Persyaratan Merp Imigrasi: Panduan Lengkap
Mempunyai kesibukan atau kepentingan lainnya yang berada di luar negeri tentu mengharuskan Anda memperoleh Merp. Terdapat beberapa persyaratan Merp imigrasi yang harus diurus agar dapat mengantongi izin bepergian. Oleh sebab itu dari jauh hari dokumen sudah harus dilengkapi.
Istilah Merp keimigrasian sendiri diperlukan agar akses mobilitas dalam dan luar negeri mudah. Mengingat setiap kegiatan WNI haruslah tercatat di keimigrasian Indonesia.
Untuk memperoleh informasi lebih lanjut, simak berikut ini ulasannya yaitu:
Jasa Urus Persyaratan Merp Imigrasi
Bagi yang bingung untuk mengurus persyaratan Merp imigrasi sendiri, saat ini tentu dapat menggunakan jasa Kami. Pasalnya perusahaan yang telah Kami rintis sudah sejak lama bekerja di bidang ini. Jadi berdasarkan pengalaman dank e profesionalan tidak perlu di ragukan lagi.
Namun hal yang Kami sampaikan tentu bukan sekedar promosi belaka, mengingat banyaknya kompetitor yang bergerak di bidang tersebut. Hal ini tentu harus Kami barengi dengan bukti terpercaya. Untuk memeriksanya Anda bisa langsung mengunjungi laman dari website resmi Kami.
Di laman resmi Kami terdapat beberapa kelebihan yang belum tentu bisa di temukan pada perusahaan lain. Hal ini juga yang membuat eksistensi perusahaan Kami semakin di kenal. Berikut beberapa keunggulan yang Kami miliki yaitu:
- Terdiri dari staff ahli dan profesional.
- Mempunyai alamat kantor yang jelas dan strategis.
- Memberikan layanan konsultasi gratis.
- Kredibel dan terpercaya.
Apa itu Merp Imigrasi?
Istilah Merp memang terdengar asing bagi mereka yang belum pernah melakukan perjalanan internasional. Terlebih lagi tentang persyaratan Merp imigrasi yang harus di lakukan oleh pemula. Namun sebelum lebih lanjut di bahas, cari tahu terlebih dahulu pengertian Merp.
Merp sendiri merupakan sebuah izin yang di keluarkan oleh kantor imigrasi di wilayah setempat untuk setiap pemilik KITAS. Nah, fungsi dari dokumen yang satu ini yaitu sebagai izin bepergian keluar dan masuk Indonesia. Biasanya izin ini akan di dapatkan dalam bentuk cap.
Persyaratan Merp Imigrasi
Untuk mendapatkan Merp imigrasi, seseorang tentu harus melengkapi persyaratannya terlebih dahulu. Persyaratan Merp imigrasi sebenarnya hampir sama dengan pengurusan dokumen penting lainnya. Berikut beberapa syarat yang dapat di lengkapi di antaranya yaitu:
- Paspor.
- Fotokopi KTP Sponsor.
- Fotokopi KITAS.
- Fotokopi Paspor.
- Fotokop KTP dan KK WNA.
Beberapa syarat yang telah di sebutkan tersebut tentu harus dalam keadaan aktif. Mengingat dokumen tersebut membutuhkan waktu dalam proses pembuatannya. Jika terdapat salah satu syarat yang tidak lengkap, maka proses pembuatan pun akan gagal.
Prosedur Urus Merp Imigrasi
Setelah mengetahui dan memahami dengan baik persyaratan Merp imigrasi yang harus di penuhi, kini ketahui juga prosedurnya. Pasalnya dalam mengurus Merp hingga selesai harus melewati beberapa langkah. Simak berikut ini langkah-langkahnya yaitu:
- Langkah pertama yaitu dengan mengunjungi kantor imigrasi yang terdapat di wilayah setempat.
- Selanjutnya, lakukan pengisian surat permohonan serta pernyataan terkait pembuatan Merp.
- Namun sebelumnya pemohon tentu telah membawa dan menyiapkan kelengkapan dari berkas yang akan di urus tersebut.
- Lanjutkan dengan mengambil nomor antrian.
- Jika sudah memperoleh nomor antrian, pemohon akan di minta untuk menyerahkan berkas.
- Kemudian dapatkan bukti surat pengantar dari petugas untuk melakukan pembayaran.
- Terakhir, lakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Bagaimana cukup panjang bukan alur yang harus di lewati jika akan mengurus Merp imigrasi? Jika setiap langkah-langkah yang ada di lakukan dengan baik, maka akan sangat mudah untuk mendapatkan Merp. Pastikan juga untuk mempelajari syarat dan ketentuan berlaku.
Daftar Kesalahan dalam Melakukan Proses Imigrasi
Agar pembuatan dokumen keimigrasian seperti Merp dan lainnya tidak gagal atau pun salah. Anda tentu harus mengetahui beberapa daftar kesalahan yang dapat di hindari. Berikut Sederet kesalahan yang kerap terjadi, di antaranya yaitu:
1. Menggunakan Visa yang Salah
Kesalahan pertama yang sangat sering terjadi karena keteledoran pemohon adalah pemakaian visa yang salah. Biasanya dalam hal ini visa yang di pakai tidak sesuai dengan kegunaanya. Jika Anda pergi untuk tinggal sebagai wisatawan, maka bukan visa pekerja yang di gunakan dan sebaliknya.
Kesalahan jenis visa yang di bawa inilah yang akhirnya membuat Merp keimigrasian tidak kunjung selesai. Pasalnya antara dokumen yang di minta dan dokumen yang di serahkan berbeda. Jadi wajar saja jika petugas menolak untuk mengurusnya.
2. Membawa Paspor yang Hampir Tidak Aktif
Selanjutnya kesalahan yang sering terjadi dalam memenuhi persyaratan Merp imigrasi yaitu paspor yang hampir tidak aktif. Nah, masalah yang satu ini kerap terjadi dalam pengurusan dokumen keimigrasian. Sebenarnya boleh saja menggunakan visa tersebut, tetapi untuk izin tinggal tentu tidak bisa.
Pasalnya jangka waktu tinggal dan menetap sementara harus di lengkapi dengan KITAS. Jika masa aktif visa hampir habis, ada baiknya untuk memperpanjang masa berlaku. Apabila sudah, maka apa pun dokumen imigrasinya bisa dengan mudah di lakukan.
Bagi yang ingin mengurus ITAS tentu bisa melengkapi syarat yang berlaku di kantor keimigrasian. Terdapat beberapa syarat paspor serta izin khusus yang memenuhi kriteria. Simak berikut ini beberapa kriteria yang dapat di penuhi di antaranya yaitu:
- Paspor minimal 12 bulan, di pakai untuk 6 bulan ITAS.
- Paspor minimal 18 bulan, di pakai untuk 12 bulan ITAS.
- Terakhir, minimal 30 bulan, di pakai untuk 24 bulan ITAS.
Berdasarkan penjelasan di atas, akan lebih baik untuk melakukan perpanjang paspor sebelumnya. Pasalnya waktu dan biaya yang di keluarkan lewat sistem birokrasi. Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk mempersiapkan beberapa hal penting yang akan di lakukan sebelum berada di negara tujuan.
3. Membayar Form Register
Kesalahan lainnya yang di lakukan yaitu melakukan pembayaran ketika mendapatkan form registrasi. Untuk form registrasi yang bisa di sediakn oleh keimigrasian sepenuhnya gratis tidak di pungut biaya. Pasalnya pemerintahlah yang memfasilitasi hal tersebut untuk masyarakat.
4. Tidak Mengetahui Dokumen yang Di butuhkan
Ketika memutuskan untuk melakukan perjalanan keluar masuk luar Indonesia tentu di butuhkan beberapa dokumen. Namun sayangnya lliterasi dan minta membaca masih kurang. Membuat para pemohon tidak mengetahui dengan pasti syarat yang di butuhkan.
Kesalahan tersebut sangat fatal terlebih lagi jika ada kasus penipuan yang terjadi. Pemohon dapat melakukan riset dan mencari tahu apa saja syarat yang di butuhkan dengan membuka laman website imigrasi. Pasalnya di sana semua informasi baik syarat dan prosedur telah di jelaskan.
5. Tidak Membawa Dokumen Sponsor
Terakhir, hal yang sering di anggap sepele dan sering terjadi yaitu tidak membawa dokumen sponsor. Hal ini tentu tidak dapat di tolerir, pasalnya data dari perusahaan sponsor sangat penting. Apalagi bagi Anda yang menerapkan izin tunggal dan ganda pada suatu negara.
Pasalnya ketika sampai di kantor keimigrasian, pihaknya akan meminta pemohon untuk mengajukan surat sponsor. Dokumen yang terdapat di dalamnya meliputi SIUP, KTP, NPWP dan lainnya. Belum lagi adanya tanda tangan atau segel dari perusahaan sponsor.
Apabila tertarik dengan jasa urus persyaratan Merp imigrasi yang Kami tawarkan, Anda tentu bisa langsung menghubungi Kami. Caranya cukup mudah, tinggal pilih nomor call center. Selanjutnya jika sudah terhubung, segera konsultasikan dokumen yang Anda butuhkan. Kedutaan Belanda Di Jakarta Indonesia
KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI
Email : [email protected]
Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852
Pengaduan Pelanggan : +6287727688883
Google Maps : PT Jangkar Global Groups
Website : Jangkargroups.co.id