Syarat Jadi TKI: Persyaratan yang Harus Dipenuhi Sebelum Bekerja di Luar Negeri

Daftar Isi

Jadi Tenaga Kerja Indonesia atau TKI adalah pilihan banyak orang yang ingin meraih penghasilan lebih besar. Namun, sebelum memutuskan untuk berangkat sebagai TKI, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar Anda dapat berhasil dan aman bekerja di luar negeri. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Usia Minimal 18 Tahun

Untuk menjadi TKI, usia minimal yang diperbolehkan adalah 18 tahun. Ini merupakan syarat yang paling mendasar untuk melindungi hak anak-anak dan remaja yang masih dalam masa belajar atau pengembangan diri.

2. Mempunyai KTP dan KK yang Valid

KTP atau Kartu Tanda Penduduk dan KK atau Kartu Keluarga adalah dua dokumen penting yang harus dimiliki oleh calon TKI. KTP dan KK harus valid, artinya tidak dalam masa perpanjangan atau sejenisnya.

  Harga Lampu TKI: Mengapa Harga Lebih Tinggi?

3. Mencari Perusahaan Penyalur TKI yang Resmi

Sebelum memutuskan untuk berangkat ke luar negeri sebagai TKI, pastikan Anda mencari perusahaan penyalur TKI yang resmi dan terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan dan perlindungan hak-hak TKI.

4. Mempunyai Keahlian dan Keterampilan yang Dibutuhkan

Tidak semua pekerjaan di luar negeri dapat dijalankan oleh siapa saja. Selain harus mempunyai ijazah atau sertifikat kompetensi yang dibutuhkan, calon TKI juga harus mempunyai keahlian dan keterampilan dalam bidang tertentu sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan diambil.

5. Sehat Jasmani dan Rohani

Sebelum berangkat menjadi TKI, calon TKI harus mempunyai surat keterangan sehat dari dokter dan surat keterangan bermaterai dari kelurahan atau kecamatan. Hal ini bertujuan untuk menjamin kesehatan jasmani dan rohani calon TKI selama bekerja di luar negeri.

6. Tidak Memiliki Catatan Hukum yang Buruk

Calon TKI dengan catatan hukum yang buruk atau bermasalah tidak akan diterima oleh perusahaan penyalur TKI. Hal ini bertujuan untuk menjaga reputasi perusahaan dan juga untuk melindungi hak-hak TKI yang akan diberangkatkan.

7. Mempunyai Paspor yang Valid

Paspor adalah dokumen penting yang harus dimiliki oleh calon TKI. Pastikan paspor yang dimiliki masih berlaku minimal 6 bulan sebelum masa berlaku habis. Hindari juga paspor palsu atau menggunakan paspor milik orang lain.

8. Mempunyai Visa yang Diperlukan

Pastikan Anda mempunyai visa yang diperlukan sebelum berangkat ke luar negeri sebagai TKI. Visa ini dapat diproses melalui perusahaan penyalur TKI atau dengan mengajukan sendiri melalui kedutaan besar negara yang dituju.

9. Mengikuti Pelatihan atau Persiapan Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat ke luar negeri sebagai TKI, pastikan Anda mengikuti pelatihan atau persiapan yang diberikan oleh perusahaan penyalur TKI atau lembaga terkait. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan calon TKI serta memberikan informasi seputar kondisi kerja di luar negeri.

10. Memahami Kontrak Kerja dan Hak-hak sebagai TKI

Sebelum menandatangani kontrak kerja, pastikan Anda memahami isi kontrak dan hak-hak yang dimiliki sebagai TKI. Hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan dan melindungi hak-hak TKI saat bekerja di luar negeri.

11. Tidak Memberikan Uang atau Barang Berharga pada Pihak Penyalur TKI

Sebagai calon TKI, pastikan Anda tidak memberikan uang atau barang berharga pada pihak penyalur TKI sebelum berangkat. Hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan dan melindungi hak-hak TKI.

  Proses Pemulangan TKI Ilegal

12. Tidak Menjamin Kehadiran Keluarga atau Teman untuk Bekerja di Luar Negeri

Jangan menjamin kehadiran keluarga atau teman Anda untuk bekerja di luar negeri. Hal ini dapat menimbulkan masalah di kemudian hari dan juga dapat berdampak buruk pada hubungan sosial Anda dengan keluarga atau teman.

13. Tidak Membawa Barang Terlarang

Sebagai calon TKI, pastikan Anda tidak membawa barang terlarang seperti narkoba atau senjata api. Hal ini dapat menimbulkan masalah hukum dan dapat membahayakan keselamatan Anda dan lingkungan sekitar.

14. Memahami Budaya dan Bahasa Negara Tujuan

Sebelum berangkat ke luar negeri sebagai TKI, pastikan Anda memahami budaya dan bahasa negara tujuan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja dan sosial di negara tujuan.

15. Tidak Melanggar Hukum atau Aturan Negara Tujuan

Sebagai TKI, pastikan Anda tidak melanggar hukum atau aturan negara tujuan. Hal ini dapat menimbulkan masalah hukum dan dapat merugikan diri sendiri serta perusahaan penyalur TKI.

16. Mampu Bertanggung Jawab atas Diri Sendiri

Sebagai TKI, pastikan Anda mampu bertanggung jawab atas diri sendiri. Hal ini mencakup tanggung jawab terhadap pekerjaan, tanggung jawab terhadap keluarga, dan tanggung jawab terhadap negara.

17. Mempunyai Mental yang Kuat

Bekerja di luar negeri sebagai TKI tidaklah mudah. Calon TKI harus mempunyai mental yang kuat untuk menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan yang mungkin terjadi selama bekerja di luar negeri.

18. Tidak Mengikuti Pekerjaan yang Berbahaya atau Merugikan Kesehatan

Sebagai TKI, pastikan Anda tidak mengikuti pekerjaan yang berbahaya atau merugikan kesehatan. Hal ini bertujuan untuk melindungi diri sendiri serta menjamin kesehatan dan keselamatan TKI selama bekerja di luar negeri.

19. Tidak Mengikuti Pekerjaan yang Melanggar Kemanusiaan

Sebagai TKI, pastikan Anda tidak mengikuti pekerjaan yang melanggar kemanusiaan seperti perdagangan manusia atau pekerjaan paksa. Hal ini bertujuan untuk melindungi diri sendiri serta menjaga martabat manusia.

20. Tidak Membawa atau Membeli Barang Illegal

Sebagai TKI, pastikan Anda tidak membawa atau membeli barang illegal seperti minuman keras atau obat-obatan terlarang. Hal ini dapat menimbulkan masalah hukum dan dapat membahayakan keselamatan Anda dan lingkungan sekitar.

  Gaji TKI Singapura Tahun 2023 : Panduan Lengkap untuk Calon Pekerja Migran

21. Memahami Hukum dan Peraturan di Negara Tujuan

Sebagai TKI, pastikan Anda memahami hukum dan peraturan di negara tujuan. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah hukum dan untuk melindungi diri sendiri serta perusahaan penyalur TKI.

22. Tidak Mengungkapkan Informasi Pribadi pada Orang yang Tidak Dikenal

Sebagai TKI, pastikan Anda tidak mengungkapkan informasi pribadi pada orang yang tidak dikenal. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan privasi Anda selama bekerja di luar negeri.

23. Tidak Meninggalkan Tempat Kerja Tanpa Izin atau Konfirmasi

Sebagai TKI, pastikan Anda tidak meninggalkan tempat kerja tanpa izin atau konfirmasi dari atasan atau perusahaan penyalur TKI. Hal ini bertujuan untuk menjaga kedisiplinan dan keteraturan lingkungan kerja.

24. Tidak Melakukan Tindakan Kekerasan atau Intimidasi terhadap Sesama TKI atau Warga Negara Lain

Sebagai TKI, pastikan Anda tidak melakukan tindakan kekerasan atau intimidasi terhadap sesama TKI atau warga negara lain. Hal ini bertujuan untuk menjaga perdamaian dan keselamatan lingkungan sekitar.

25. Mengikuti Ujian Kompetensi atau Sertifikasi yang Diperlukan

Sebagai TKI, pastikan Anda mengikuti ujian kompetensi atau sertifikasi yang diperlukan untuk pekerjaan tertentu. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta melindungi hak-hak TKI.

26. Mampu Berbahasa Inggris atau Bahasa Negara Tujuan

Sebagai TKI, pastikan Anda mampu berbahasa Inggris atau bahasa negara tujuan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan lingkungan kerja dan sosial di negara tujuan.

27. Mampu Menjaga Hubungan Baik dengan Atasan dan Rekan Kerja

Sebagai TKI, pastikan Anda mampu menjaga hubungan baik dengan atasan dan rekan kerja. Hal ini bertujuan untuk membangun kerjasama yang efektif dan meningkatkan produktivitas kerja.

28. Menjaga Kerahasiaan Informasi Perusahaan

Sebagai TKI, pastikan Anda menjaga kerahasiaan informasi perusahaan. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan perusahaan serta menjaga hubungan baik dengan atasan dan rekan kerja.

29. Tidak Melakukan Tindakan Korupsi atau Penyalahgunaan Jabatan

Sebagai TKI, pastikan Anda tidak melakukan tindakan korupsi atau penyalahgunaan jabatan. Hal ini dapat menimbulkan masalah hukum dan dapat merugikan perusahaan serta negara.

30. Mampu Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Sebagai TKI, pastikan Anda mampu beradaptasi dengan lingkungan baru di negara tujuan. Hal ini mencakup kebiasaan, budaya, dan adat istiadat yang berbeda dengan di Indonesia.