Secara umum, penyumbang devisa negara Indonesia adalah para pekerja yang bekerja di luar negeri. Untuk itu, tahap yang dilakukan dalam urus visa karyawan bekerja keluar negeri penting untuk dipahami. Mengingat visa secara umum merupakan dokumen yang penting untuk mengunjungi suatu negara. Persyaratan Visa Schengen Perancis
Akan tetapi untuk melakukan pengurusan secara mandiri akan jenis dokumen ini memerlukan sejumlah persyaratan serta juga prosedur yang tidak mudah. Sehingga tak heran jika sejumlah pihak menggunakan jasa pengurusan visa sebagai pilihan solusi. Maka dari itu, kami selaku penyedia jasa urus visa siap membantu anda dalam mengurus visa kerja. Namun, untuk lebih jelasnya bisa simak beberapa uraian berikut ini:
Sekilas Tentang Visa Bekerja Keluar Negeri
Banyak yang mengetahui bahwa apabila berkeinginan untuk bekerja di negara lain maka bakal memerlukan yang namanya visa kerja. Dalam hal ini anda bisa melakukan permintaan akan pembuatan calling visa yang asalnya dari pihak imigrasi negara tujuan.
Permintaan ini bisa mengajukan kepada pihak perusahaan yang akan menjadi tempat kerja. Satu hal lagi yang tidak boleh terlewatkan saat hendak bekerja di luar negeri yaitu mempersiapkan kontrak kerja. Yang bertujuan supaya pekerja bisa menjadi lebih tenang tanda merisaukan besaran gajinya.
Sedangkan apabila anda hanya ingin ikut pasangan entah suami ataupun istri yang tengah di luar negeri. Maka anda bisa menggunakan jenis visa family yang lengkap dengan sejumlah bukti mendukung. Contohnya adalah seperti buku nikah ataupun bisa juga dengan akta perkawinan.
Dengan begitu akan berbeda apabila pernikahan yang anda lakukan berlangsung dengan cara siri. Maka, anda tak dapat ikut ke luar negeri bersama pasangan lantaran tak mempunyai dokumen pendukung dalam bentuk resmi.
Pengurusan Visa Bekerja Keluar Negeri
Layaknya yang sudah menyinggung sekilas sebelumnya bahwa untuk melakukan urus visa karyawan bekerja keluar negeri membutuhkan sejumlah tahapan. Pihak yang hendak bekerja di negara orang harus melalui Sejumlah tahapan. Adapun detail dari tahapan tersebut yaitu sebagai berikut:
1. Mencari Informasi Tentang Bekerja Keluar Negeri
Langkah pertama calon pekerja harus melalui beberapa hal yang perlu urus visa karyawan bekerja keluar negeri yaitu dengan melakukan pengumpulan beragam informasi. Terutama informasi yang berhubungan dengan pekerjaan ataupun perusahaan yang hendak melamar.
Mungkin bisa mulai dari profil perusahaan, kemudian lanjutkan dengan apa saja kriteria karyawan yang perlu untuk bisa menempati kursi kosong . Jika sudah mendapatkan informasi yang selengkap lengkapnya. Maka calon pelamar bisa menyesuaikan posisi dengan kemampuannya.
Untuk jenis informasi terkait lowongan pekerjaan yang ada bisa mekaksesnya melalui Depnaker setempat. Jika tidak bisa juga dengan mencari tahu informasi dari PJTKI yang memang statusnya sudah terdaftar pada pihak Depnaker.
2. Pastikan Perusahaan Memiliki Legalitas
Langkah berikutnya sebagai cara urus visa karyawan bekerja keluar negeri yaitu dengan memasukkan bahwa status dari perusahaan yang tertuju dan memiliki legalitas. Tentunya para pekerja yang hendak mencari uang dengan bekerja luar negeri tidak ingin mengalami hal buruk. Selain jauh dari keluarga, ada banyak sekali hal yang perlu kewaspadaan ketika bekerja di negara lain.
Satu dari beberapa bentuk kewaspadaan tersebut bisa jalan dengan mencari tahu bahwa perusahaan yang bakal menjadi tempat bekerja mempunyai legalitas. Misalnya saja seperti ketika perusahaan tempat bekerja ternyata merupakan perusahaan melarang yang ilegal oleh pemerintah setempat di negeri tersebut. Tentunya sebagai pekerja sedikit banyak turut merugikan hal semacam ini.
3. Lengkapi Dokumen Visa Bekerja Keluar Negeri
Sebagai identitas suatu dokumen memang tidak boleh terlewatkan dalam proses urus visa karyawan bekerja keluar negeri berikutnya. Kejelasan akan identitas ini bisa juga bisa membantu jika terjadi sesuatu kepada pekerja. Dokumen yang ini sebagai identitas yang bisa berupa beberapa bentuk.
Contohnya adalah seperti KTP atau yang merupakan singkatan dari Kartu Tanda Penduduk. Selain itu juga bisa berupa Kartu Keluarga atau banyak terkenal dengan istilah KK, kemudian ada juga dokumen akte kelahiran maupun paspor dalam bentuk asli.
4. Lakukan Medical Check Up
Proses berikutnya untuk membuat visa kerja supaya bisa bekerja ke negara lain yaitu melakukan medical check up. memerlukan pengecekannya untuk memasukkan bahwa anda sebagai calon pekerja di negara lain dalam kondisi sehat. Nantinya ketika sudah sampai pada negara tujuan untuk bekerja juga bakal melakukan medical check up secara ulang.
Menampilkan hasil tentang kesehatan pelamar kerja tidak sesuai dengan standar bisa jadi calon pekerja pemulangan kembali pada negara asal. Tentunya hal semacam ini cukup merugikan lantaran mendapat kejadian deportasi. Selain itu calon karyawan tersebut juga bisa terkena blacklist oleh negara tersebut sehingga terlarang untuk bekerja.
5. Pastikan Semua Dokumen Disalin dan Disimpan Oleh Keluarga
Perkara ini cukup memerlukannya untuk mempermudah pelacakan keberadaan dari calon karyawan. Terlebih jika antara karyawan yang bekerja di luar negeri dengan keluarga mengalami lost contact. Sejumlah dokumen tersebut juga penting ketika hendak melakukan dean memiliki pengurusan asuransi.
6. Kenali Sponsor atau Agen
Bagi orang yang hendak bekerja di luar negeri tentu keberadaan dari agen atau pihak sponsor dengan baik. Pasalnya Sponsor ataupun Agen tersebutlah yang akan melakukan pengiriman karyawan yang hendak bekerja keluar negeri dengan berbagai iming-iming.
Untuk itu jangan mudah tergiur alam tawaran tersebut, kenali dengan baik sponsor yang ada dan pilih yang paling bagus serta terpercaya. Mengingat tidak jarang terdapat kejadian penipuan oleh pihak agen.
Permasalahan yang Sering Dihadapi Saat Mengurus Visa Mandiri
Di masa sekarang cukup jarang orang yang tidak memiliki kendala untuk urus visa karyawan bekerja keluar negeri secara mandiri. Untuk itulah sejumlah orang memilih menggunakan jasa pengurusan yang ada. Berikut daftar permasalahan yang kerap terjadi saat mengurus dokumen secara mandiri:
- Pertama yaitu waktu luang yang dimiliki cukup terbatas.
- Kemudian keterbatasan akan informasi yang ada terkait prosedur, syarat serta lainnya.
- Proses untuk antri yang tentunya melelahkan membuat seseorang enggan mengurus dokumen secara mandiri.
- Kebingungan untuk mencari tempat mengurus berbagai dokumen yang diperlukan.
Jasa Urus Visa Bekerja Keluar Negeri
Bagi anda yang mempunyai berbagai macam kendala seperti yang disebutkan sebelumnya, maka kami selaku penyedia jasa urus visa siap membantu anda dalam memperoleh dokumen yang diperlukan. Dengan demikian anda mampu menghemat waktu serta memakainya untuk memenuhi kebutuhan lainnya.
Dari banyaknya proses yang perlu dilalui untuk urus visa karyawan bekerja keluar negeri sebagaimana di atas. Maka tak sedikit orang yang lebih memilih mempercayakan dokumen yang dimiliki kepada jasa pengurusan.
Pilih kami untuk mengurus dokumen tersebut karena kami hadir dengan tenaga profesional. Di samping itu kami juga sudah berpengalaman sehingga kualitas nisa dinilai sendiri nantinya. Kami juga memiliki kantor yang jelas sehingga tidak membingungkan.