Siapa Yang Tidak Perlu Visa Luar Negeri

Memiliki paspor yang sah dan valid merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang yang ingin bepergian ke luar negeri. Namun, tidak semua orang membutuhkan visa untuk masuk ke negara lain. Siapa yang tidak perlu visa luar negeri? Mari kita simak artikel ini untuk mengetahuinya.

1. Warga Negara Indonesia yang Mendapatkan Visa Exemption

Warga negara Indonesia yang memiliki paspor biasanya memerlukan visa untuk masuk ke negara lain. Namun, beberapa negara memberikan visa exemption bagi warga negara Indonesia. Visa exemption adalah kebijakan yang memungkinkan pemegang paspor tertentu untuk masuk ke negara itu tanpa visa.

Negara-negara yang memberikan visa exemption bagi warga negara Indonesia antara lain Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Kamboja, Laos, Myanmar, Brunei Darussalam, Hong Kong, dan Makau. Namun, untuk beberapa negara seperti Amerika Serikat, warga negara Indonesia tetap membutuhkan visa untuk masuk meskipun telah mendapat visa exemption.

  Embassy Kolombia di Jakarta - Hubungi, Lokasi, & Layanan

2. Orang Asing dengan Izin Tinggal di Indonesia

Jika Anda adalah warga asing yang tinggal di Indonesia dan memiliki izin tinggal yang sah, Anda tidak perlu visa untuk mengunjungi beberapa negara. Namun, hal ini tergantung pada negara tujuan Anda. Misalnya, warga asing yang memiliki KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap) di Indonesia tidak perlu visa untuk masuk ke Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

3. Pemegang Paspor Diplomatik dan Layanan

Pemegang paspor diplomatik dan layanan juga tidak memerlukan visa untuk masuk ke banyak negara. Hal ini karena paspor diplomatik dan layanan diberikan kepada pejabat pemerintah dan staf konsuler yang melakukan tugas di luar negeri.

4. Pemegang Paspor Rakyat Taiwan

Pemegang paspor rakyat Taiwan juga termasuk dalam kategori orang yang tidak memerlukan visa untuk masuk ke beberapa negara. Paspor rakyat Taiwan adalah paspor yang diterbitkan oleh Republik Tiongkok. Negara-negara yang memberikan visa exemption bagi pemegang paspor rakyat Taiwan antara lain Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, dan Thailand.

  Persyaratan Visa Ke China Multiple

5. Penutup

Secara umum, ada beberapa kategori orang yang tidak memerlukan visa luar negeri. Namun, tetap perlu diperhatikan bahwa kebijakan visa exemption ini dapat berubah sewaktu-waktu dan tergantung pada negara tujuan Anda. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri, pastikan untuk memeriksa kebijakan visa dari negara tujuan Anda.

admin