Schengen Visa 90 Days Rule Multiple Entry

Apa itu Schengen Visa?

Schengen Visa adalah visa yang dikeluarkan oleh negara-negara anggota Schengen yang memungkinkan pemegangnya untuk masuk dan berada di wilayah Schengen selama maksimal 90 hari selama jangka waktu 180 hari.

90 Days Rule

Aturan 90 hari dalam Schengen Visa berarti bahwa pemegang visa tersebut hanya diperbolehkan tinggal di wilayah Schengen selama 90 hari dalam jangka waktu 180 hari. Artinya, Anda bisa tinggal selama 90 hari berturut-turut atau membaginya menjadi beberapa kunjungan selama masa berlaku visa.

Multiple Entry

Schengen Visa multiple entry memungkinkan pemegang visa untuk melakukan beberapa kunjungan ke wilayah Schengen selama masa berlaku visa. Namun, perlu diingat bahwa aturan 90 hari dalam jangka waktu 180 hari tetap berlaku.

  6 Month Multiple Entry Visa Thailand

Regulasi Schengen Visa

Schengen Visa diatur oleh Schengen Agreement yang ditandatangani pada tahun 1985 dan mulai berlaku pada tahun 1995. Saat ini, terdapat 26 negara anggota Schengen, termasuk negara-negara di Eropa seperti Prancis, Jerman, Italia, dan Spanyol.

Cara Mengajukan Schengen Visa

Untuk mengajukan Schengen Visa, Anda harus mengunjungi kedutaan atau konsulat negara Schengen yang ingin Anda kunjungi. Persyaratan dan prosedur pengajuan visa dapat bervariasi tergantung pada negara yang Anda kunjungi. Namun, secara umum, Anda harus menyediakan dokumen seperti paspor, bukti tiket pesawat, bukti akomodasi, dan bukti keuangan.

Berapa Lama Proses Pengajuan Schengen Visa?

Proses pengajuan Schengen Visa dapat memakan waktu antara beberapa minggu hingga beberapa bulan tergantung pada negara yang Anda kunjungi dan persyaratan visa yang Anda ajukan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan pengajuan visa jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan Anda.

Apakah Schengen Visa Bisa Diperpanjang?

Schengen Visa tidak bisa diperpanjang. Jika Anda ingin tinggal lebih lama dari 90 hari dalam jangka waktu 180 hari, Anda harus keluar dari wilayah Schengen dan kembali setelah jangka waktu yang ditentukan.

  Korean Multiple-Entry Visa Credit Card

Apakah Schengen Visa Bisa Diperpanjang Jika Terjadi Kondisi Darurat?

Jika terjadi kondisi darurat seperti sakit atau kecelakaan, Anda dapat mengajukan permohonan untuk memperpanjang visa Anda. Namun, keputusan akhir tetap di tangan pihak imigrasi negara yang Anda kunjungi.

Apakah Schengen Visa Dapat Digunakan untuk Bepergian ke Seluruh Eropa?

Schengen Visa hanya berlaku untuk wilayah Schengen dan tidak mencakup negara-negara non-Schengen seperti Inggris atau Swiss. Namun, beberapa negara non-Schengen seperti Serbia dan Makedonia menerima Schengen Visa untuk masuk ke wilayah mereka.

Apakah Schengen Visa Dapat Digunakan untuk Bekerja di Eropa?

Schengen Visa hanya diberikan untuk tujuan kunjungan sementara seperti wisata atau studi dan tidak dapat digunakan untuk bekerja di Eropa. Jika Anda ingin bekerja di Eropa, Anda harus mengajukan visa kerja yang sesuai.

Kesimpulan

Schengen Visa adalah visa yang memungkinkan pemegangnya untuk masuk dan berada di wilayah Schengen selama maksimal 90 hari selama jangka waktu 180 hari. Aturan 90 hari dalam Schengen Visa berarti bahwa pemegang visa tersebut hanya diperbolehkan tinggal di wilayah Schengen selama 90 hari dalam jangka waktu 180 hari. Schengen Visa multiple entry memungkinkan pemegang visa untuk melakukan beberapa kunjungan ke wilayah Schengen selama masa berlaku visa. Untuk mengajukan Schengen Visa, Anda harus mengunjungi kedutaan atau konsulat negara Schengen yang ingin Anda kunjungi.

  Multiple Entry Visa Requirements Japan
admin