Syarat Akta Cerai Disdukcapil Apa Saja | Jasa Dokumen

Syarat Akta Cerai Disdukcapil – dan bagaimana prosedurnya? Bagi pasangan yang memutuskan untuk mengakhiri kehidupan rumah tangga atau bercerai, tentu membutuhkan surat atau dokumen yang harus anda daftarkan sebagai syarat untuk mengajukan permohonan cerai ke pengadilan.

 

Apa Itu Syarat Akta Cerai Disdukcapil

 

Dokumen yang membutuhkan untuk pengajuan cerai ke pengadilan ini nantinya akan anda perlukan untuk membuat akta perceraian setelah putusan dari pengadilan keluar. Ada beberapa dokumen yang harus anda siapkan jika pasangan suami istri akan mengajukan permohonan cerai ke pengadilan.

 

Apa Itu Syarat Akta Cerai Disdukcapil

Akta perceraian adalah sebuah dokumen resmi yang berisi tentang bukti sah yang berguna untuk memberitahukan putusnya sebuah ikatan pernikahan pasangan suami istri. Berbeda dengan surat atau akta perkawinan. Yang akan keluar oleh dinas catatan sipil, akta cerai akan terbit oleh pengadilan agama atau pengadilan negeri.

Saat pasangan suami istri memutuskan untuk bercerai. Ada beberapa dokumen terkait yang perlu anda daftarkan  sebagai syarat permohonan cerai ke pengadilan. Namun sebelum mengurus akta perceraian. Anda perlu surat keputusan dari pengadilan sebagai salah satu syarat dokumen yang harus anda penuhi.

  Mengurus Surat Nikah di Catatan Sipil

 

Syarat membuat Akta Cerai Disdukcapil dan Bagaimana Cara Mengurusnya

Jika anda ingin cepat selesai dalam mengurus akta cerai, persiapkan terlebih dahulu dokumen apa saja yang harus anda bawa. Pastikan syarat atau dokumen yang akan anda butuhkan sudah lengkap dan benar. Lalu apa syarat bikin akta cerai.?

 

Syarat membuat Akta Cerai Disdukcapil dan Bagaimana Cara Mengurusnya

 

Syarat membuat Akta Cerai Disdukcapil untuk mendapatkan Surat Keputusan Perceraian

Dokumen pertama atau syarat pertama yang harus anda bawa adalah surat penetapan cerai dari pengadilan. Surat penetapan atau putusan perceraian ini akan keluar  oleh pengadilan negeri yang sudah memiliki kekuatan hukum.

 

Fotocopy KTP dan KK untuk Syarat membuat Akta Cerai Disdukcapil

Setelah surat penetapan perceraian, anda juga perlu membawa dokumen lain sebagai persyaratan yang harus anda penuhi yaitu KTP dan KK. Untuk dokumen ini anda hanya perlu fotokopi atau salinannya saja, namun anda bisa membawa yang asli untuk berjaga-jaga jika butuh lagi.

 

"</p

 

Akta Perkawinan Yang Asli untuk Syarat membuat Akta Cerai Disdukcapil

Dalam pengurusan akta perceraian pada Disduk Capil, anda juga perlu membawa akta pernikahan asli. Berbeda dengan buku nikah, akta perkawinan merupakan bukti peristiwa perkawinan yang sah untuk mendokumentasikan pernikahan suami istri.

 

Prosedur untuk Syarat membuat Akta Cerai Disdukcapil   

Setelah mengetahui apa itu akta cerai. Kemudian apa saja syarat yang harus anda bawa untuk pengurusan akta perceraian. Kali ini kami akan memberikan cara atau langkah untuk mengurus akta cerai dengan benar.

  • Mengisi formulir

Pengisian formulir merupakan salah satu persyaratan yang wajib untuk mengurus berbagai hal termasuk pengurusan akta perceraian. Anda akan mendapatkan formulir dari Disduk capil yang harus anda isi dengan melampirkan salinan penetapan putusan Pengadilan Negeri serta kutipan akta pernikahan.

  Penyedia Jasa Pelaporan Kelahiran ke KBRI Tokyo Terbaik

 

Prosedur untuk Syarat membuat Akta Cerai Disdukcapil   

 

  • Proses Register dan Pencatatan

Setelah mengisi formulir dengan benar, formulir yang sudah anda isi tersebut akan tercatat oleh pegawai pencatatan sipil yang bertugas pada instansi pelaksana yang nantinya akan tercatat register untuk akta perceraian. Setelah itu, petugas pencatatan juga akan memberikan sebuah catatan register akta cerai tersebut. Kemudian pegawai pencatatan akan mencabut kutipan akta pernikahan suami istri lalu terganti dengan kutipan akta perceraian.

Setelah tercatat, kutipan akta perceraian akan memberikan kepada masing-masing pasangan dari suami istri yang memutuskan bercerai. Lalu tugas instansi pelaksana berkewajiban memberitahukan hasil perceraian suami dan istri kepada instansi pelaksana yang mana peristiwa pernikahan tersebut tercatat.

  • Pencatatan Akta Cerai

Setelah langkah sebelumnya, panitera yang bertugas tersebut juga berkewajiban mengirimkan salinan putusan dari Pengadilan Negeri. Mengenai perceraian ke instansi pelaksana pencatatan pernikahan pasangan cerai tersebut terjadi sebelumnya. Jika proses tersebut sudah selesai, instansi pelaksana akan mencatat serta mereka ke database kependudukan. Dengan tercatatnya kutipan akta cerai pada database kependudukan, anda sudah sah cerai baik agama dan juga negara.

Untuk lama penerbitan akta perceraian dari pemohon atau pasangan suami istri yang akan bercerai. Biasanya akan terbit sekitar 6 hari kerja setelah pemohon menyerahkan syarat atau dokumen yang harus terpenuhi untuk permohonan akta perceraian Dukcapil.

 

Langkah Pengambilan Akta Perceraian dalam Syarat membuat Akta Cerai Disdukcapil

Setelah beberapa proses atau langkah yang sudah kami bahas sebelumnya, untuk anda yang akan mengambil akta cerai pada pengadilan bisa melakukan beberapa hal ini, antara lain adalah sebagai berikut;

  • Menyerahkan nomor untuk perkara permohonan akta perceraian
  • Menyerahkan fotokopi KTP dan memperlihatkan KTP aslinya saja
  • Setelah itu membayar PNBP atau pajak penerimaan negara bukan pajak untuk akta cerai sebesar Rp. 10.000
  • Jika yang mengambil orang lain, selain menyerahkan KTP pemberi serta penerima kuasa tersebut juga harus menyerahkan surat keterangan bahwa penerima kuasa tersebut orang tua atau saudara kandung. Untuk surat keterangan ini bisa meminta kepala desa atau lurah setempat.
  PENGURUSAN DOMISILI WNA

 

Langkah Pengambilan Akta Perceraian dalam Syarat membuat Akta Cerai Disdukcapil

 

Mengapa perceraian suami istri harus tercatat serta terurus akta cerainya? Dengan keluarnya akta cerai untuk pasangan suami istri yang bercerai ini memiliki fungsi penting yang sewaktu-waktu bisa berguna. Fungsi pertama yaitu bahwa surat atau akta perceraian adalah legalitas atau ketetapan hukum yang sah tentang putusnya perkawinan juga berfungsi sebagai bukti perubahan status seseorang sebagai janda atau duda.

Selain sebagai bukti perubahan status, akta perceraian juga berfungsi sebagai dokumen atau surat yang anda butuhkan untuk mengurus harta bersama atau gono gini, sebagai hak tunjangan untuk anak baik dari pihak istri maupun suami, selain itu juga untuk persyaratan pernikahan apabila ingin melakukan pernikahan lagi.

Sementara, untuk pemerintah setempat akta perceraian berfungsi sebagai bahan untuk mendapatkan statistik peristiwa yang bisa anda gunakan sebagai data dalam penetapan kebijakan dan pemantauan keluarga.

 

Kesimpulan dalam pengurusan Syarat membuat Akta Cerai Disdukcapil

Pada pembahasan sebelumnya adalah mengenai apa itu akta perceraian, yang harus anda siapkan, serta bagaimana prosedur bagi suami istri untuk permohonan ke pengadilan yang ingin mengajukan perceraian untuk mendapatkan akta perceraian.

 

Kesimpulan dalam pengurusan Syarat membuat Akta Cerai Disdukcapil

 

Kemudian juga kami memberikan informasi lengkap dan detail terkait apa saja yang harus anda persiapkan untuk mengajukan persyaratan akta cerai ke dukcapil. Semoga bermanfaat ya, apabila anda sibuk tidak memiliki waktu dan membutuhkan bantuan terkait pengurusan akta cerai atau apapun bisa menghubungi  kami.

Kami juga menawarkan berbagai solusi untuk anda yang tidak mau ribet mengurus berbagai dokumen seperti pembuatan visa, akta cerai dan dokumen lain. Mengapa harus kami? PT Jangkar Global Groups adalah perusahaan resmi yang sudah terdaftar pada kementerian sejak tahun 2008.

Jangan ragu mempercayakan kami sebagai partner dan tempat untuk pembuatan berbagai dokumen penting karena kami memiliki tempat atau kantor dengan alamat yang jelas. Selain itu, kami juga sudah terbukti memiliki kredibilitas dan legalitas badan usaha.

Bagaimana tertarik untuk menggunakan jasa kami? Segera hubungi kami melalui sambungan telepon, WhatsApp dan bisa melalui email.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Selanjutnya, Perusahaan di di rikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

  Transit Visa To China

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi