CARA MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH

Adi

Updated on:

CARA SANGAT LENGKAP MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH SERTA BIAYANYA
Direktur Utama Jangkar Goups

Cara mengurus sertifikat rumah dan tanah – Bila Anda sudah mempunyai hak atas tanah serta bangunan, Anda pun harus mempunyai sertifikat jadi bukti autentik. Menurut PP No. 24 Tahun 1997 mengenai Pendaftaran Tanah, sertifikat adalah surat sinyal bukti hak atas tanah serta bangunan. Sertifikat sendiri dikeluarkan oleh Tubuh Pertanahan Nasional (BPN) melalui kantor pertanahan semasing daerah.

 

Umumnya, sertifikat diciptakan dua rangkap: satu rangkap disimpan di kantor BPN jadi buku tanah, serta satu rangkap digenggam satu orang jadi sinyal bukti pemilikan atas tanah serta bangunan. Arsip buku tanah tertera data detil tentang tanah, meliputi data fisik atau data yuridis, misalnya luas, batas-batas, basic pemilikan, serta data pemilik.

 

SERTIFIKAT TANAH, CARA MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH

CARA MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH

Selain itu, data fisik tanah dalam Surat Ukur yang terlampir dalam sertifikat cuma berbentuk ukuran luas serta tidak menyertakan ukuran yang lain dengan detil. Diluar itu, data bangunan pun tidak tercantum dalam sertifikat. Info yang tertera cuma tercantum bila di atas tanah itu ada bangunan.

 

Sertifikat tanah terbagi dalam beberapa macam, diantaranya sertifikat Hak Untuk Usaha (HGU), Hak Untuk Bangunan (HGB), serta Sertifikat Hak Punya (SHM). Mengenai, untuk SHM cuma ditujukan untuk masyarakat Negara Indonesia. Sesaat HGU serta HGB dibolehkan dipunyai oleh masyarakat asing, tetapi dalam periode waktu tersendiri.

 

Membuat Sertifikat Tanah dalam CARA MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH

Membuat sertifikat tanah sebetulnya ialah masalah gampang, tetapi memang cukup memerlukan waktu. Karena itu, Anda harus bersabar. Bila dapat, dalam mengatur sertifikat tanah dikerjakan sendiri oleh pemilik tanah. Hal itu semestinya lebih ekonomis atau mendesak ongkos pengeluaran. Mengenai beberapa langkah yang dibutuhkan untuk bikin sertifikat tanah, diantaranya:

  TATA CARA PENDAFTARAN TANAH WAKAF

 

  1. Menyiapakan Dokumen

Anda harus mempersiapkan serta menyertakan dokumen-dokumen sebagai ketentuan. Tentu saja, ketentuan ini butuh sesuai dengan asal hak tanah. Mengenai, syarat-syaratnya meliputi:

 

Membuat Sertifikat Tanah, CARA MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH

  1. Sertifikat Asli Hak Untuk Bangunan (SHGB);
  2. Foto copy Izin Membangun Bangunan (IMB);
  3. Jati diri diri berbentuk Kartu Sinyal Masyarakat (KTP) serta Kartu Keluarga (KK);
  4. SPPT PBB; serta
  5. Surat pengakuan pemilikan tempat.

 

Diluar itu, mungkin Anda mungkin berkemauan membuat sertifikat tanah atau girik. Sertifikat ini datang dari tanah yang datang dari warisan atau turun-temurun dari kakek nenek yang mungkin belum disahkan dalam sertifikat. Karena itu, Anda dapat membikinkan sertifikat dengan menyertakan:

 

  1. Akta jual beli tanah;
  2. Foto copy KTP serta KK;
  3. Foto copy girik yang dipunyai;
  4. Dokumen dari kelurahan atau desa, seperti Surat Info Tidak Perselisihan, Surat Info Kisah Tanah, serta Surat Info Tanah dengan Sporadik.
  5. Berkunjung ke Kantor BPN

 

Anda butuh sesuaikan tempat BPN sesuai daerah tanah ada. Di BPN, belilah formulir pendaftaran. Anda akan memperoleh map dengan warna biru serta kuning. Bikinlah janji dengan petugas untuk mengukur tanah.

 

Hak atas tanah, CARA MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH

Penerbitan Sertifikat Tanah Hak Milik dalam CARA MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH

Sesudah pengukuran tanah, Anda akan memperoleh data Surat Ukur Tanah. Serahkanlah untuk lengkapi dokumen yang sudah ada. Kemudian, Anda perlu bersabar menanti dikeluarkannya surat ketetapan. Anda akan ditanggung BEA Pencapaian Hak Atas Tanah (BPHTB) sambil menanti sertifikat tanah Anda keluar. Lama waktu penerbitan ini kira-kira 1/2 sampai setahun lamanya.

 

Terkadang, Anda butuh pastikan pada petugas BPN kapan sertifikat tanah Anda jadi serta bisa diambil. Tidak hanya BPN, Anda bisa membuat sertifikat lewat PPAT, tetapi mungkin saja harga untuk mengurusnya dapat berlipat ganda. Diluar itu, usahakan supaya Anda mengerjakannya sendiri serta tidak memakai langkah yang menyangsikan, bahkan juga calo.

 

Mengatur Sertifikat Tanah Girik dalam CARA MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH

  Apa Itu Hukum Acara Perdata dan Apa Itu Alat Bukti ?

Tanah warisan atau yang biasa diketahui dengan arti tanah girik adalah satu diantara asset yang butuh untuk dilindungi. Karena itu, semua tanah yang belum sertifikat, seperti tanah girik butuh didaftarkan alterasi haknya ke kantor pertanahan di tempat. Hal itu di tata dalam UU No. 5 Tahun 1960 atau Undang-undang Inti Agraria (UUPA).

Mengenai CARA MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH hak-hak yang ada pada UUPA itu meliputi Hak Punya, Hak Untuk Bangunan, Hak Gunakan, Hak Untuk Usaha, dan sebagainya. Type tanah yang lain yang belum bersertifikat, di antaranya ketitir, petok D, rincik, ketitir, Verponding Indonesia, Eigendom Verponding, erfpacht, opstaal, vruchtgebruik.

 

hak-hak yang ada pada UUPA, CARA MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH

Akan tetapi, sebab minimnya info yang di dapat warga, hingga tanah-tanah itu masih ada-ada saja yang belum mempunyai sertifikat. Untuk mengatur tanah girik, ada dua tingkatan yang butuh di tempuh, yakni step pengurusan di kantor kelurahan serta kantor pertanahan.

 

Mengatur di Kelurahan Di tempat dalam CARA MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH

Ada banyak hal yang butuh Anda tahu untuk lewat tingkatan pengurusan sertifikat untuk tanah girik. Mengenai beberapa hal yang butuh di lihat, di antaranya:

 

 

1. Surat Info Tidak Perselisihan, Anda butuh pastikan jika tanah yang di urus bukan tanah perselisihan. Ini mengacu pada pemohon pemilik yang resmi. Jadi faktanya, dalam surat info tidak perselisihan butuh memberikan tanda-tangan saksi-saksi yang bisa di akui. Saksi-saksi itu ialah petinggi Rukun Tetangga (RT) serta Rukun Masyarakat (RW) di tempat.

Hal itu sebab mereka ialah golongan tokoh warga yang tahu riwayat perebutan tanah yang di mohonkan. Tetapi, bila satu tempat tidak ada RT serta RW seperti banyak daerah, saksi dapat di peroleh dari tokoh tradisi di tempat.

 

2. Surat Info Kisah Tanah , Selanjutnya, Anda butuh membuat Surat Info Kisah Tanah. Manfaatnya, untuk menjelaskan dengan tercatat kisah perebutan tanah semula pendataan di kelurahan s/d perebutan saat ini. Terhitung juga di dalamnya proses pengalihan berbentuk pengalihan beberapa atau keseluruhnya. Umumnya, tanah girik awalannya benar-benar luas selanjutnya di jual atau di arahkan beberapa.

 

3. Surat Info Perebutan Tanah Dengan Sporadik

Perebutan Tanah Dengan Sporadik, CARA MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH

Surat Info Perebutan Tanah Dengan Sporadik ini memberikan tanggal pencapaian atau perebutan tanah.

  APAKAH BOLEH RUMAH SAKIT MENOLAK SEORANG PASIEN YANG MEMBUTUHKAN

Mengatur di Kantor Pertanahan dalam CARA MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH

Selanjutnya, Sesudah mengatur dokumen di kelurahan di tempat, Anda bisa menlanjutkan ke kantor pertanahan. Mengenai, tahapannya seperti berikut:

 

1. Ajukan Permintaan Sertifikat dalam CARA MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH

Jadi, Triknya dengan menyertakan dokumen-dokumen yang di urus di kelurahan, serta di perlengkapi dengan ketentuan resmi, yakni foto copy KTP serta KK pemohon, foto copy PBB tahun berjalan, serta dokumen-dokumen lain yang di isyaratkan oleh undang-undang.

 

2. Pengukuran ke Tempat

Oleh karena itu, Pengukuran ini di kerjakan sesudah berkas permintaan komplet serta pemohon terima sinyal terima dokumen dari kantor pertanahan. Namun, Pengukuran di kerjakan oleh petugas dengan di perlihatkan batas-batas oleh pemohon atau kuasanya.

 

3. Pengesahan Surat Ukur dalam CARA MENGURUS SERTIFIKAT RUMAH DAN TANAH

Jadi, Hasil pengukuran di tempat akan di ciptakan serta di petakan di BPN serta Surat Ukur di sahkan atau tandatangani oleh petinggi yang berkuasa, biasanya ialah kepala seksi pengukuran serta pemetaan.

 

4. Riset oleh Petugas Panitia A

Jadi, Sesudah Surat Ukur di tandatangani di teruskan dengan proses Panitia A yang di kerjakan di Sub Seksi Pemberian Hak Tanah. Namun, Anggota Panitia A terbagi dalam petugas dari BPN serta lurah di tempat.

 

5. Pengumuman Data Yuridis di Kelurahan serta BPN

Jadi, Data yuridis permintaan hak tanah itu di publikasikan di kantor kelurahan serta BPN sepanjang enam puluh hari. Ini mempunyai tujuan agar penuhi masalah 26 PP No. 24 Tahun 1997. Namun, Dalam praktiknya, mempunyai tujuan untuk jamin jika permintaan hak tanah ini tidak ada keberatan dari faksi lain.

 

Pengacara Pertanahan

6. Terbitnya SK Hak Atas Tanah

Jadi, Sesudah periode waktu pengumuman tercukupi, di teruskan dengan penerbitan SK hak atas tanah. Namun, Tanah dengan basic girik ini akan langsung keluar berbentuk Sertifikat Hak Punya (SHM).

 

7. Pembayaran Bea Pencapaian Hak atas Tanah (BPHTB)

Jadi, BPHTB di bayarkan sesuai luas tanah yang di mohonkan seperti yang tertera dalam Surat Ukur. Namun, Besarnya BPHTB bergantung dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) serta luas tanah. Namun, BPHTB ini dapat juga di bayarkan saat Surat Ukur usai, yakni saat luas tanah yang di mohon telah di dapati dengan tentu.

 

8. Pendaftaran SK Hak untuk diedarkan sertifikat

Jadi, SK Hak selanjutnya di teruskan prosedurnya dengan penerbitan sertifikat pada subseksi Pendaftaran Hak serta Info (PHI).

 

9. Pemungutan Sertifikat

Jadi, Pemungutan sertifikat di kerjakan di loket pemungutan. Namun, Lamanya waktu pengurusan sertifikat ini tidak bisa di yakinkan. Banyak unsur yang memastikan. Namun, kurang lebih bisa di ambil seputar 6 bulan dengan catatan jika tidak ada kriteria yang kurang.

 

10. Besarnya Ongkos Pengurusan Sertifikat dari Tanah Girik

Jadim Ongkos benar-benar relatif khususnya bergantung pada tempat serta luasnya tanah. Namun, Makin luas tempat serta makin strategis tempatnya, ongkos akan makin tinggi.

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor