Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan – Jika seseorang ingin mengganti namanya, maka ia perlu melalui tahapan yang cukup rumit. Sehingga, salah satunya adalah tahapan ganti nama di pengadilan. Dalam proses ini, terdapat beberapa tahapan yang harus di lalui agar nama baru bisa resmi di gunakan.
Mengapa seseorang ingin mengganti namanya? | Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan
Oleh karena, ada berbagai alasan mengapa seseorang ingin mengganti namanya. Bisa jadi karena nama yang di milikinya terlalu umum, terlalu panjang, atau karena terdapat unsur negatif dalam nama tersebut. Selain itu, seseorang juga bisa mengganti namanya karena ingin memperbaiki citra diri atau menghindari masalah hukum dari masa lalu.
Tahapan ganti nama di pengadilan
Untuk mengganti nama, seseorang perlu mengajukan permohonan ke pengadilan negeri setempat. Berikut adalah tahapan-tahapan yang harus di lalui dalam proses ganti nama di pengadilan:
1. Mengumpulkan dokumen | Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan
Pertama-tama, seseorang harus mengumpulkan dokumen-dokumen yang di butuhkan untuk mengajukan permohonan ganti nama. Dokumen tersebut antara lain:
- Surat permohonan ganti nama
- Fotokopi akta kelahiran atau KTP
- Surat keterangan domisili
- Surat keterangan catatan kepolisian
- Surat keterangan kesehatan
2. Mengajukan permohonan ganti nama
Setelah dokumen-dokumen lengkap, seseorang bisa mengajukan permohonan ganti nama ke pengadilan negeri setempat. Di sini, pihak pengadilan akan melakukan pemeriksaan dokumen dan menentukan tanggal sidang.
3. Membayar biaya administrasi dalam Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan
Sebelum sidang di gelar, seseorang juga harus membayar biaya administrasi yang telah di tentukan. Besaran biaya ini bisa bervariasi tergantung dari kebijakan masing-masing pengadilan.
4. Hadir di sidang pengadilan
Pada hari sidang, seseorang harus hadir di pengadilan dan menjelaskan alasan yang melatarbelakangi keinginannya untuk mengganti nama. Selain itu, pihak pengadilan juga akan memeriksa dokumen-dokumen yang telah di serahkan sebelumnya.
5. Menunggu keputusan pengadilan | Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan
Setelah proses sidang selesai, pihak pengadilan akan memberikan keputusan apakah permohonan ganti nama di setujui atau di tolak. Jika disetujui, maka seseorang harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan salinan putusan pengadilan tersebut.
6. Membuat surat permohonan perubahan nama di kantor catatan sipil
Sehingga, setelah mendapatkan salinan putusan pengadilan, seseorang harus membuat surat permohonan perubahan nama di kantor catatan sipil. Di sini, seseorang harus menyerahkan dokumen-dokumen yang telah di siapkan sebelumnya, termasuk salinan putusan pengadilan.
7. Mengambil akta kelahiran yang baru | Tahapan Ganti Nama Di
Maka, setelah proses di kantor catatan sipil selesai, seseorang akan mendapatkan akta kelahiran yang baru dengan nama yang telah di ubah. Maka, akta kelahiran ini bisa di gunakan sebagai bukti resmi bahwa nama seseorang telah di ubah.
Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan Jangkargroups
Dari penjelasan di atas, dapat di simpulkan bahwa proses Legalitas Pengurusan Ganti Nama cukup rumit dan memakan waktu yang cukup lama. Namun, jika seseorang ingin mengganti namanya dengan resmi, maka proses ini harus di lalui dengan baik dan benar.
PT. Jangkar Global Groups akan memberi solusi terbaik.
YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,
HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN
Selanjutnya, Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.
KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI
Email : [email protected]
Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852
Pengaduan Pelanggan : +6287727688883
Google Maps : PT Jangkar Global Groups