Persyaratan Visa X Permit Visa India

Dari semua jenis visa yang telah keluar oleh pemerintah India untuk warga negara asing, Visa X adalah salah satunya. Oleh karena itu, untuk memperoleh visa ini, persyaratan Visa X Permit Visa India pun harus terpenuhi terlebih dahulu. Sebelum mengetahui persyaratan dan prosedur pengajuannya, simak pengertian tentang Visa X pada bawah ini:

Visa X India

Sebelum membahas tentang persyaratan Visa X Permit Visa India, perlu kamu ketahui mengenai apa itu Visa X. Visa X merupakan jenis visa kunjungan masuk. Jenis visa ini dapat terberikan kepada seseorang yang menikah dengan orang India atau keturunan langsung dari orang India, namun bukan warga negara India.

baca juga : Urus Visa India untuk Indonesia

Selain itu, Visa X ini juga dapat terberikan kepada orang asing yang datang ke India untuk beragam keperluan lain yang tidak tergolong kepada jenis visa lainnya yang ada serta untuk atlet. Untuk lebih jelasnya, simak jenis-jenis Visa X yang keluar oleh Pemerintah India ini:

baca juga : Persyaratan OCI Card India

 

Visa X Permit Visa India

 

1. Visa X-1

Jenis visa X-1 terberikan kepada seseorang yang tidak memiliki OCI. OCI merupakan kependekan dari Overseas Citizenship of India. Kemudian itu, pasangan dari orang India atau orang keturunan India memiliki hak tinggal pada India tanpa batas waktu. Jika sudah memiliki OCI, maka bukan Visa X-1 yang  akan kamu butuhkan.

baca juga : Persyaratan Visa X Permit Visa India

2. Visa X-2

Bagi pasangan dari orang India atau keturunan India asli dan sudah memiliki OCI, maka yang harus kamu butuhkan adalah jenis Visa X-2. Yang membedakan antara Visa X-1 dan Visa X-2 adanya OCI. Sementara itu, meskipun OCI merupakan kartu bukti bahwa yang bersangkutan merupakan ‘orang India’, namun kartu ini tidak sama seperti warga negara India. 

baca juga : Terjemah Bahasa India ke Bahasa Indonesia

Maksudnya itu, bahwa pemegang kartu OCI terakui sebagai orang India, namun tidak memiliki hak sebagai warga negara India. Contoh mudahnya adalah pemegang kartu OCI bisa tinggal ke India tanpa batas waktu, namun tidak memiliki hak memilih saat terlakukan pemilihan umum pada India. 

baca juga : Persyaratan Visa Visit India

Selain itu, OCI juga tidak akan memberikan bagi orang yang pernah menjadi warga negara Pakistan dan Bangladesh serta keturunannya. 

baca juga : Legalisir Free of Sales Kedutaan India

Visa X-1 & x-2

 

  J1 Visa to Fiance Visa: Panduan Lengkap untuk Para Pasangan yang Ingin Menikah di Amerika Serikat

3. Visa X-Misc

Visa jenis ini bisa terberikan kepada orang asing yang tidak masuk dalam golongan jenis visa India yang ada lainnya. Oleh karena itu, perlu anda ketahui, selain Visa X atau visa masuk ada 6 jenis visa lain yang bisa terbit oleh Pemerintah India melalui kementerian luar negerinya. 

baca juga : Persyaratan Menikah WNA India di Indonesia

Jenis visa tersebut antara lain: visa turis, visa bekerja, visa bisnis, visa film, visa pelajar, serta visa konferensi. Setiap bentuk visa masih masih memiliki pembagian klasifikasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing pemohon. 

baca juga : Apostille Kedutaan India

4. Visa X-SP

Terakhir adalah jenis Visa X-SP yang khusus memberikan kepada seorang atlet. Visa ini hanya akan terberikan kepada atlet yang akan mengikuti kejuaraan internasional yang terselenggarakan pada India. 

baca juga : Jasa Legalisir Akta Kelahiran di Kedutaan India

Untuk mendapatkan visa ini perlu adanya surat pernyataan dari federasi atau asosiasi olahraga tersebut pada India dan telah tersetujui oleh pemerintah. Oleh karena itu, persetujuan dari Pemerintah India ini memberikan melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga dengan mengetahui oleh Kementerian Urusan Luar Negeri dan Kementerian Dalam Negeri India.

baca juga : Jasa Urus SKBM Kedutaan India

Persyaratan Pengajuan Visa X Permit Visa India

 

Permohonan Visa India

Agar bisa mendapatkan Visa X, ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi. Dokumen yang persyaratnnya berbeda untuk setiap pengajuan visa, yaitu:

1. Syarat Visa X1 dan X2

Visa X1 dan X2 merupakan visa yang akan terberikan kepada yang menikah dengan orang India atau keturunan India. Kemudian itu, berikut adalah persyaratan yang harus kamu penuhi bagi pemohon Visa X untuk jenis Visa X1 dan Visa X2:

  Cara Bikin Visa Turis

  • Surat bukti menikah dengan orang India atau akta kelahiran bagi keturunan India.
  • Copy atau print out konfirmasi tiket penerbangan dari dan ke negara asal. 
  • Salinan paspor India atau salinan paspor dengan visa India yang valid.
  • Surat dari pasangan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan akan menanggung biaya hidupnya.

 baca juga : Jasa Legalisir Kedutaan India, Solusi Kepengurusan Dokumen Student Exchenge Anda

2. Syarat Visa X-Misc

Sementara itu, untuk urusan lainnya yang tidak memiliki jenis visa khusus lainnya. Jadi jika akan datang ke India dan bukan termasuk dalam kelompok visa lainnya, dokumen yang perlu adalah:

  • Surat bukti yang menyatakan tujuan kunjungan ke India.
  • Paspor asli dan salinannya. 
  • Salinan dari tiket penerbangan pulang.

baca juga : Legalisir Dokumen Kedutaan India

dokumen yang diperlukan untuk visa x

 

3. Syarat Visa X-Sp

Kejuaraan olahraga dunia juga sering terselenggarakan pada India. Bagi atlet yang akan datang ke India karena akan mengikuti kejuaraan, dokumen yang terbutuhkan adalah:

  • Salinan dokumen persetujuan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga India.
  • Copy dokumen persetujuan dari Kementerian Luar Negeri India (MEA).
  • Salinan dokumen persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri India (MHA).
  • Rekomendasi dari klub/asosiasi/Kementerian Pemuda dan Olahraga India.
  • Surat undangan klub/asosiasi/federasi India yang menjadi penyelenggara kejuaraan olahraga tersebut.
  • Salinan dari tiket penerbangan pulang ke Indonesia.

baca juga : Biro Jasa Penerjemah Tersumpah Bahasa India

Cara Pengajuan Visa X India

Setelah memenuhi semua dokumen persyaratan Visa X Permit Visa India, langkah selanjutnya adalah melakukan prosedur pengajuan. Oleh karena itu, mengenai prosedur yang harus terlaksanakan oleh pemohon adalah yaitu:

  • Melakukan pendaftaran online dengan mengisikan identitas secara lengkap pada www.indianvisaonline.gov.in/visa. Print formulir yang telah terisi dan kemudian tanda tangani.
  • Mengumpulkan dokumen yang telah tersyaratkan melalui lokasi pendaftaran visa India atau pada Indian Mission.  Sertakan pula 2 lembar foto paspor (ukuran 51mm x 51mm) yang terambil dalam 3 bulan terakhir. Dalam foto harus mengenakan pakaian berwarna gelap dan bukan seragam, berlatar belakang putih. Telinga, dahi, dan dagu wajib terlihat dengan jelas.

 baca juga : LEGALISIR AKTA PERKAWINAN DI KEDUTAAN INDIA

Waktu yang akan kamu butuhkan untuk memproses visa minimal adalah 3 hari kerja. Jumlah waktu yang terbutuhkan untuk memproses visa juga tergantung pada kewarganegaraan pemohon serta hal-hal khusus lainnya. 

 baca juga : PERSYARATAN VISA BISNIS INDIA

Setelah itu, visa terproses yang tersetujui, paspor dan visa dapat kamu ambil pada lokasi tempat pendaftaran visa. Penerimaan visa ini juga bisa melakukan melalui jalur layanan pos jika lokasi Anda terlalu jauh dari tempat pengurusan visa.

baca juga : PERSYARATAN MEMBUAT NOC INDIA

Prosedur Pengajuan Visa X India

 

  Visa 7: Semua yang Perlu Anda Ketahui
Jasa Pengurusan Visa X India

Selain persyaratan Visa X Permit Visa India yang cukup membingungkan, proses pengajuannya pun tidak segampang yang terbayangkan. Oleh karena itu,  perlu menentukan jenis Visa X seperti apa yang akan terajukan. Bila salah mengajukan, jelas aplikasi visa tidak akan terproses oleh pemerintah India melalui kedutaan.

 baca juga : LEGALISIR BUKU NIKAH DI KEDUTAAN INDIA

Oleh karena itu, untuk pengurusan Visa X India, ada baiknya untuk memanfaatkan jasa kami. Kami sudah berpengalaman dalam prosedur pengurusan visa ke berbagai negara, termasuk visa masuk ke India. Anda hanya perlu mempersiapkan dokumen yang harus terbutuhkan, dan kamilah yang akan memproses prosedur pengajuannya sampai visa sampai ke tangan Anda.

baca juga : VISA KERJA INDIA

Layanan pengurusan visa yang jasa kami lakukan pun terjamin melalui proses legal, sehingga Anda tidak akan memiliki masalah selama keperluan Anda ke India nanti. setelah itu, kami lakukan sesuai prosedur yang Anda. Semua proses rumit yang seharusnya Anda lalui, bisa kami selesaikan.

baca juga : VISA MALAYSIA FOR INDIAN CITIZENS

 

Jadi, cukup siapkan semua persyaratan Visa X Permit Visa India dan Anda tinggal menunggu tim kami memproses semuanya. Anda hanya perlu menunggu sampai Visa X Anda selesai sesuai dengan jenis yang Anda butuhkan. Biarkan jasa kami yang melakukan semua pekerjaan yang merepotkan untuk Anda. 

baca juga : VISA MALAYSIA FOR INDIAN CITIZENS

BIRO JASA VISA INDIA