Negara Tujuan Ekspor Kayu Lapis

Kayu lapis adalah jenis kayu yang paling banyak digunakan dalam pembuatan furnitur dan bahan bangunan. Indonesia merupakan salah satu produsen kayu lapis terbesar di dunia. Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, kayu lapis Indonesia juga diekspor ke berbagai negara. Negara-negara mana saja yang menjadi tujuan ekspor kayu lapis Indonesia? Simak ulasan berikut ini!

1. China

China merupakan salah satu negara yang paling banyak mengimpor kayu lapis dari Indonesia. Pada tahun 2019, nilai ekspor kayu lapis Indonesia ke China mencapai US$ 539 juta atau sekitar 38% dari total ekspor kayu lapis Indonesia. Hal ini disebabkan oleh permintaan yang terus meningkat dari industri furnitur di China.

2. Jepang

Jepang merupakan negara yang juga banyak mengimpor kayu lapis dari Indonesia. Pada tahun 2019, nilai ekspor kayu lapis Indonesia ke Jepang mencapai US$ 148 juta atau sekitar 10% dari total ekspor kayu lapis Indonesia. Permintaan kayu lapis di Jepang terutama berasal dari industri konstruksi dan pembuatan furnitur.

  Distributor Pakaian Sisa Ekspor

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang paling banyak mengimpor kayu lapis dari seluruh dunia. Pada tahun 2019, nilai ekspor kayu lapis Indonesia ke Amerika Serikat mencapai US$ 60 juta atau sekitar 4% dari total ekspor kayu lapis Indonesia. Permintaan kayu lapis di Amerika Serikat terutama berasal dari industri pembuatan furniture.

4. Korea Selatan

Korea Selatan merupakan negara yang juga banyak mengimpor kayu lapis dari Indonesia. Pada tahun 2019, nilai ekspor kayu lapis Indonesia ke Korea Selatan mencapai US$ 47 juta atau sekitar 3% dari total ekspor kayu lapis Indonesia. Permintaan kayu lapis di Korea Selatan terutama berasal dari industri pembuatan furniture dan bahan konstruksi.

5. Malaysia

Malaysia merupakan negara yang juga mengimpor kayu lapis dari Indonesia. Pada tahun 2019, nilai ekspor kayu lapis Indonesia ke Malaysia mencapai US$ 44 juta atau sekitar 3% dari total ekspor kayu lapis Indonesia. Permintaan kayu lapis di Malaysia terutama berasal dari industri pembuatan furniture dan bahan konstruksi.

  Ekspor Indonesia 2020: Potensi dan Tantangan

6. Taiwan

Taiwan merupakan negara yang juga banyak mengimpor kayu lapis dari Indonesia. Pada tahun 2019, nilai ekspor kayu lapis Indonesia ke Taiwan mencapai US$ 43 juta atau sekitar 3% dari total ekspor kayu lapis Indonesia. Permintaan kayu lapis di Taiwan terutama berasal dari industri pembuatan furniture dan bahan konstruksi.

7. Thailand

Thailand merupakan negara yang juga mengimpor kayu lapis dari Indonesia. Pada tahun 2019, nilai ekspor kayu lapis Indonesia ke Thailand mencapai US$ 37 juta atau sekitar 3% dari total ekspor kayu lapis Indonesia. Permintaan kayu lapis di Thailand terutama berasal dari industri pembuatan furniture dan bahan konstruksi.

8. India

India merupakan negara yang juga banyak mengimpor kayu lapis dari Indonesia. Pada tahun 2019, nilai ekspor kayu lapis Indonesia ke India mencapai US$ 31 juta atau sekitar 2% dari total ekspor kayu lapis Indonesia. Permintaan kayu lapis di India terutama berasal dari industri pembuatan furniture.

9. Singapura

Singapura merupakan negara yang juga mengimpor kayu lapis dari Indonesia. Pada tahun 2019, nilai ekspor kayu lapis Indonesia ke Singapura mencapai US$ 21 juta atau sekitar 2% dari total ekspor kayu lapis Indonesia. Permintaan kayu lapis di Singapura terutama berasal dari industri pembuatan furniture dan bahan konstruksi.

  Perjanjian Internasional Ekspor Impor

10. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab (UEA) merupakan negara yang juga banyak mengimpor kayu lapis dari Indonesia. Pada tahun 2019, nilai ekspor kayu lapis Indonesia ke Uni Emirat Arab mencapai US$ 19 juta atau sekitar 1% dari total ekspor kayu lapis Indonesia. Permintaan kayu lapis di UEA terutama berasal dari industri pembuatan furniture dan bahan konstruksi.

11. Negara Lainnya

Selain ke-10 negara di atas, kayu lapis Indonesia juga diekspor ke berbagai negara lain seperti Australia, Selandia Baru, Prancis, Belanda, dan lain sebagainya. Permintaan kayu lapis dari negara-negara ini terutama berasal dari industri furniture dan konstruksi.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa China merupakan negara yang paling banyak mengimpor kayu lapis dari Indonesia, diikuti oleh Jepang dan Amerika Serikat. Negara-negara lain seperti Korea Selatan, Malaysia, Taiwan, Thailand, India, Singapura dan Uni Emirat Arab juga termasuk dalam daftar tujuan ekspor kayu lapis Indonesia. Permintaan kayu lapis di negara-negara ini terutama berasal dari industri pembuatan furniture dan bahan konstruksi.

admin