Visa Dinas Ceko Berpengalaman

Sedang membutuhkan jasa visa dinas Ceko untuk kunjungan ke negara tersebut? Daripada bersusah payah, jasa akan membantu proses pengajuan visa dengan mudah. Lalu, seperti apa visa dinas atau non-diplomatik yang perlu diajukan ketika ke Ceko?

Saat ini terdapat jenis visa yang bisa dibuat untuk mengunjungi suatu negara. Setiap jenis visa yang dibuat harus disesuaikan dengan maksud dari kunjungan. Sama halnya dengan visa dinas, di mana diajukan dan dimiliki oleh dinas.

 

Jenis Visa Dinas untuk Kunjungan ke Ceko

 

Sebagai negara wilayah daratan terkunci (landlocked), Ceko hanya dilalui melalui negara seberang atau penerbangan. Maka itu, siapapun yang hendak mengunjungi negara Ceko akan memerlukan visa. Terutama untuk menteri/pejabat asal WNI.

Jenis Visa Dinas untuk Kunjungan ke Ceko

Dalam memproses visa dinas (service visa), sebaiknya dianjurkan bagi pemohon untuk menentukan berapa lama kunjungan berlangsung. Hal tersebut dikarenakan jenis visa yang dipakai tergantung dari berapa lamanya kunjungan dinas ke Ceko.

Apabila pemohon sedang melakukan kunjungan tugas negara non-diplomatik di bawah 90 hari, maka dapat menggunakan visa dinas. Namun dengan alasan bahwa pemohon hanya melakukan tugas negara, dan bukan pekerjaan lain.

Seandainya jika tugas negara yang dikerjakan membutuhkan lebih dari 90 hari, maka sebaiknya dianjurkan membuat surat izin tinggal dinas. Untuk yang masih memiliki visa dinas dengan masa berlaku aktif, dapat mengajukan surat izin tinggal dinas.

  Visa Bisnis Malaysia Untuk Industri Manajemen Acara Dan Konferensi

Tujuan Membuat Visa Dinas Ceko

Seperti yang dijelaskan, visa merupakan surat penting yang diperlukan seseorang dalam memasuki negara asing. Sebab itu, pemohon visa dinas akan memerlukan visa untuk kedua hal berikut:

1. Untuk Mendapatkan Izin Mengunjungi Ceko

Sebagai negara Schengen, Ceko menuntut pengunjung non-Schengen yang tidak termasuk EU/EEA seperti Indonesia, untuk memiliki visa. Jika diibaratkan, visa ini seperti akses menuju pintu dari sebuah negara.

Meskipun pejabat atau menteri sudah mengantongi paspor dinas, hal tersebut bukan berarti pemilik paspor dapat bebas mengunjungi negara lain. Visa sangat berbeda dengan paspor, dimana paspor hanya sebagai identifikasi pemiliknya saja.

 

Tujuan Membuat Visa Dinas Ceko

 

Dengan mengantongi visa, maka pengunjung akan dapat memasuki perbatasan wilayah Ceko. Pemilik visa dinas dapat memverifikasi mengenai kunjungan dan status visa, dengan mengunjungi kantor imigrasi di negara Ceko.

2. Untuk Melakukan Tugas Resmi Negara secara Non-Diplomatik

Ibu kota Ceko, Prague, merupakan kota keempat yang paling mendapat banyak kunjungan asing. Republik Ceko juga merupakan negara yang berfokus pada perdagangan di Uni Eropa. Hal ini tentu membuka peluang untuk kerjasama.

Maka dari itu, pejabat atau menteri yang mengunjungi Republik Ceko untuk tugas non-diplomatik akan membutuhkan visa dinas. Adapun dari tugas non-diplomatik adalah seperti konferensi ekonomi, perdagangan, dan alasan kemanusiaan.

Selain itu, yang membutuhkan visa dinas adalah pejabat, menteri, atau perwakilan WNI atas tugas negara tersebut. Visa juga berlaku bagi yang membawa istri dan anak, dengan syarat maksimal 25 tahun, belum menikah, dan belum kerja.

Macam-Macam Persyaratan Membuat Visa Dinas Ceko

Untuk dapat membuat visa Ceko, pemohon diharapkan untuk melengkapi persyaratan membuatnya. Bagi yang menggunakan jasa visa, umumnya akan diberitahukan dengan lengkap. Untuk visa dinas, pemohon akan butuh:

  • Paspor khusus untuk dinas, dengan masa aktif enam bulan lamanya. Paspor harus dalam keadaan bagus.
  • Fotokopi visa yang pernah diisukan dalam tiga tahun terakhir (jika ada).
  • Pas foto dua lembar berukuran 3.5 x 4.5 cm, yang sudah mengikuti aturan foto Republik Ceko.
  • Formulir aplikasi visa online yang diisi pemohon dengan sejujur-jujurnya, dan dicetak.
  • Nota non-diplomatik yang berisikan identitas, maksud kunjungan, dan tugas negara yang akan dikerjakan.
  • Bukti kesiapan pemohon secara finansial, baik dari akomodasi dan aset yang dimiliki.
  • Asuransi kesehatan yang valid di negara Ceko dengan polis minimal 30.000 Euro (kira-kira Rp500.000.000,-).
  • Surat medis yang membuktikan pemohon tidak mengalami penyakit serius.
  • Biaya pembuatan visa dinas sebesar 80 Euro (kira-kira Rp1.300.000,-).

 

  Permenkumham Calling Visa

Macam-Macam Persyaratan Membuat Visa Dinas Ceko

 

Harap diingat, apabila konsulat atau Kedubes mungkin akan meminta dokumen tambahan. Selain itu, pemohon dianjurkan membawa surat vaksin atau tes PCR dengan hasil negatif. Untuk yang membawa anak, maka akan perlu akta kelahirannya.

Cara Mengajukan Visa Dinas Ceko

Setelah mengumpulkan seluruh berkas yang dibutuhkan, maka pemohon dapat membuat visa. Apabila tidak menggunakan jasa visa, maka pemohon akan mengajukan permohonan visa secara manual, seperti berikut:

1. Mengunjungi Konsulat atau Kedubes Ceko di Indonesia

Pertama-tama, pemohon akan perlu mengetahui di mana kantor untuk membuat visa. Sebab, pembuatan visa tidak dilakukan secara bebas, dan harus mengikuti aturan pembuatan visa. 

Maka itu, pemohon harus mengunjungi kantor konsulat atau Kedubes Republik Ceko di Indonesia. Untuk kantor Kedubes, alamatnya yaitu Jl. Gereja Theresia no. 20, Menteng. Sedangkan konsulat, dapat mengunjungi kantornya yang dekat dengan tempat tinggal.

2. Menyerahkan Persyaratan Visa Dinas Ceko

Ketika tiba di konter penerimaan ajuan visa (di kantor yang dipilih), pemohon dapat menyerahkan seluruh berkas visa. Apabila pembayaran visa dapat dilakukan secara transfer, maka pemohon perlu melakukan transfer ke bank yang sudah diberitahukan.

Ada baiknya bagi pemohon untuk melakukan reservasi/appointment terlebih dahulu kepada konsulat atau Kedubes. Hal ini untuk memastikan saat kunjungan, konsulat dan Kedubes dapat langsung mewawancarai pemohon.

 

Cara Mengajukan Visa Dinas Ceko

 

3. Menunggu Keputusan Permohonan Visa Dinas Ceko

Setelah pembayaran dan wawancara, pemohon hanya tinggal menunggu keputusan permohonan visa. Umumnya, keputusan ini akan membutuhkan waktu yang tidak pasti. Terkadang, keputusan membutuhkan beberapa hari, hingga sebulan lebih.

Apabila permohonan visa diterima, maka visa akan segera diproses dan dikirimkan ke pemohon. Adapun lamanya pembuatan visa paling lambat 5 hari. Jika ditolak, pemohon harus kembali mengajukan permohonan.

Apakah Sebaiknya Menggunakan Jasa Visa Dinas Ceko?

Sebenarnya, menggunakan jasa visa atau tidak merupakan keputusan dari pemohon itu sendiri. Apakah Anda ingin mempermudah proses pembuatan visa ? Atau, apakah Anda sedang sibuk dan tidak ingin bersusah payah?

Jika iya, maka silahkan untuk menggunakan jasa kami yaitu Jangkar Groups. Kami merupakan perusahaan jasa urus yang menangani berbagai dokumen, termasuk visa. Hal yang akan Anda dapatkan apabila mengandalkan jasa kami adalah:

  • Bantuan mengenai pembuatan visa dinas Ceko. Anda dapat berkonsultasi dulu mengenainya pada staf dukungan Kami.
  • Bantuan untuk mengajukan permohonan visa. Anda hanya tinggal mengirimkan berkas persyaratan visa saja.
  • Informasi terkini mengenai status Republik Ceko. Hal ini tentunya perlu Anda ketahui sebelum mengunjungi negara tersebut.
  • Kabar update mengenai proses pembuatan visa. Kami pastikan akan selalu memberi kabar terkini agar Anda dapat merasa tenang.
  Visa Bisnis Kanada Untuk Pertemuan Dengan Pengusaha Kanada

 

Apakah Sebaiknya Menggunakan Jasa Visa Dinas Ceko

 

Demikian informasi yang Kami sampaikan mengenai visa dinas untuk kunjungan ke Republik Ceko. Kesimpulannya, Anda bisa mempermudah pengurusan visa dengan menggunakan jasa visa yang berkualitas.

Di saat masa-masa pemulihan dunia dari pandemi, banyak negara yang mulai membuka pintunya untuk pengunjung. Selama Republik Ceko masih menerima kunjungan, maka segeralah buat dan ajukan permohonan visa.

 

Kami sangat mengerti permasalahan Visa Dinas Ceko yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan

 

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan Visa Dinas Ceko anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

 

Apa saja Permohonan Visa Dinas Ceko ?

Cara kirim dokumen Permohonan Visa Dinas Ceko bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

 

Garansi Visa Dinas Ceko yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan dikarenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan dikembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups