Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan

Adi

Updated on:

Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan
Direktur Utama Jangkar Goups

Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan – Jika seseorang ingin mengganti namanya, maka ia perlu melalui tahapan yang cukup rumit. Sehingga, salah satunya adalah tahapan ganti nama di pengadilan. Dalam proses ini, terdapat beberapa tahapan yang harus di lalui agar nama baru bisa resmi di gunakan.

 

Mengapa seseorang ingin mengganti namanya?, Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan

Mengapa seseorang ingin mengganti namanya? | Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan

Oleh karena, ada berbagai alasan mengapa seseorang ingin mengganti namanya. Bisa jadi karena nama yang di milikinya terlalu umum, terlalu panjang, atau karena terdapat unsur negatif dalam nama tersebut. Selain itu, seseorang juga bisa mengganti namanya karena ingin memperbaiki citra diri atau menghindari masalah hukum dari masa lalu.

  Perubahan Nama Pada Dokumen Akta Pengesahan

Tahapan ganti nama di pengadilan

Untuk mengganti nama, seseorang perlu mengajukan permohonan ke pengadilan negeri setempat. Berikut adalah tahapan-tahapan yang harus di lalui dalam proses ganti nama di pengadilan:

1. Mengumpulkan dokumen | Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan

Pertama-tama, seseorang harus mengumpulkan dokumen-dokumen yang di butuhkan untuk mengajukan permohonan ganti nama. Dokumen tersebut antara lain:

  • Surat permohonan ganti nama
  • Fotokopi akta kelahiran atau KTP
  • Surat keterangan domisili
  • Surat keterangan catatan kepolisian
  • Surat keterangan kesehatan

2. Mengajukan permohonan ganti nama

Setelah dokumen-dokumen lengkap, seseorang bisa mengajukan permohonan ganti nama ke pengadilan negeri setempat. Di sini, pihak pengadilan akan melakukan pemeriksaan dokumen dan menentukan tanggal sidang.

Membayar biaya administrasi dalam Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan

3. Membayar biaya administrasi dalam Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan

Sebelum sidang di gelar, seseorang juga harus membayar biaya administrasi yang telah di tentukan. Besaran biaya ini bisa bervariasi tergantung dari kebijakan masing-masing pengadilan.

4. Hadir di sidang pengadilan

Pada hari sidang, seseorang harus hadir di pengadilan dan menjelaskan alasan yang melatarbelakangi keinginannya untuk mengganti nama. Selain itu, pihak pengadilan juga akan memeriksa dokumen-dokumen yang telah di serahkan sebelumnya.

  Perubahan Nama Dalam Dokumen Pendidikan

5. Menunggu keputusan pengadilan | Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan

Setelah proses sidang selesai, pihak pengadilan akan memberikan keputusan apakah permohonan ganti nama di setujui atau di tolak. Jika disetujui, maka seseorang harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan salinan putusan pengadilan tersebut.

6. Membuat surat permohonan perubahan nama di kantor catatan sipil

Sehingga, setelah mendapatkan salinan putusan pengadilan, seseorang harus membuat surat permohonan perubahan nama di kantor catatan sipil. Di sini, seseorang harus menyerahkan dokumen-dokumen yang telah di siapkan sebelumnya, termasuk salinan putusan pengadilan.

7. Mengambil akta kelahiran yang baru | Tahapan Ganti Nama Di

Maka, setelah proses di kantor catatan sipil selesai, seseorang akan mendapatkan akta kelahiran yang baru dengan nama yang telah di ubah. Maka, akta kelahiran ini bisa di gunakan sebagai bukti resmi bahwa nama seseorang telah di ubah.

Tahapan Ganti Nama Di Pengadilan Jangkargroups

Dari penjelasan di atas, dapat di simpulkan bahwa proses Legalitas Pengurusan Ganti Nama cukup rumit dan memakan waktu yang cukup lama. Namun, jika seseorang ingin mengganti namanya dengan resmi, maka proses ini harus di lalui dengan baik dan benar.

  Ganti Nama Dokumen Terpercaya di Pengadillan Negeri

PT. Jangkar Global Groups akan memberi solusi terbaik.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Selanjutnya, Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor