Prosedur Apostille Kemenkumham Yang Lagi Viral | Jasa Legalisir

Prosedur Apostille Kemenkumham Yang Lagi Viral – Prosedur apostille adalah proses legalisasi dokumen untuk membuatnya sah di luar negeri. Dalam konteks hukum internasional, prosedur apostille sangat penting untuk memastikan bahwa dokumen yang di perlukan untuk transaksi bisnis, pendidikan, atau keperluan hukum lainnya dapat di akui secara resmi di negara-negara lain.

 

Pengenalan tentang prosedur apostille

 

Pengenalan tentang prosedur apostille

Proses apostille di lakukan dengan menempatkan stempel dan tanda tangan resmi pada dokumen yang memverifikasi keaslian dokumen tersebut. Artikel ini akan memberikan informasi rinci tentang prosedur apostille, dokumen apa saja yang dapat di apostil, serta langkah-langkah yang harus di ikuti untuk mengapostil dokumen.

 

Kenapa prosedur apostille penting dalam konteks hukum internasional

Prosedur apostille sangat penting dalam konteks hukum internasional karena dapat mempermudah dan mempercepat proses legalisasi dokumen antar negara. Dalam situasi bisnis atau hukum internasional, sering kali di perlukan dokumen seperti akta kelahiran, akta nikah, akta kematian, ijazah, sertifikat keahlian, kontrak, dan dokumen penting lainnya. Namun, dokumen tersebut harus di akui secara resmi di negara lain agar dapat di gunakan dengan sah.

 

Kenapa prosedur apostille penting dalam konteks hukum internasional

 

Prosedur apostille memastikan bahwa dokumen yang di terbitkan di suatu negara telah di sahkan secara resmi dan dapat di akui di negara-negara lain yang juga mengakui apostille. Dengan demikian, prosedur apostille membantu mempercepat dan mempermudah proses legalisasi dokumen antar negara, mengurangi biaya dan waktu yang di perlukan untuk mengurus legalisasi dokumen secara tradisional. Dalam beberapa kasus, dokumen yang tidak di apostil dapat di tolak oleh otoritas negara asing dan mengakibatkan penundaan atau bahkan kegagalan dalam menyelesaikan transaksi bisnis atau hukum internasional. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang prosedur apostille sangat penting bagi siapa saja yang terlibat dalam transaksi bisnis atau hukum internasional.

 

Definisi Prosedur Apostille

Apostille adalah prosedur legalisasi dokumen resmi yang di tetapkan oleh Konvensi Den Haag tahun 1961. Sertifikat Apostille merupakan sertifikat resmi yang di keluarkan oleh negara penerbit dokumen dan menegaskan keaslian dan legalitas dokumen tersebut. Apostille di gunakan untuk mengesahkan dokumen yang di keluarkan di satu negara, sehingga dapat di akui di negara lain yang juga mengakui Apostille. Sertifikat Apostille memuat informasi tentang nama dan kualifikasi pihak yang menandatangani dokumen, tempat di mana dokumen tersebut di keluarkan, tanggal keluarnya dokumen, dan nomor referensi atau segel pemerintah yang terkait dengan dokumen tersebut. Apostille memudahkan proses legalisasi dokumen antarnegara dan sangat penting dalam konteks hukum internasional.

 

Definisi Prosedur Apostille

 

Negara-negara yang mengakui Prosedur Apostille

Sejak Konvensi Den Haag tahun 1961, banyak negara telah menandatangani perjanjian untuk mengakui Apostille. Saat ini, lebih dari 120 negara mengakui Apostille, termasuk sebagian besar negara di Eropa, Amerika, dan Asia. Beberapa negara yang mengakui Apostille antara lain:

  Legalisir Dan Legalisasi Kemenkumham

 

Amerika Serikat

Kanada

Australia

Inggris

Prancis

Jerman

Spanyol

Belanda

Jepang

Korea Selatan

Singapura

Malaysia

Indonesia

Daftar ini masih bisa berubah karena beberapa negara dapat bergabung atau keluar dari konvensi yang mengakui Apostille. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa apakah negara tujuan Anda mengakui Apostille sebelum memulai proses legalisasi dokumen.

 

Negara-negara yang mengakui Prosedur Apostille

 

Dokumen apa saja yang dapat di Prosedur Apostille

Beberapa jenis dokumen yang dapat di apostil meliputi:

  • Dokumen pribadi seperti akta kelahiran, akta nikah, akta kematian, dan dokumen identitas seperti paspor, KTP, dan SIM.
  • Dokumen akademik seperti ijazah, transkrip nilai, dan sertifikat pelatihan.
  • Dokumen hukum seperti surat kuasa, kontrak, perjanjian, dan dokumen perusahaan.
  • Dokumen medis seperti sertifikat kesehatan dan resep medis.
  • Dokumen keuangan seperti laporan keuangan, surat pinjaman, dan surat kredit.
  • Dokumen lain seperti surat pernyataan, surat rekomendasi, dan surat perintah.

Namun, dokumen yang dapat di apostil dapat berbeda-beda tergantung pada negara penerbit dokumen dan negara tujuan di mana dokumen tersebut akan di gunakan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa dengan otoritas yang berwenang di negara Anda untuk mengetahui jenis dokumen mana yang dapat di apostil dan persyaratan apa saja yang harus di penuhi untuk mengapostil dokumen tersebut.

 

Dokumen apa saja yang dapat di Prosedur Apostille

 

Persyaratan dokumen untuk mengapostil

Persyaratan dokumen yang harus di penuhi untuk mengapostil biasanya berbeda-beda tergantung pada negara penerbit dokumen dan negara tujuan di mana dokumen tersebut akan di gunakan. Namun, beberapa persyaratan umum yang harus di penuhi untuk mengapostil dokumen antara lain:

  • Dokumen harus asli atau salinan yang telah di legalisasi oleh otoritas yang berwenang.
  • Dokumen harus di terbitkan oleh otoritas yang berwenang dan di akui oleh hukum negara penerbit dokumen.
  • Dokumen harus berbahasa resmi negara penerbit dokumen atau di terjemahkan ke bahasa resmi negara tujuan.
  • Dokumen harus telah di beri tanda tangan dan stempel resmi oleh otoritas yang berwenang.
  • Dokumen harus tidak mengandung tanda-tanda pemalsuan atau penyalahgunaan.

 

Persyaratan dokumen untuk mengapostil

 

Pastikan Anda memeriksa persyaratan dokumen yang berlaku di negara penerbit dokumen dan negara tujuan sebelum memulai proses mengapostil dokumen. Selain itu, pastikan dokumen yang akan di apostil sudah benar-benar lengkap dan tidak mengandung kesalahan atau ketidakakuratan, karena kesalahan atau ketidakakuratan dalam dokumen dapat menyebabkan proses legalisasi menjadi terhambat atau bahkan di tolak.

Mencari kantor yang mengeluarkan Prosedur Apostille

Untuk mengeluarkan Apostille pada dokumen, Anda harus menghubungi kantor pemerintah atau lembaga yang berwenang di negara penerbit dokumen. Biasanya, kantor yang mengeluarkan Apostille adalah kantor pemerintah yang terkait dengan urusan luar negeri atau departemen yudisial. Misalnya, di Amerika Serikat, Kantor Departemen Negara AS adalah lembaga yang berwenang mengeluarkan Apostille, sementara di Inggris, Kantor Foreign and Commonwealth Office yang berwenang mengeluarkan Apostille.

Anda dapat mencari informasi tentang kantor yang berwenang mengeluarkan Apostille di negara penerbit dokumen dengan melakukan pencarian online atau menghubungi kedutaan atau konsulat negara tujuan di negara Anda. Selain itu, banyak negara memiliki situs web resmi yang memberikan informasi tentang prosedur Apostille dan lembaga yang berwenang mengeluarkan Apostille. Pastikan untuk memeriksa apakah dokumen Anda memenuhi persyaratan sebelum mengirim dokumen ke kantor yang mengeluarkan Apostille.

  Cara Pembayaran Apostille Kemenkumham

 

Mencari kantor yang mengeluarkan Prosedur Apostille

 

Memproses dokumen untuk Prosedur Apostille

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk memproses dokumen untuk diapostil:

  • Pastikan dokumen yang akan di apostil telah di persiapkan sesuai dengan persyaratan yang berlaku di negara penerbit dokumen dan negara tujuan. Pastikan dokumen sudah lengkap, benar, dan telah di legalisasi oleh otoritas yang berwenang.
  • Hubungi kantor pemerintah atau lembaga yang berwenang di negara penerbit dokumen untuk mengetahui prosedur dan persyaratan untuk mengapostil dokumen tersebut.
  • Isi formulir aplikasi untuk mengapostil dokumen, dan lengkapi dengan informasi yang di perlukan seperti nama dan alamat penerima dokumen.
  • Bayar biaya yang di perlukan untuk mengapostil dokumen. Biaya untuk mengapostil dokumen dapat bervariasi tergantung pada negara penerbit dokumen dan jenis dokumen yang akan di apostil.
  • Serahkan dokumen asli atau salinan yang telah di legalisasi oleh otoritas yang berwenang ke kantor pemerintah atau lembaga yang berwenang. Pastikan untuk menunjukkan formulir aplikasi dan bukti pembayaran biaya saat menyerahkan dokumen.
  • Tunggu proses mengapostil selesai. Lama waktu yang di butuhkan untuk mengapostil dokumen dapat bervariasi tergantung pada negara penerbit dokumen dan jumlah dokumen yang harus di apostil.
  • Ambil dokumen yang sudah di apostil dari kantor pemerintah atau lembaga yang berwenang, atau dokumen dapat di kirimkan ke alamat yang telah di sebutkan dalam formulir aplikasi.

 

Memproses dokumen untuk Prosedur Apostille

 

Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan teliti dan memeriksa apakah semua persyaratan telah di penuhi sebelum mengirim dokumen ke kantor yang mengeluarkan Apostille.

 

Biaya yang dikeluarkan untuk Prosedur Apostille

Untuk Biaya untuk proses Apostille dapat bervariasi tergantung pada negara penerbit dokumen dan jenis dokumen yang akan di apostil. Biaya yang di keluarkan biasanya mencakup biaya administrasi, biaya pengiriman dokumen, dan biaya untuk mengapostil dokumen. Selain itu, biaya tambahan mungkin di perlukan untuk mengurus legalisasi dokumen sebelum dokumen dapat di apostil.

 

Sebaiknya Anda memeriksa biaya yang berlaku di negara penerbit dokumen dan negara tujuan sebelum memulai proses mengapostil dokumen. Pastikan untuk memeriksa apakah ada biaya tambahan yang harus di penuhi, seperti biaya pengiriman dokumen atau biaya tambahan untuk proses legalisasi dokumen. Hal ini penting untuk di antisipasi agar Anda tidak mengalami keterlambatan dalam proses mengapostil dokumen.

 

Biaya yang dikeluarkan untuk Prosedur Apostille

 

Contoh kasus penggunaan Prosedur Apostille dalam hukum internasional

Berikut adalah beberapa contoh kasus penggunaan apostille dalam hukum internasional:

  • Seorang mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke Amerika Serikat harus mengapostil ijazah dan transkrip nilai dari universitas di Indonesia agar dapat di akui oleh perguruan tinggi di Amerika Serikat.
  • Seorang warga Inggris yang ingin membeli properti di Prancis harus mengapostil dokumen yang di butuhkan seperti paspor dan dokumen keuangan agar dapat di akui secara resmi oleh pihak berwenang di Prancis.
  • Seorang perusahaan Jepang yang ingin memperluas bisnis ke Korea Selatan harus mengapostil dokumen seperti sertifikat perusahaan dan kontrak bisnis agar dapat di akui oleh pihak berwenang di Korea Selatan.
  • Seorang warga Singapura yang ingin menikahi warga India harus mengapostil dokumen seperti akta kelahiran dan surat keterangan belum menikah agar dapat di akui oleh pihak berwenang di India.
  • Seorang dokter Malaysia yang ingin berpraktek di Australia harus mengapostil dokumen seperti sertifikat medis dan sertifikat keahlian agar dapat di akui oleh pihak berwenang di Australia.
  Legalisasi Dokumen Di Kemenkumham Resmi Terdaftar Kementrian

 

Contoh kasus penggunaan Prosedur Apostille dalam hukum internasional

 

Dalam semua contoh tersebut, prosedur apostille penting untuk memastikan bahwa dokumen yang di perlukan dapat di akui secara resmi di negara tujuan dan dapat di gunakan untuk transaksi bisnis, pendidikan, atau keperluan hukum lainnya secara sah.

 

Bagaimana Prosedur Apostille dapat membantu mempercepat proses legalisasi dokumen

Apostille dapat membantu mempercepat proses legalisasi dokumen antarnegara karena Apostille menyederhanakan dan mengurangi biaya yang di perlukan untuk mengurus legalisasi dokumen secara tradisional. Proses legalisasi dokumen tradisional melibatkan beberapa tahapan, seperti mengesahkan dokumen oleh notaris atau pejabat yang berwenang, mengesahkan dokumen oleh kantor departemen luar negeri, mengesahkan dokumen oleh kedutaan atau konsulat negara tujuan, dan menunggu persetujuan dari pihak berwenang di negara tujuan.

 

Dalam proses apostille, dokumen yang di keluarkan di suatu negara akan di apostil di negara yang sama, yaitu oleh otoritas yang berwenang untuk mengeluarkan Apostille. Dengan demikian, proses legalisasi dokumen menjadi lebih sederhana dan cepat, karena tidak perlu melalui tahapan legalisasi yang rumit dan memakan waktu di beberapa negara yang berbeda.

 

Bagaimana Prosedur Apostille dapat membantu mempercepat proses legalisasi dokumen

 

Selain itu, Apostille juga memudahkan proses legalisasi dokumen antar negara karena negara-negara yang mengakui Apostille telah menyetujui standar internasional yang sama untuk legalisasi dokumen. Oleh karena itu, ketika dokumen diapostil, negara tujuan akan lebih cepat dan mudah mengakui keaslian dokumen tersebut, karena dokumen tersebut telah memenuhi standar internasional yang sama yang telah di sepakati oleh negara penerbit dokumen dan negara tujuan.

 

Dengan demikian, Apostille sangat penting dalam mempercepat proses legalisasi dokumen antar negara, dan sangat membantu dalam mempercepat transaksi bisnis atau keperluan hukum internasional yang memerlukan legalisasi dokumen.

 

Kami Mengerti Masalah Prosedur Apostille Yang Anda Hadapi 

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

Serahkan semua permasalahan Prosedur Apostille anda kepada Biro jasa pengurusan visa :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa di hubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan order
  8. Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  9. Proses cepat dan akurat dan di jamin keasliannya.
  10. Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  11. Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Bagaimana caranya Prosedur Apostille ?

Cara kirim dokumen biro jasa pengurusan visa bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda . Bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi Prosedur Apostille yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan di karenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan di kembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

 

Adi