Apakah Bisa Urus SKCK Di Luar Domisili?

Pendahuluan

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah dokumen yang dibutuhkan oleh orang yang ingin melamar pekerjaan, mendaftar pendidikan, atau melakukan perjalanan ke luar negeri. Di Indonesia, proses pengurusan SKCK dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Namun, bagaimana jika seseorang ingin mengurus SKCK di luar domisili? Apakah hal tersebut memungkinkan?

Kondisi Umum Pengurusan SKCK

Proses pengurusan SKCK biasanya dilakukan di kantor polisi yang terdekat dengan domisili pemohon. Sebelum mengajukan permohonan, pemohon harus melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP, surat pengantar dari instansi yang meminta SKCK, dan biaya administrasi.Setelah memenuhi persyaratan, pemohon akan diberikan formulir permohonan SKCK yang harus diisi dengan lengkap dan benar. Selanjutnya, pemohon harus mendaftar untuk mendapatkan jadwal pengambilan sidik jari dan foto.Setelah sidik jari dan foto selesai diambil, Polri akan memproses permohonan SKCK. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu, tergantung dari kepadatan pelayanan di kantor polisi.

  Jadwal Hari Pembuatan SKCK

Pengurusan SKCK di Luar Domisili

Bagi orang yang tinggal di luar domisili, mengurus SKCK bisa menjadi masalah. Namun, pengurusan SKCK di luar domisili masih memungkinkan. Pemohon dapat mengajukan permohonan SKCK di kantor polisi terdekat dari tempat tinggal atau tempat kerja mereka.Sebelum mengajukan permohonan, pemohon harus memastikan bahwa kantor polisi yang akan dikunjungi melayani pengurusan SKCK. Selain itu, pemohon harus membawa persyaratan yang sama dengan persyaratan yang dibutuhkan untuk pengurusan SKCK di domisili.Setelah formulir permohonan diisi dan sidik jari serta foto diambil, Polri akan memproses permohonan SKCK seperti biasa. Namun, proses ini bisa memakan waktu lebih lama karena permohonan harus dikirimkan ke kantor polisi yang berada di domisili pemohon.

Kesimpulan

Mengurus SKCK di luar domisili memang memungkinkan, namun pemohon harus memastikan bahwa kantor polisi yang akan dikunjungi melayani pengurusan SKCK dan membawa persyaratan yang dibutuhkan. Proses pengurusan SKCK di luar domisili bisa memakan waktu lebih lama karena dokumen harus dikirimkan ke kantor polisi di domisili pemohon.

  Apakah SKCK Penting Untuk Melamar Pekerjaan
admin