Syarat Ngurus Paspor Umroh

Umroh merupakan kegiatan yang menjadi impian banyak umat muslim. Agar bisa pergi umroh, salah satu syarat utama yang harus dipenuhi adalah memiliki paspor umroh. Paspor umroh ini dikeluarkan oleh Kementerian Agama setelah calon jamaah umroh memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengurus paspor umroh.

1. Mendaftar di Travel Umroh Terpercaya

Untuk mengurus paspor umroh, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar di travel umroh terpercaya. Travel umroh inilah yang nantinya akan membantu calon jamaah umroh untuk mengurus paspor umroh. Pastikan travel umroh yang dipilih sudah terdaftar di Kementerian Agama dan memiliki izin resmi untuk mengurus paspor umroh.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Setelah mendaftar di travel umroh terpercaya, calon jamaah umroh harus mengisi formulir pendaftaran. Formulir ini biasanya berisi data diri lengkap seperti nama, alamat, nomor telepon, dan sebagainya. Pastikan data yang diisi sudah benar dan sesuai dengan dokumen yang dimiliki.

  Ke Singapura Pakai Paspor Tidak 2023

3. Membayar Biaya Administrasi

Setelah mengisi formulir pendaftaran, calon jamaah umroh harus membayar biaya administrasi untuk mengurus paspor umroh. Besar biaya administrasi ini bisa berbeda-beda tergantung dari masing-masing travel umroh. Pastikan untuk menanyakan besarnya biaya administrasi sebelum melakukan pembayaran.

4. Melampirkan Dokumen-dokumen Pendukung

Setelah membayar biaya administrasi, calon jamaah umroh harus melampirkan dokumen-dokumen pendukung untuk mengurus paspor umroh. Beberapa dokumen yang harus disiapkan antara lain:

  • Copy Kartu Keluarga (KK)
  • Copy Akta Kelahiran
  • Copy KTP
  • Surat Nikah (bagi yang sudah menikah)
  • Surat Keterangan Sehat dari dokter
  • Sertifikat Vaksin Covid-19
  • Surat Izin Orang Tua (bagi yang belum menikah dan berusia di bawah 21 tahun)

5. Mengikuti Wawancara

Setelah melampirkan dokumen-dokumen pendukung, calon jamaah umroh harus mengikuti wawancara dengan petugas Kementerian Agama. Pada saat wawancara, petugas akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait niat dan tujuan umroh. Pastikan untuk menjawab dengan jujur dan sebenar-benarnya.

6. Menunggu Proses Pengurusan Paspor Umroh

Setelah semua persyaratan terpenuhi, calon jamaah umroh tinggal menunggu proses pengurusan paspor umroh selesai. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 2-3 minggu tergantung dari kondisi yang sedang terjadi di Kementerian Agama.

  Perpanjang Paspor Online di Malang: Panduan Lengkap

7. Mengambil Paspor Umroh

Setelah proses pengurusan selesai, calon jamaah umroh bisa mengambil paspor umroh di kantor travel umroh yang sudah dipilih sebelumnya. Pastikan membawa dokumen-dokumen asli yang sudah dilampirkan sebelumnya.

Kesimpulan

Mengurus paspor umroh memang tidak mudah dan membutuhkan proses yang cukup panjang. Namun, dengan memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan, calon jamaah umroh bisa mendapatkan paspor umroh dengan mudah dan cepat. Pastikan juga untuk memilih travel umroh terpercaya agar seluruh proses pengurusan paspor umroh bisa berjalan dengan lancar.

Jasa Paspor Umroh

admin