Warna Map Untuk Memperpanjang SKCK

Apa itu SKCK?

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh kepolisian sebagai bukti bahwa pemohon tidak memiliki catatan kriminal. SKCK biasanya dibutuhkan dalam proses administratif seperti melamar pekerjaan atau untuk memperpanjang paspor.

Proses Memperpanjang SKCK

Proses memperpanjang SKCK cukup mudah dan cepat dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah warna map yang digunakan.

Warna Map untuk Memperpanjang SKCK

Pemohon SKCK diwajibkan menyertakan surat pengantar dari instansi yang membutuhkan SKCK, KTP asli, dan fotokopi KTP. Selain itu, pemohon juga harus membawa map berwarna untuk menempelkan SKCK yang sudah selesai.

Warna Map yang Diperbolehkan

Terkait dengan warna map, ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan. Pemohon hanya diperbolehkan menggunakan map berwarna merah, hijau, atau biru. Tidak diperbolehkan menggunakan map berwarna lain seperti kuning, oranye, atau ungu.

  Syarat Perpanjang SKCK Polres

Konsekuensi Tidak Menggunakan Warna Map yang Diperbolehkan

Jika pemohon tidak menggunakan warna map yang diperbolehkan, SKCK yang sudah selesai tidak akan diterima oleh instansi yang membutuhkan. Hal ini bisa memperpanjang proses administratif yang dijalani oleh pemohon.

Bagaimana Membeli Map Berwarna yang Diperbolehkan?

Map berwarna merah, hijau, atau biru dapat dibeli di toko-toko alat tulis atau di toko kertas. Pemohon juga dapat memesan secara online melalui e-commerce.

Cara Menempelkan SKCK di dalam Map

Setelah SKCK selesai diproses, pemohon dapat menempelkannya di dalam map dengan cara membuka tutup map dan menempelkan SKCK di atas lembaran plastik yang tersedia. Setelah itu, tutup kembali map dan pastikan lembaran plastik tertutup dengan rapat.

Kesimpulan

Memperpanjang SKCK memang tidak sulit jika semua persyaratan terpenuhi. Namun, pemohon juga perlu memperhatikan hal-hal kecil seperti warna map yang digunakan. Dengan menggunakan warna map yang diperbolehkan, pemohon dapat mempercepat proses administratif yang dijalani.

admin