Bikin SKCK Kemana – Panduan Lengkap

Bikin SKCK Kemana – Panduan Lengkap

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) merupakan dokumen penting yang dibutuhkan dalam berbagai kepentingan seperti melamar pekerjaan, mengurus visa, dan lain sebagainya. Namun, banyak yang masih bingung tentang bagaimana cara membuat SKCK ini. Berikut adalah panduan lengkap untuk membuat SKCK.

Prosedur Membuat SKCK

Ada beberapa prosedur yang harus diikuti dalam membuat SKCK. Pertama-tama, Anda harus mengumpulkan persyaratan yang diperlukan. Persyaratan ini bervariasi tergantung pada kecamatan atau kota di mana Anda membuat SKCK. Biasanya, persyaratan yang umum diperlukan adalah:

  • KTP asli dan fotokopi
  • Surat pengantar dari instansi yang membutuhkan SKCK
  • Pas foto terbaru dengan ukuran tertentu
  • Bukti pembayaran biaya pembuatan SKCK

Setelah Anda mengumpulkan persyaratan tersebut, kunjungi kantor kepolisian terdekat dan minta formulir permohonan SKCK. Isi formulir tersebut sesuai dengan data yang diminta. Pastikan data yang Anda isi benar dan sesuai dengan KTP Anda.

  Pelayanan SKCK: Pentingnya Mendapatkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Setelah mengisi formulir, serahkan formulir tersebut beserta persyaratan yang diperlukan ke petugas kepolisian yang bertugas. Petugas akan memeriksa kelengkapan persyaratan dan meminta Anda untuk melakukan sidik jari. Setelah itu, Anda akan diberikan bukti pengambilan SKCK dan diminta untuk datang kembali dalam waktu yang telah ditentukan untuk mengambil SKCK.

Persyaratan Membuat SKCK

Sebelum membuat SKCK, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan ini berbeda-beda tergantung pada kecamatan atau kota di mana Anda membuat SKCK. Berikut adalah persyaratan umum untuk membuat SKCK:

  1. Memiliki KTP asli dan fotokopi
  2. Memiliki surat pengantar dari instansi yang membutuhkan SKCK
  3. Memiliki pas foto terbaru dengan ukuran tertentu
  4. Membayar biaya pembuatan SKCK

Perlu diingat bahwa biaya pembuatan SKCK berbeda-beda tergantung pada kecamatan atau kota di mana Anda membuat SKCK. Pastikan untuk menanyakan biaya pembuatan SKCK sebelum Anda melakukan proses pembuatan SKCK.

Tempat Membuat SKCK

SKCK dapat dibuat di kantor kepolisian terdekat. Namun, ada juga beberapa kecamatan atau kota yang memiliki kantor polisi khusus yang dapat melayani pembuatan SKCK.

  Contoh SKCK Untuk Daftar TNI

Untuk menemukan kantor kepolisian terdekat yang melayani pembuatan SKCK, Anda dapat mencari informasi di internet atau bertanya kepada tetangga atau keluarga yang pernah membuat SKCK sebelumnya. Pastikan untuk mencari informasi yang akurat dan terbaru agar Anda tidak salah alamat.

Waktu Pembuatan SKCK

Waktu pembuatan SKCK dapat bervariasi tergantung pada kecamatan atau kota di mana Anda membuat SKCK. Namun, biasanya waktu pembuatan SKCK adalah 1-2 minggu setelah Anda mengajukan permohonan pembuatan SKCK.

Jika Anda membutuhkan SKCK dengan segera, Anda dapat meminta petugas kepolisian untuk mempercepat proses pembuatan SKCK. Namun, biasanya petugas kepolisian hanya akan mempercepat proses pembuatan SKCK jika Anda memiliki alasan yang kuat dan mendesak.

Kesimpulan

SKCK adalah dokumen penting yang dibutuhkan dalam berbagai kepentingan. Untuk membuat SKCK, Anda harus mengumpulkan persyaratan yang diperlukan, mengisi formulir permohonan, dan melakukan sidik jari. Pastikan untuk memenuhi persyaratan yang diperlukan dan datang ke kantor kepolisian yang tepat untuk membuat SKCK. Semoga panduan ini dapat membantu Anda dalam membuat SKCK.

  Kartu Kuning Dan SKCK

admin