Berkas Yang Harus Dibawa Saat Membuat SKCK

Pengenalan

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah surat yang diperlukan oleh seseorang untuk berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan, mendaftar kuliah, atau bahkan untuk membuat paspor. SKCK mencantumkan catatan-catatan tentang seseorang dari kepolisian, seperti catatan kriminal atau sejarah perjalanan.

Berkas Yang Dibutuhkan

Untuk membuat SKCK, ada beberapa berkas yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa berkas yang harus dibawa saat membuat SKCK:

1. KTP atau Identitas Diri

KTP atau kartu tanda penduduk adalah salah satu berkas utama yang harus dibawa saat membuat SKCK. KTP digunakan untuk membuktikan identitas diri seseorang.

2. Surat Permohonan

Surat permohonan harus dibuat secara tertulis dan ditujukan kepada Kepala Kepolisian Resort setempat. Surat ini berisi permohonan untuk membuat SKCK serta alasan mengapa SKCK diperlukan.

  SKCK Syaratnya

3. Pas Foto

Pas foto harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seperti ukuran dan backgroundnya. Biasanya, pas foto harus berukuran 4x6cm dan backgroundnya harus putih.

4. Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat diperlukan untuk membuktikan bahwa seseorang dalam keadaan sehat dan tidak memiliki penyakit menular.

5. Surat Keterangan Bebas Narkoba

Surat keterangan bebas narkoba diperlukan untuk membuktikan bahwa seseorang tidak memiliki riwayat penggunaan narkoba.

6. Surat Keterangan Domisili

Surat keterangan domisili digunakan untuk membuktikan alamat tempat tinggal seseorang.

7. Surat Nikah (Jika Sudah Menikah)

Jika yang membuat SKCK sudah menikah, maka surat nikah harus dibawa sebagai bukti bahwa yang bersangkutan sudah menikah.

Kesimpulan

Demikianlah berbagai berkas yang harus dibawa saat membuat SKCK. Pastikan semua berkas sudah lengkap dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar proses pembuatan SKCK dapat berjalan lancar.