Biaya Sidang Ganti Nama di Pengadilan Negeri

Biaya Sidang Ganti Nama – Ganti nama juga memiliki biaya sidang ganti nama di Pengadilan Negeri yang harus Anda keluarkan. Seperti menjadi informasi penting jika kita membahas tentang hal ini, di mana biaya sidang ganti nama harus di sediakan, juga ada prosedur tersendiri yang harus Anda jalani, untuk hal ini kira-kira kisaran berapa ya?

Sidang untuk ganti nama ada proses yang panjang, meskipun nanti sidangnya tidak sampai dalam durasi 1 bulan, kecuali bagi Anda yang pengajuan ganti nama di pengadilan agak sulit, tentu saja menghabiskan waktu yang lama. Sidang, mengganti nama, jika alasannya tepat, akan di permudah, jadi coba Anda cari alasan yang pas.

Biaya Sidang Ganti Nama di Pengadilan Negeri, Yuk Ketahui

Mengganti nama yang sudah terlanjur di sahkan dan di gunakan untuk data diri di KTP atau kartu identitas, ternyata masih bisa loh, asalkan Anda mengikuti prosedur yang sudah di arahkan oleh pemerintah.

Bagi Anda yang penasaran, dan membutuhkan informasi hal ini. Artikel kali ini akan membahas tentang berapa sih biaya sidang untuk mengganti nama itu? Lalu apa saja prosedurnya? Simak ya!

Bagaimana Prosedur Biaya Sidang Ganti Nama ke Pengadilan?

Ada proses atau prosedur yang harus Anda lewati saat ingin mengganti nama seseorang, baik itu keluarga, anak Anda atau bahkan nama Anda sendiri. Di antaranya menyerahkan berkas yang sesuai dengan persyaratan yang telah di berikan. Berkasnya apa saja? Yang pasti untuk proses ganti nama ini, berarti Anda harus melakukan sidang di pengadilan, ganti nama KTP, Akte dan juga KK.

  PENIPU YANG TERTIPU

Bagaimana Prosedur Penggantian Nama ke Pengadilan

Tidak hanya melengkapi persyaratan, Anda juga harus memilih nama yang tidak terlalu panjang agar pengajuannya di permudah, serta memberikan alasan yang tepat mengapa nama di ubah.

Hal ini mencontoh beberapa kasus penggantian nama yang sebelumnya telah menghebohkan warga Indonesia. Di antaranya, ada orang yang menggunakan nama Tuhan, tentu jadi kontroversial di mata netizen.

Contoh kasus Penggantian Nama

Begitu juga dengan orang yang memiliki nama terlalu panjang, tentu saja pihak pengadilan akan senang mengurus berkas orang yang punya nama panjang sekali untuk berganti nama. Antara lain dengan alasan karena akan mempersulit pemilik nama untuk melakukan segala administrasi yang berhubungan dengan pemerintah.

Meskipun tidak dapat di pungkiri, sekarang ini nama panjang untuk generasi muda yang baru terlahirkan, menjadi tren yang baru. Nama yang terlalu panjang, atau dapat di katakan panjang sekali, sangat tidak di sarankan. Nah, bagi Anda yang ingin mengajukan pengubahan nama dengan alasan nama terlalu panjang, tentu saja di perbolehkan.

Seperti contoh kasus yang ada di Tuban Jawa Timur, yang pernah viral, lalu Bagaimana prosedur yang harus Anda lewati saat ingin melakukan penggantian nama? Menyiapkan berkas saat hendak mengganti nama, sangat penting sekali, tapi apa saja? Mari kita bahas secara detail, bahkan nanti Anda akan mengetahui berapa biaya yang harus di keluarkan.

Berkas yang Diperlukan Untuk Penggantian Nama

Siapkan berkas lengkap, yaitu surat mohon atau pengajuan permohonan yang lengkap bertandatangan di atas materai 6000, fotocopy akte lahir anak atau orang yang akan di ganti namanya, fotocopy surat keterangan lahir yang mengajukan permohonan. Lalu, siapkan juga fotocopy KTP, jika pemohon sudah berumur dewasa atau usia sudah di atas 17 tahun.

  IDUL FITRI 1435 H

Oh iya jangan lupa pula sediakan fotocopy akte buku nikah orang tua, dan fotocopy kartu keluarga dengan nama Anda sebagai salah satu anggotanya. Tidak hanya itu, Anda juga membutuhkan surat pengajuan izin ke kelurahan atau RT setempat untuk mengajukan permohonan penggantian nama. Berkas lengkap di atas, di jadikan satu dan di serahkan ke pihak pengadilan agar bisa segera di proses.

Berapa Biaya Sidang Ganti Nama yang Harus Anda Keluarkan

Jangan lupa pula, sediakan saksi untuk diajukan ke pengadilan. Mereka akan di tanyai beberapa pertanyaan yang bisa meyakinkan hakim dalam mengambil keputusan, menerima pengajuan ganti nama yang Anda lalukan, jadi siapkan para saksi dan berikan arahan pertanyaan yang biasa pihak pengadilan berikan.

Tapi bagi Anda yang sedang di jadikan saksi terkait dengan ganti nama, tidak usah khawatir, karena pertanyaan-pertanyaan yang di berikan sangat mudah. Misalnya, apakah Anda mengenal seorang yang mengajukan ganti nama tersebut? di mana rumah orang yang sedang ingin mengajukan ganti nama? Dan lain sebagainya.

Selain prosedur yang harus Anda jalani, jangan lupa pula menyediakan biaya sidang ganti nama di pengadilan negeri. Untuk terkait hal ini, Anda bisa baca informasi selengkapnya yang ada di bagian bawah. Pembahasan biaya yang akan di habiskan lengkap, tidak hanya sidang ganti nama saja, tetapi biaya ganti nama di KTP, KK dan Akte.

Berapa Biaya Sidang Ganti Nama yang Harus Anda Keluarkan?

Setelah kita runut, tentang Bagaimana proses sidang ganti nama, hal yang penting yang harus kita perhatikan adalah terkait berapa sih biaya sidang ganti nama itu? Tidak usah lama-lama, langsung saja kita bahas pada pembahasan di bawah ini. Simak dengan seksama ya, agar informasinya bisa Anda gunakan untuk bekal nantinya ketika ingin memroses ganti nama:

  Cara Menyekolahkan Anak di Luar Negeri

Biaya Sidang Ganti Nama di Pengadilan

Selama di pengadilan, Anda membutuhkan bantuan hakim, dan mendatangkan saksi serta lain sebagainya. Tentu saja untuk hal itu membutuhkan kepengurusan yang lebih detail dan waktu, sehingga total biaya selama di pengadilan berkisar 250 ribu rupiah. Semua yang berurusan dengan berkas di pengadilan, akan di urus tuntas.

Biaya Proses Ganti Nama di Pengadilan

Biaya Sidang Ganti Nama di Akte Kelahiran

Kabar gembira, ada peraturan baru terkait pengurusan berkas nama di Dukcapil, semua administrasi terkait penggantian nama di Dukcapil tidak di pungut biaya. Kecuali, Anda menggunakan jasa orang lain.

Jadi, selama itu Anda atau keluarga Anda sendiri yang mengurus, tidak di kenakan biaya ya, Sedangkan jika menggunakan jasa orang lain, hanya untuk mengganti jasa bolak-balik atau ongkos di perjalanan.

Biaya Sidang Ganti Nama di Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga

Setelah Akte si kecil atau siapapun yang mengganti namanya. Langsung urus juga terkait nama yang sudah berubah di KTP dan juga KK nya. Untuk prosesnya, Anda tidak perlu khawatir, karena di sana yaitu Dukcapil, biaya penggantian nama KK dan juga KTP adalah gratis. Kabar baik juga kan?

Biaya Proses Ganti Nama di Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga

Proses ganti nama, selain pada KTP, KK, Akte dan juga proses di pengadilan yang lumayan ribet. Jika Anda adalah orang jawa biasanya akan ada proses adat atau mengadakan tasyakuran karena telah mengganti nama yang lama menjadi yang baru. Untuk hal ini tentu saja juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun, terkait biaya tasyakuran, semua tergantung budget dan keinginan dari keluarga, jadi tidak perlu di risaukan. Setelah di total, biaya yang paling menonjol hanya di pengadilan. Sekiranya, pengeluaran yang pasti hanya 250 ribu rupiah saja.

Tetapi untuk berjaga-jaga, jika memang tidak ada uang, cukup mengeluarkan uang 500 ribu rupiah saja. Namun kalau ada dana lebih, 1000.000 rupiah sudah cukup, itu sudah dengan biaya tasyakuran sederhana di rumah.

PT. Jangkar Global Groups akan memberi solusi terbaik.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Selanjutnya, Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi