Contoh Surat Keterangan SKCK Dari Desa

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang sering disingkat SKCK adalah dokumen yang diterbitkan oleh kepolisian untuk memberikan informasi terkait dengan catatan kepolisian seseorang. SKCK sendiri dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan, mengurus visa, dan lain sebagainya.

Bagi warga desa yang ingin membuat SKCK, biasanya akan dilakukan di kantor desa terdekat. Berikut ini adalah contoh surat keterangan SKCK dari desa:

Persyaratan Membuat SKCK di Desa

Sebelum membuat SKCK di desa, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Fotokopi KTP
  • Pas foto berwarna terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
  • Surat pengantar dari RT/RW setempat

Setelah persyaratan tersebut terpenuhi, maka calon pemohon dapat mengajukan permohonan pembuatan SKCK di kantor desa terdekat.

Proses Pembuatan SKCK di Desa

Setelah mengajukan permohonan pembuatan SKCK, maka proses selanjutnya adalah sebagai berikut:

  1. Pemohon akan diminta untuk mengisi formulir permohonan SKCK
  2. Pemohon akan diminta untuk membayar biaya administrasi pembuatan SKCK
  3. Pemohon akan diberikan jadwal untuk melakukan sidak ke kantor kepolisian terdekat
  4. Setelah melakukan sidak, pemohon dapat mengambil SKCK di kantor desa dengan menunjukkan kwitansi pembayaran dan fotokopi KTP
  Membuat SKCK di Jakarta

Proses pembuatan SKCK di desa biasanya memakan waktu sekitar 1 minggu.

Keuntungan Membuat SKCK di Desa

Terdapat beberapa keuntungan jika membuat SKCK di desa, antara lain:

  • Lebih dekat dengan tempat tinggal sehingga lebih mudah untuk dijangkau
  • Proses pembuatan yang lebih mudah dan cepat
  • Biaya administrasi yang lebih murah dibandingkan dengan membuat SKCK di kantor polisi

Kesimpulan

Jadi, jika Anda membutuhkan SKCK untuk keperluan tertentu, maka Anda dapat mengajukan permohonan pembuatan SKCK di kantor desa terdekat. Pastikan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dan siapkan biaya administrasi yang diperlukan. Dengan membuat SKCK di desa, Anda dapat menghemat waktu dan biaya, serta mendapatkan pelayanan yang lebih mudah dan cepat.

admin