Proses Penggantian Paspor Yang Rusak Akibat Kehilangan

Paspor adalah dokumen penting bagi seseorang yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun, terkadang paspor tersebut bisa rusak akibat kehilangan atau kecelakaan. Jika hal ini terjadi, maka harus segera di ganti agar tidak menghambat rencana perjalanan Anda. Berikut adalah proses penggantian paspor yang rusak akibat kehilangan atau kecelakaan.

  Syarat Perpanjangan Paspor Anak 2023

1. Membuat Laporan Kehilangan Kepolisian | Proses Penggantian Paspor Yang Rusak

Jika paspor hilang, maka langkah pertama yang harus di lakukan adalah membuat laporan kehilangan ke polisi. Hal ini di lakukan untuk menghindari penyalahgunaan paspor oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pastikan untuk membawa dokumen-dokumen yang di perlukan seperti KTP, KK, dan surat pengantar dari RT/RW atau kelurahan. Setelah membuat laporan, polisi akan memberikan surat keterangan kehilangan yang harus di simpan dengan baik.

2. Mengisi Formulir Permohonan dalam Proses Penggantian Paspor Yang Rusak

Mengisi Formulir Permohonan dalam Proses Penggantian Paspor Yang Rusak

Setelah mendapatkan surat keterangan kehilangan dari polisi, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir permohonan penggantian paspor yang rusak atau hilang. Formulir ini bisa di ambil di kantor Imigrasi atau di unduh melalui website resmi Imigrasi. Pastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan lengkap, serta melampirkan dokumen-dokumen yang di perlukan seperti fotokopi KTP, NPWP, dan surat keterangan kehilangan polisi.

3. Membayar Biaya Penggantian Paspor

Setelah mengisi formulir permohonan, langkah selanjutnya adalah membayar biaya penggantian paspor. Biaya ini bisa berbeda-beda tergantung jenis paspor dan keadaan yang menyebabkan paspor rusak atau hilang. Pastikan untuk membayar biaya tersebut secara tepat dan sesuai dengan yang di tentukan oleh kantor Imigrasi.

  Peraturan Paspor Baru 2023

4. Datang ke Kantor Imigrasi Pada Proses Penggantian Paspor Yang Rusak

Datang ke Kantor Imigrasi Pada Proses Penggantian Paspor Yang Rusak

Setelah membayar biaya, langkah terakhir adalah datang ke kantor Imigrasi sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan. Pastikan untuk membawa semua dokumen yang di perlukan seperti formulir permohonan, surat keterangan kehilangan polisi, fotokopi KTP dan NPWP, serta paspor lama jika masih ada. Selain itu, pastikan juga untuk mengenakan pakaian yang sopan dan tidak membawa barang-barang terlarang seperti senjata tajam atau narkoba.

5. Proses Verifikasi dalam Proses Penggantian Paspor Yang Rusak

Setelah tiba di kantor Imigrasi, petugas akan melakukan proses verifikasi dokumen dan memeriksa keabsahan informasi yang telah Anda berikan. Pastikan untuk memberikan informasi yang benar dan jangan mengada-ada, karena hal ini bisa merugikan Anda di kemudian hari. Jika dokumen Anda sudah di verifikasi, maka Anda akan di berikan nomor antrean dan menunggu giliran untuk foto dan sidik jari.

6. Foto dan Sidik Jari

Setelah mendapat nomor antrean, langkah selanjutnya adalah melakukan foto dan sidik jari. Maka, pastikan untuk mengikuti petunjuk dari petugas dan mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Selain itu, pastikan juga untuk tidak ada gangguan seperti kaca mata atau hijab yang menghalangi wajah dan sidik jari.

  Urus Paspor Online Biaya 2024 - Panduan Lengkap

7. Proses Cetak Paspor dalam Penggantian Paspor Yang Rusak

Sehingga, setelah foto dan sidik jari selesai, langkah terakhir adalah mencetak paspor baru yang akan di berikan kepada Anda. Proses ini bisa memakan waktu beberapa jam tergantung dari antrean dan keadaan kantor Imigrasi. Setelah proses selesai, pastikan untuk memeriksa kembali data pada paspor baru Anda agar tidak terjadi kesalahan seperti kesalahan penulisan nama atau tanggal lahir.

8. Kesimpulan

Proses penggantian paspor yang rusak akibat kehilangan atau kecelakaan bisa memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Namun, hal ini harus di lakukan untuk memastikan perjalanan Anda berjalan lancar dan tidak terhambat oleh masalah paspor. Pastikan untuk mengikuti prosedur yang di tentukan oleh kantor Imigrasi dan memberikan informasi yang benar dan lengkap.

PT. Jangkar Global Groups akan memberi solusi terbaik.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Selanjutnya, Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

admin