Cara Ekspor Tidak Langsung: Panduan Lengkap

Adi

Updated on:

Direktur Utama Jangkar Goups

Ekspor adalah salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan bagi para pengusaha di Indonesia. Namun, tidak semua pengusaha memiliki kemampuan untuk melakukan ekspor langsung. Oleh karena itu, ada alternatif lain yaitu dengan menggunakan cara ekspor tidak langsung.

Apa Itu Cara Ekspor Tidak Langsung?

Cara ekspor tidak langsung adalah salah satu cara untuk melakukan ekspor barang hasil produksi ke negara lain tanpa melibatkan pengusaha sebagai eksportir langsung. Pada umumnya, cara ini di lakukan dengan melibatkan perusahaan jasa eksportir atau perusahaan trading yang bertindak sebagai penghubung antara produsen barang dengan importir di negara tujuan.

Cara ekspor tidak langsung ini dapat di lakukan oleh semua pengusaha di Indonesia, baik itu pengusaha kecil, menengah maupun besar. Dalam melakukan cara ini, pengusaha hanya perlu mengirimkan barang hasil produksi ke perusahaan jasa eksportir atau perusahaan trading yang telah di tunjuk sebagai pihak yang akan melakukan ekspor.

Keuntungan Cara Ekspor Tidak Langsung

Ada beberapa keuntungan yang dapat didapatkan oleh pengusaha dalam menggunakan cara ekspor tidak langsung, di antaranya:

    1. Lebih mudah dan praktis

Dalam melakukan ekspor tidak langsung, pengusaha tidak perlu khawatir dengan pemenuhan syarat dan ketentuan yang rumit untuk melakukan ekspor. Semua hal tersebut akan di tangani oleh perusahaan jasa eksportir atau perusahaan trading yang bekerja sama dengan pengusaha.

    1. Mengurangi resiko barang tidak di terima
  Ekspor Indonesia Ke Norwegia

Perusahaan jasa eksportir atau perusahaan trading yang bertindak sebagai penghubung antara produsen barang dan importir di negara tujuan, akan bertanggung jawab atas keamanan barang yang akan di kirimkan. Hal ini tentunya akan mengurangi resiko barang tidak di terima oleh importir di negara tujuan.

    1. Memperluas jangkauan pasar

Dengan menggunakan cara ekspor tidak langsung, pengusaha dapat memperluas jangkauan pasar ke negara lain dengan lebih mudah dan praktis. Pengusaha tidak perlu repot-repot untuk mencari importir di negara tujuan, karena semua hal tersebut akan ditangani oleh perusahaan jasa eksportir atau perusahaan trading yang bekerja sama dengan pengusaha.

    1. Meningkatkan daya saing

Dengan memperluas jangkauan pasar ke negara lain, pengusaha akan memiliki daya saing yang lebih tinggi dengan pengusaha lain di dalam negeri. Hal ini akan memberikan peluang yang lebih besar untuk meningkatkan pendapatan dan memperluas usaha.

Prosedur Cara Ekspor Tidak Langsung

Prosedur cara ekspor tidak langsung ini terdiri dari beberapa tahapan, di antaranya:

    1. Persiapan dokumen

Persiapan dokumen adalah tahap awal dalam melakukan cara ekspor tidak langsung. Pengusaha harus menyediakan dokumen yang di perlukan seperti Invoice, Packing List, dan Bill of Lading.

    1. Penunjukan perusahaan jasa eksportir atau perusahaan trading

Setelah dokumen persiapan selesai, pengusaha harus menunjuk perusahaan jasa eksportir atau perusahaan trading yang akan bertindak sebagai penghubung antara produsen barang dengan importir di negara tujuan.

    1. Pengiriman barang ke perusahaan jasa eksportir atau perusahaan trading
  Tujuan Ekspor Tembakau

Setelah menunjuk perusahaan jasa eksportir atau perusahaan trading, pengusaha harus mengirimkan barang hasil produksi ke perusahaan tersebut. Perusahaan jasa eksportir atau perusahaan trading akan melakukan pengemasan dan pengiriman barang ke negara tujuan.

    1. Pembayaran

Pembayaran akan dilakukan setelah barang berhasil di kirimkan ke importir di negara tujuan. Perusahaan jasa eksportir atau perusahaan trading akan membayar pengusaha sesuai dengan harga yang telah disepakati sebelumnya.

Dokumen yang Diperlukan untuk Cara Ekspor Tidak Langsung

Ada beberapa dokumen yang diperlukan dalam melakukan cara ekspor tidak langsung, di antaranya:

    1. Invoice

Invoice adalah dokumen yang berisi informasi tentang barang yang akan di kirimkan, jumlah barang, harga, dan informasi lain yang berkaitan dengan transaksi.

    1. Packing List

Packing List adalah dokumen yang berisi informasi tentang barang yang akan di kirimkan, jumlah barang, jenis kemasan, dan berat kemasan.

    1. Bill of Lading

Bill of Lading adalah dokumen yang berisi informasi tentang pengiriman barang, termasuk nama pengirim, nama penerima, alamat penerima, jenis barang, jumlah barang, dan berat barang. Kantor Bisa Ekspor: Peluang Bisnis di Era Globalisasi

    1. Sertifikat Kesehatan

Sertifikat Kesehatan di perlukan untuk produk yang berhubungan dengan kesehatan manusia atau hewan, seperti makanan, obat-obatan, atau produk kesehatan lainnya.

    1. Sertifikat Asal

Sertifikat Asal di perlukan untuk produk yang bersifat asli dari negara pengirim, seperti produk kerajinan tangan atau produk hasil pertanian.

  Data Impor Ekspor BPS

Cara Ekspor Tidak Langsung Jangkar Groups

Cara ekspor tidak langsung adalah salah satu cara yang dapat di lakukan oleh pengusaha di Indonesia untuk meningkatkan pendapatan dan memperluas jangkauan pasar ke negara lain. Dalam melakukan cara ini, pengusaha hanya perlu mengirimkan barang hasil produksi ke perusahaan jasa eksportir atau perusahaan trading yang bertindak sebagai penghubung antara produsen barang dengan importir di negara tujuan. Dengan menggunakan cara ekspor tidak langsung, pengusaha dapat memperoleh keuntungan yang lebih mudah dan praktis, mengurangi resiko barang tidak di terima, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan daya saing. Oleh karena itu, para pengusaha di Indonesia di harapkan dapat memanfaatkan cara ekspor tidak langsung ini untuk memperluas bisnis dan meningkatkan pendapatan.

Bagaimana caranya?

Cara kirim bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda . Bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi Jasa Penerjemah dan Legalisasi Dokumen yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Selanjutnya, Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Selanjutnya, Terhindar dari unsur penipuan di karenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Kemudian, Uang akan di kembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor