Syarat Akta Kematian Disdukcapil

Apa Itu Akta Kematian?

Akta kematian adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh Disdukcapil yang menyatakan bahwa seseorang telah meninggal dunia. Dokumen ini penting karena digunakan sebagai bukti legal bahwa seseorang telah meninggal dunia.

 

Apa Itu Akta Kematian?

 

Bagaimana Cara Mengurus Akta Kematian di Disdukcapil?

Untuk mengurus akta kematian di Disdukcapil, Anda harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut:

Syarat-Syarat Mengurus Akta Kematian di Disdukcapil

1. Surat Keterangan Kematian

Anda harus memiliki surat keterangan kematian yang dikeluarkan oleh rumah sakit atau kelurahan. Surat ini harus asli dan masih dalam keadaan bagus. Jika surat keterangan kematian hilang, Anda dapat mengurus salinan surat keterangan kematian dengan membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

  Cetak KTP di Disdukcapil

2. KTP Orang yang Meninggal

Anda harus membawa fotokopi KTP atau akta kelahiran yang sah dari orang yang meninggal dunia.

3. KTP Pelapor

Pelapor harus membawa fotokopi KTP atau akta kelahiran yang sah.

4. Surat Kuasa

Jika yang mengurus akta kematian bukan keluarga langsung dari orang yang meninggal dunia, maka pelapor harus membawa surat kuasa yang ditandatangani oleh keluarga langsung.

5. Biaya Pengurusan

Anda harus membayar biaya pengurusan akta kematian yang ditetapkan oleh Disdukcapil. Biaya ini dapat berbeda-beda tergantung dari wilayah.

Proses Pengurusan Akta Kematian di Disdukcapil

Setelah memenuhi syarat-syarat yang disebutkan di atas, proses pengurusan akta kematian bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Berkunjung ke Kantor Disdukcapil

Anda harus datang ke kantor Disdukcapil terdekat dengan membawa persyaratan yang telah disebutkan di atas.

2. Mengisi Formulir

Setelah sampai di kantor Disdukcapil, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan pembuatan akta kematian. Isilah formulir dengan benar dan jangan lupa untuk mengecek kembali sebelum menyerahkan ke petugas.

  Kartu Keluarga Sekarang Pakai Barcode

3. Membayar Biaya Pengurusan

Setelah mengisi formulir, Anda harus membayar biaya pengurusan akta kematian yang telah ditetapkan oleh Disdukcapil.

4. Menyerahkan Persyaratan

Setelah membayar biaya pengurusan, Anda harus menyerahkan persyaratan yang telah dipersiapkan ke petugas. Petugas akan memeriksa persyaratan dan memastikan bahwa semua persyaratan telah lengkap.

5. Tunggu Pengumuman

Setelah persyaratan dinyatakan lengkap, petugas akan memberikan waktu pengumuman untuk pengambilan akta kematian. Pengumuman biasanya diberikan dalam waktu tiga hari kerja.

6. Mengambil Akta Kematian

Setelah mendapatkan pengumuman, Anda dapat mengambil akta kematian di kantor Disdukcapil dengan membawa pengumuman dan KTP asli.

Kesimpulan

Pengurusan akta kematian di Disdukcapil memang memerlukan persyaratan yang cukup banyak. Namun, dengan memenuhi semua persyaratan dan mengikuti prosedur yang ditetapkan, Anda bisa mendapatkan akta kematian dengan mudah. Pastikan juga untuk membawa semua persyaratan yang dibutuhkan agar pengurusan dapat berjalan dengan lancar.

admin