor Arang Kayu ke Luar Negeri

Untuk memulai proses export arang kayu, sebaiknya setiap orang mendahulu dengan memikirkan seperti apa peluang yang di miliki oleh ekspor tersebut. Apalagi tidak dapat di mungkiri bahwa pada masa sekarang, tidak semua orang memutuskan untuk menjual barang tanpa memikirkan seperti apa peluangnya. Bahkan masih banyak yang meragukan barang ekspor untuk jangka panjang.

baca juga: jasa pengurusan legalisasi dokumen export di kementrian perdagangan tanpa ribet

 

  Budidaya Pala Komoditas Ekspor

Secara garis besar, memang ada beberapa bahan pertimbangan yang harus di miliki oleh masyarakat yang ingin mencoba proses export arang kayu. Hal ini dikarenakan jenis ekspor ini tetap harus menyesuaikan dengan wilayah yang menjadi tujuan dari pengiriman dari arang kayu tersebut. Ditambah lagi, tidak semua negara tentunya membutuhkan jenis barang tersebut.

Baca juga: jual beli dan export activated carbon

 

Peluang Ekspor Arang Kayu ke Luar Negeri

cara export arang kayu 

Sementara itu di sisi lain, sebenarnya ada beberapa wilayah di luar negeri yang sejak awal menganggap bahwa arang kayu penting. Apalagi ada beberapa aktivitas yang memang melibatkan produk tersebut sehingga untuk memilikinya pun menjadi hal yang harus di siapkan terlebih dahulu. Misalnya, ada negara seperti Kuwait yang sangat membutuhkan arang kayu.

Baca juga: jual beli export teripang sea cucumber

 

Kemudian secara lebih lanjut, keberadaan produk yang semakin penting seperti arang kayu tersebut menawarkan keuntungan yang besar bagi calon pengekspor. Hal ini karena jenis arang kayu ini bisa di manfaatkan dalam waktu yang berkepanjangan sehingga bisa menguntungkan bagi para pengusaha daging. Ditambah lagi, jenis arang ini konon dapat membantu pemanggangan daging.

Baca juga : jual beli dan export telur ikan manyung

 

 

arang kayu tersebut menawarkan keuntungan yang besar bagi calon pengekspor

 

proses Ekspor Arang Kayu 

Sementara itu di sisi lain, ada informasi yang lebih penting untuk di ketahui dan di pahami pula sejak awal oleh para pengirim ekspor. Selain itu, setiap orang yang sudah memiliki usaha terkait hal tersebut baik yang sudah berpengalaman maupun pemula perlu memahami prosedurnya. Ditambah lagi, jenis prosedur ini terkadang masih di remehkan begitu saja.

Baca juga: export cangkang sawit dan briket sawit

 

Untuk mendapatkan izin yang tepat dan memang sah terkait dengan ekspor arang kayu sesuai dengan keinginan, prosedur pengajuan harus di lakukan. Proses pengajuan izin terkait ekspor tersebut bahkan juga melibatkan beberapa berkas yang penting seperti surat pemberitahuan sesuai dengan format resmi. Selain itu, proses tersebut terkadang bisa di anggap sulit bagi pengekspor.

Bacajuga: export sedotan bambu jakarta

 

Apakah Ekspor Arang Kayu ke Luar Negeri itu Mudah

prosedur export arang kayu 

Secara sederhana, bisa di ketahui dan memahami sejak awal bahwa prosedur untuk melakukan jenis ekspor ini harus melakukan dengan sangat teliti. Jika para calon pengirim ekspor berupa arang kayu sudah mempraktikkan setiap langkah dengan tepat, maka nantinya izin mudah untuk di peroleh. Hanya saja, terkadang beberapa aturan bahkan bisa menyulitkan para pengekspor.

Baca juga: export cashew nuts

 

  Ekspor Kelapa Bulat Dari Indonesia

Kemudian secara lebih lanjut, prosedur untuk melakukan ekspor arang kayu ini bisa menjadi mudah untuk di lakukan asalkan mendahului persiapan matang. Namun sayangnya, proses persiapan yang matang tersebut hanya bisa mencapai ketika setiap calon pengekspor sudah mencari tahu informasinya sejak lama. Setelah itu, para calon pengekspor dapat mencicil persiapannya sejak lama.

Baca juga: legalisir dokumen export yaman

 

Prosedur Melakukan Ekspor Arang Kayu ke Luar Negeri

 

tahap export arang kayu 

Informasi yang berikutnya ini akan menjelaskan secara langsung mengenai seperti apa cara yang harus menempuh demi melancarkan export arang kayu. Apalagi tidak dapat di mungkiri bahwa saat ini masih banyak para calon pengekspor yang tidak memperhatikan berkas yang harus disetorkan nantinya. Simak uraian tentang prosedur untuk melakukan proses ekspor berikut ini:

Baca juga : arang super coconut shell charcoal briquette

1. Membuat Surat Pemberitahuan

Hal pertama yang harus dibuat oleh setiap orang yang ingin mencoba mengirim beberapa arang kayu ke luar negeri adalah surat. Jenis surat yang dimaksud di sini juga bukan merupakan surat sembarangan dan harus disesuaikan dengan format yang sudah ditentukan sebelumnya. Selain itu, surat pemberitahuan tersebut harus disetorkan pemohon sejak awal.

Baca juga: legalisir dokumen export

 

membuat surat pemberitahuan

 

2. Mendaftarkan Ekspor ke PEB

Cara yang berikutnya harus langsung dilakukan setelah membuat surat pemberitahuan di atas adalah dengan melakukan pendaftaran secara khusus ke PEB. Secara sederhana sebenarnya proses pendaftaran ekspor berupa arang kayu tersebut dapat dilakukan dengan mudah dengan memanfaatkan situs resmi yang ada. Selain itu, pendaftaran sebaiknya dilakukan dengan memeriksa informasi dengan teliti.

Baca juga: export decking merbau papua

 

3. Menyerahkan Berkas Persyaratan

Kemudian setiap orang yang ingin melakukan proses export arang kayu dapat segera melanjutkan dengan menyerahkan beberapa berkas persyaratan yang diminta. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang harus dipahami bahwa berkas persyaratan yang diminta biasanya bisa berbeda sesuai dengan situasi terkini. Selain itu, berkas tersebut juga berkaitan dengan identitas para pengekspor.

Baca juga: export sumpit ke jepang

 

melakukan pendaftaran secara khusus ke PEB

 

4. Melakukan Pembayaran Pajak

Sementara itu di sisi lain, ada juga jenis prosedur yang lainnya yang jangan sampai melewatkan begitu saja oleh para pemohon. Hal ini dikarenakan jenis prosedur ini secara sederhana dapat dimasukkan ke dalam kategori yang paling penting untuk dilakukan agar nantinya disetujui. Pastikan sudah menuliskan jumlah uang yang memang diminta untuk pajak.

Baca juga: supplier exportir sonokeling dan meranti

 

5. Menunggu Proses Pemeriksaan

Setelah menyelesaikan proses pembayaran untuk barang export arang kayu kayu tersebut, maka silakan melanjutkan dengan menunggu proses pemeriksaan terkait ekspor. Biasanya pihak bea cukai nantinya akan melakukan proses pemeriksaan yang teliti dan hati-hati terkait dengan barang yang diizinkan untuk dikirimkan. Apalagi saat ini sudah banyak kejahatan yang dikaitkan dengan ekspor.

Baca juga: bisnis ekspor tokek geyco hasil penangkaran

 

melakukan pembayaran pajak

 

  Apa Komoditas Ekspor Utama Indonesia?

dokumen export arang kayu 

Memutuskan untuk melakukan proses export arang kayu tentu saja bukan hal yang bisa di pratikkan secara sembarangan. Apalagi mengingat terdapat aspek-aspek yang perlu memperhatikan sejak awal seperti uraian di atas sehingga nantinya proses lebih mudah. Selain itu, ada beberapa berkas juga yang harus di penuhi pemohon.

Baca Juga : Promo Arang Halaban

 

Proses persiapan yang di lakukan untuk melakukan pengiriman barang berupa arang kayu ke luar negeri bisa di lakukan dengan membuat surat pemberitahuan. Setelah itu, ada juga beberapa prosedur yang harus mempraktikan pula oleh setiap pemohon sesuai dengan aturan yang ada. Jika merasa kesulitan, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada kami!

Baca juga : jual arang kayu halaban

 

Menunggu Proses Pemeriksaan

Proses export Arang Kayu :

  1. Buyer dan Suplier Membuat Kerjasama MOU termasuk Down Payment sebagai keseriusan.
  2. Suplier menyiapkan karung dan sablon karung jika ingin di cantumkan merk
  3. Untuk packing arang kayu ke kontainer membutuhkan waktu sekitar 3 hari kerja
  4. Membawa arang kayu yang sudah di masukan kedalam karung dengan berat 20 kilogram perkarung ke pelabuhan membutuhkan waktu 1 hari dan masuk ke kontainer T Mas, Meratus atau TANTO.
  5. Jika buyer ada di jakarta, maka kontainer dari pabrik ke jakarta membutuhkan waktu 5-7 hari kerja melalui laut.
  6. Kapal turun di tanjung priok dan siap di loading menggunakan truk ke gudang forwader
  7. Sesampai di gudang forwader, di bongkar dan di masukan ke kontainer export misalnya : MSC, Yangming, Hanjin dan lain-lain
  8. Kontainer export di bawa ke vessel di pelabuhan tanjung priok.
  9. Dokumen yang harus di siapkan adalah Bill Of Loading, Packing list, Invoice dan carsurin kemudian daftar Certificate Of Origin. Proses 3 hari kerja.
  10. Setelah COO jadi maka semua dokumen dikirim melalui DHL atau expedisi lainnya ke alamat buyer.

 

Inilah contoh certificate of analysis dari PT Carsurin

certificte of analysis carsurin

 

natural wood charcoal carsurin

 

result natural wood charcoal carsurin

 

temperature profile natural wood charcoal casurin

 

Jasa carsurin untuk export arang

 

Invoice ocean freight arang kayu dammam saudi

 

Bill Of Loading Hard Wood Charcoal

 

kayu alaban

 

Arang Kayu Halaban

 

kayu alaban foto

 

kayu alaban indonesia

 

harga Arang Kayu Halaban copy

Adi