Apa Itu Surat Kuning Dan SKCK?

Surat kuning dan SKCK adalah dua dokumen penting yang sering diminta oleh berbagai lembaga atau instansi di Indonesia. Surat kuning biasanya diminta oleh perusahaan saat seseorang mengajukan pekerjaan, sementara SKCK diperlukan saat seseorang mengajukan visa atau melamar pekerjaan di luar negeri.

Berikut ini penjelasan lebih detail tentang surat kuning dan SKCK:

1. Surat Kuning

Surat kuning adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pihak berwenang untuk menunjukkan bahwa seseorang sehat dan bebas dari penyakit menular. Surat kuning biasanya diminta oleh perusahaan saat seseorang mengajukan pekerjaan, terutama pekerjaan yang berhubungan dengan makanan, minuman, atau kesehatan.

Untuk mendapatkan surat kuning, seseorang harus melakukan pemeriksaan kesehatan di puskesmas atau rumah sakit yang ditunjuk oleh pihak berwenang. Pemeriksaan biasanya meliputi tes darah, urin, dan rontgen dada.

Setelah pemeriksaan selesai, hasilnya akan dikirim ke pihak berwenang, dan jika semua hasil negatif, seseorang dapat memperoleh surat kuning sebagai bukti bahwa ia bebas dari penyakit menular.

  UK Foto SKCK: Cara Memperoleh SKCK Melalui Proses Mudah dan Cepat

2. SKCK

SKCK merupakan singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Dokumen ini dikeluarkan oleh kepolisian untuk menunjukkan bahwa seseorang tidak memiliki catatan kriminal atau pernah dihukum dalam kasus kriminal.

SKCK biasanya diminta saat seseorang mengajukan visa atau melamar pekerjaan di luar negeri. Dokumen ini juga dibutuhkan saat seseorang mendaftar sebagai calon anggota polisi, pegawai negeri, atau ketua RT/RW.

Untuk memperoleh SKCK, seseorang harus mengajukan permohonan ke kepolisian setempat. Proses pengajuan biasanya meliputi pengisian formulir, tes kesehatan, dan verifikasi identitas.

Kesimpulan

Surat kuning dan SKCK adalah dokumen penting yang sering diminta oleh berbagai lembaga atau instansi di Indonesia. Surat kuning menunjukkan bahwa seseorang sehat dan bebas dari penyakit menular, sementara SKCK menunjukkan bahwa seseorang tidak memiliki catatan kriminal atau pernah dihukum dalam kasus kriminal.

Jangan lupa untuk selalu memperbarui surat kuning dan SKCK Anda agar selalu valid dan tidak kedaluwarsa.

admin