Persyaratan Visa Turis Jepang

Persyaratan Visa Turis Jepang – Apakah Anda ingin menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi negeri sakura? Untuk mendapatkan izin masuk, tentu harus memiliki visa. Sebab itulah ketahui apa saja persyaratan visa turis ke Jepang yang wajib di penuhi, sehingga pengajuan bisa di terima. Sebagai wisatawan asing, Anda harus punya dokumen perjalanan yang menjadi tiket masuk.

 

Beberapa Persyaratan Visa Turis Jepang

 

 

Rekomendasi tersebut bisa di dapatkan dengan melakukan pengajuan ke badan yang di tunjuk oleh Jepang di Indonesia. Syarat-syaratnya juga lumayan banyak. Tapi bukan itu saja, ada ketentuan dan tata caranya supaya permohonan diterima. Pihak Jepang menerapkan beberapa aturan terkait prosesnya. Agar panduannya lebih jelas, simak penjelasan berikut.

 

Beberapa Persyaratan Visa Turis Jepang

Total ada tujuh persyaratan visa turis ke Jepang yang harus di lengkapi. Tapi itu tidak termasuk kalau sewaktu-waktu ada dokumen tambahan yang di minta oleh instansi terkait. Sebagai langkah persiapan, lengkapi berkas-berkas utama di bawah:

1. Paspor 

Paspor merupakan syarat utama dalam pembuatan visa. Dokumen ini, di gunakan oleh pihak pembuat untuk melakukan proses verifikasi. Biasanya melihat negara mana saja, yang pernah di kunjungi maupun pernah mendapati masalah atau tidak. Masa berlaku paspor minimal aktif enam bulan ke depan.

Jika hampir habis, sebaiknya di perpanjang dahulu. Khusus bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi Jepang, perlu mendaftarkan paspor ke Kedubes atau Konsulat Jenderal Jepang yang berlokasi di Jalan MH Thamrin.

2. Formulir Permohonan Visa  

Persyaratan yang kedua adalah formulir permohonan. Berkas dapat di akses lewat sirus resmi www.id.emb-japan.go.jp/. Jadi, tidak perlu mengambil formulirnya ke kantor. Karena berbentuk soft file, diharuskan mengunduhnya terlebih dahulu. Kemudian dapat menggunakan Adobe Acrobat Reader dalam proses pengisiannya. Begitu pula kalau hendak mencetak formulir dengan QR Code (PDF).

  Mengajukan Visa MVV Belanda

3. Pas Foto

Sama seperti syarat visa yang lain, jenis turis atau wisata ini juga memerlukan pas foto. Gambar diri diambil sesuai aturan yang dijelaskan dalam situs resmi apply visa Jepang. Foto tidak perlu menggunakan background, yakni warna layar belakangnya putih.

 

Apa Saja Persyaratan Visa Turis ke Jepang

 

Gambar juga wajib di ambil secara langsung apa adanya dan bukanlah hasil editing. Agar di terima, foto tidak boleh blur dan wajah tampak jelas. Lalu ukurannya tidak boleh keluar dari ketentuan, yaitu 4,5 × 3,5 sentimeter.

 

4. Dokumen Data Diri

Persyaratan visa turis ke Jepang yang keempat yaitu dokumen data diri. Dalam pengajuan ini, identitas yang di gunakan yaitu Kartu Tanda Penduduk. Tidak perlu melampirkan yang asli, cukup sertakan saja salinannya. Sebab pembuatannya lama dan berkas harus ditinggal.

Kalau yang ikut wisata itu tidak hanya satu orang, maka ada dokumen tambahan. wajib melampirkan satu buah berkas yang membuktikan hubungan dengan Anda. Bisa menggunakan fotokopi akta kelahiran ataupun Kartu Keluarga.

5. Bukti Pemesanan Tiket

Untuk tujuan berwisata ke luar negeri, ada syarat bukti pemesanan tiket yang perlu di lampirkan saat mengajukan visa. Tiket ini menjadi berkas yang akan meyakinkan pihak instansi terkait bahwa perjalanan benar di lakukan. Jadi, tiket pesawat dipesan sebelum proses pengajuan.

Tiket pesawat menjadi dokumen sah yang akan membuktikan seseorang pergi ke Jepang. Tapi untuk diperhatikan, pemesanan tiket di lakukan pulang dan pergi sekaligus. Sebab tiket yang di pesan sekali jalan, akan berisiko ditolaknya permohonan.

 

  Cara Mendapatkan Visa Bisnis Jepang Untuk Industri

Persyaratan Visa Turis Jepang

 

 

6. Travel Itinerary

Ini adalah persyaratan visa turis ke Jepang yang tidak boleh di tinggalkan. Selain melampirkan bukti pemesanan tiket pesawat, Anda pun di haruskan membuat jadwal perjalanan. Kegiatan di tulis lengkap mulai masuk ke negeri sakura hingga nantinya pulang ke Indonesia.

Format travel itinerary tidak perlu dibuat secara manual. Dalam situs resmi badan yang memproses visa ke Jepang sudah ada dokumennya, jadi tinggal di unduh. Sesuai yang ada di format, kegiatan diisi dengan tanggal, rencana aktivitas, kontak, serta akomodasi.

7. Dokumen yang Berkenaan dengan Biaya Perjalanan

Permohonan akan di setujui kalau Anda menyertakan berkas yang menunjukkan kondisi keuangan. Karena berwisata di Jepang itu biayanya besar, maka harus di buktikan kalau mampu menjamin kehidupan di sana. Paling tidak saldo di rekening Rp15 juta untuk wisata 15 hari.

Jenis berkas yang dapat di lampirkan yaitu buku tabungan tiga bulan terakhir atau bisa juga rekening koran. Nantinya yang di serahkan berupa salinan atau fotokopi. Kalau perjalanan di biayai oleh orang lain, maka menyertakan dokumen yang menjelaskan hubungan dengan penanggung jawab.

 

 

Ketentuan dalam Persyaratan Visa Turis Jepang

Setelah tahu persyaratan visa turis ke Jepang di atas, pahami juga bagaimana ketentuannya. Pihak Jepang memberikan tata cara sendiri dalam pengurusan ini. Kalau ada yang di lewatkan atau tidak sesuai ketentuan, maka besar kemungkinan permohonan tidak di terima. Selain dalam segi kelengkapan dokumen, masih ada beberapa hal penting lainnya.

 

Ketentuan dalam Persyaratan Visa Turis Jepang

 

Inilah ketentuan membuat visa untuk menjadi turis ke negeri sakura:

  • Menggunakan kertas A4. Ketentuan ini berlaku terhadap semua dokumen. Entah itu fotokopi KTP, rekening koran, reservasi tiket, maupun formulir permohonan.
  • Berkas disusun sesuai urutan yang telah di terangkan. Jika tidak tersusun, pengajuan tidak akan di terima.
  • Cara menyatukan seluruh persyaratan tidak boleh menggunakan staples, tapi memakai klip kertas.
  • Pas foto harus di tempelkan dengan lem. Tujuannya agar tidak lepas setelah direkatkan.
  • Kertas harus rapi. Tidak boleh ada bagian yang di lipat atau di tekuk.
  • Apabila di wakilkan, maka menyerahkan fotokopi bukti kekerabatan.
  Biaya Visa Jepang Paspor Biasa

 

Lokasi dan Biaya dalam Persyaratan Visa Turis Jepang

Kemana Anda harus mengajukan permohonan visa? Mulai Oktober 2020, Jepang menunjuk Japan Visa Application Center (JVAC) sebagai penyedia layanan. Lokasinya ada di Jakarta Selatan, tepatnya berada di Kuningan City second floor yang menempati Unit L2-09. Pengajuan ini dibuat dengan sistem reservasi. Jadi Anda harus melakukan pemesanan. Selanjutnya dapat mendatangi kantor pada hari kerja di pukul 08.00—12.00.

 

Lokasi dan Biaya dalam Persyaratan Visa Turis Jepang

 

 

Kalau soal biaya, itu di sesuaikan dengan jenis yang di pilih. Kalau membuat single entry, fee-nya Rp400.000. Sedangkan tarif multiple entry adalah Rp800.000. Pembayaran hanya dilakukan secara tunai. Jadi sebaiknya menyiapkan uang pas.

 

Jasa pembuatan untuk Persyaratan Visa Turis Jepang

Anda tidak usah khawatir kalau tidak ada waktu mengurus visa turis untuk berwisata ke Jepang. Siapkan saja semua persyaratannya dan kirimkan kepada PT Jangkar Global Groups. Kami akan melanjutkan proses pengajuan sampai dokumen benar-benar jadi.

Untuk hasil, kami menjamin kualitasnya. Berkas hasil pengerjaan yang di lakukan terbukti asli dan bisa Anda pakai dengan segera. Jika kami yang menangani, dalam waktu cepat visa akan segera jadi.

 

Jasa pembuatan untuk Persyaratan Visa Turis Jepang

 

 

Anda cukup diam dan melakukan pekerjaan seperti biasanya. Jika ragu, ada staf ahli yang siap melayani konsultasi. Kalaupun ada permasalahan yang muncul, kami akan langsung mencari solusi dan mengabarkan perkembangannya. Soal kredibilitas, tidak perlu ragu. Sebab perusahaan ini sudah mendapatkan izin resmi beroperasi. Bahkan jumlah klien yang ditangani mencapai ratusan, baik pengurusan visa atau dokumen lain.

Selain praktis dan efisien, memercayakan pengurusan kepada PT Jangkar Global Groups juga hemat budget. Pasalnya, fee layanan jasa di sini terjangkau. Kami tidak menerapkan sistem down payment, sehingga bayar setelah berkas jadi.

Itulah persyaratan visa turis ke Jepang dan beberapa ketentuannya. Agar pengajuan tidak ditolak, aturan dan tata cara yang ditetapkan wajib diikuti. Kalau Anda tidak paham prosedurnya, bisa mempercayakan pada penyedia layanan jasa.

Adi