Cpns 2023 Pakai SKCK

Jika Anda ingin mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2023, maka Anda harus memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). SKCK merupakan salah satu persyaratan penting untuk dapat mengikuti seleksi CPNS.

Apa itu SKCK?

SKCK adalah surat yang dikeluarkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang memuat informasi tentang catatan kepolisian seseorang. SKCK ini dibutuhkan sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan, termasuk melamar sebagai CPNS.

SKCK berisi informasi tentang apakah seseorang pernah terlibat dalam tindak kriminal atau tidak. Jika seseorang pernah melakukan tindak kriminal, maka catatan tersebut akan tercantum dalam SKCK.

SKCK ini dikeluarkan oleh Polri dan dapat diperoleh di kantor kepolisian terdekat dengan membawa sejumlah dokumen seperti KTP, KK, dan surat keterangan dari desa atau kelurahan setempat.

Persyaratan SKCK untuk CPNS 2023

Bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai CPNS pada tahun 2023, Anda harus memenuhi persyaratan SKCK yang telah ditetapkan oleh pihak Polri. Persyaratan tersebut antara lain:

  1. Warga negara Indonesia;
  2. Mengisi formulir permohonan SKCK;
  3. Membawa KTP asli dan fotokopi yang masih berlaku;
  4. Membawa Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi;
  5. Menyertakan surat keterangan dari desa atau kelurahan setempat;
  6. Tidak memiliki catatan kriminal.
  Legalisir SKCK Untuk Apa

Jika Anda tidak memenuhi salah satu dari persyaratan di atas, maka Anda tidak dapat memperoleh SKCK dan tidak dapat mendaftar sebagai CPNS pada tahun 2023.

Bagaimana Cara Mengajukan SKCK untuk CPNS 2023?

Untuk mengajukan SKCK untuk CPNS 2023, Anda harus mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Datang ke kantor polisi terdekat;
  2. Mengambil formulir permohonan SKCK;
  3. Mengisi formulir permohonan SKCK dengan lengkap dan jujur;
  4. Melampirkan dokumen pendukung seperti KTP, KK, dan surat keterangan dari desa atau kelurahan setempat;
  5. Menyerahkan formulir permohonan SKCK dan dokumen pendukung ke petugas kepolisian;
  6. Menunggu proses penerbitan SKCK.

Proses penerbitan SKCK biasanya memakan waktu selama beberapa hari. Setelah SKCK selesai diterbitkan, Anda dapat mengambilnya di kantor polisi terdekat yang telah Anda kunjungi sebelumnya.

Kenapa SKCK Dibutuhkan untuk Mendaftar sebagai CPNS?

SKCK dibutuhkan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar sebagai CPNS. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan, antara lain:

  1. Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan lingkungan kerja;
  2. Untuk memastikan bahwa CPNS yang diterima memiliki integritas yang baik;
  3. Untuk menjaga citra dan reputasi institusi pemerintah.
  Lokasi Pembuatan SKCK

Dengan memenuhi persyaratan SKCK, maka Anda membuktikan bahwa Anda adalah seorang yang jujur dan terpercaya. Hal ini sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan kerja di institusi pemerintah.

Kesimpulan

SKCK merupakan salah satu persyaratan penting untuk dapat mendaftar sebagai CPNS pada tahun 2023. SKCK ini dikeluarkan oleh Polri dan memuat informasi tentang catatan kepolisian seseorang. Persyaratan SKCK untuk CPNS 2023 antara lain adalah warga negara Indonesia, tidak memiliki catatan kriminal, dan menyertakan dokumen pendukung seperti KTP, KK, dan surat keterangan dari desa atau kelurahan setempat.

Untuk mengajukan SKCK untuk CPNS 2023, Anda harus mengikuti beberapa langkah seperti datang ke kantor polisi terdekat dan melampirkan dokumen pendukung. Setelah SKCK selesai diterbitkan, Anda dapat mengambilnya di kantor polisi terdekat yang telah Anda kunjungi sebelumnya.

Memenuhi persyaratan SKCK sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan kerja di institusi pemerintah. Oleh karena itu, pastikan Anda memenuhi persyaratan tersebut agar dapat mendaftar sebagai CPNS pada tahun 2023.

  Syarat Membuat SKCK Ke Luar Negeri
admin