Persyaratan Menikah WNA Turki di Indonesia

Tidak dapat dimungkiri bahwa seiring dengan berjalannya waktu, semakin mudah ditemukan prosesi pernikahan campuran dengan beda kewarganegaraan yang diadakan di Indonesia. Misalnya, ada perkawinan campuran dengan warga negara dari Turki sehingga kemudian banyak yang mencari informasi persyaratan menikah dengan beda negara WNA Turki di Indonesia. Ditambah lagi, beberapa jenis persyaratan yang diminta pun termasuk sulit.

Baca juga: persyaratan menikah wni di turki

 

Persyaratan Menikah WNA Turki Adalah 

 

Secara sederhana bisa diketahui sejak awal bahwa setiap negara termasuk Indonesia sudah memiliki aturan masing-masing terkait proses pernikahan WNA. Aturan perkawinan campuran yang dimaksud pun sudah disediakan dan ditawarkan dalam bentuk yang bervariasi sesuai dengan keperluan dan kondisi yang ada.

 

Baca juga: persyaratan visa ikut suami ke turki

 

Persyaratan Menikah WNA Turki di Indonesia

 

Persyaratan Menikah WNA Turki Apa Saja 

Demi memenuhi kebutuhan terkait pernikahan WNA dan pernikahan WNI, pemerintah Indonesia menetapkan berbagai persyaratan yang cukup banyak. Bahkan pemerintah Indonesia juga sudah menetapkan beberapa aturan terkait dengan jenis pernikahan campuran oleh WNA dengan WNI di Indonesia. Persyaratan tersebut harus terpenuhi oleh kedua belah pihak yang menikah.

Baca juga: persyaratan visa kunjungan anak

 

Acara pernikahan campuran yang tergelar baik oleh semua WNA ataupun WNA dengan WNI memerlukan proses persiapan yang matang termasuk secara hukum. Tidak heran jika pemerintah Indonesia juga sudah menyediakan beberapa persyaratan menikah WNA Turki di Indonesia yang harus terpenuhi sejak awal. Untuk penjelasan secara lebih detail, simak ulasan di bawah ini:

  Dasar Hukum Pernikahan Campuran

 

 

SYARAT PERNIKAHAN WNI DI INDONESIA

 

Persyaratan Menikah WNA Turki di Indonesia

Secara garis besar, sebenarnya bisa diketahui dan dipahami dengan mudah bahwa persyaratan yang perlu dipenuhi ini sama dengan persyaratan perkawinan campuran yang lainnya. Untuk WNA Turki yang memiliki rencana untuk menikah di Indonesia termasuk dengan warga negara Indonesia harus memenuhi persyaratan. Bahkan sebagian besar syarat lebih berfokus pada dokumen.

Baca juga: jasa legalisir akta cerai kedutaan turki

 

Pernikahan yang terlaksana di Indonesia dengan mempelai baik keduanya maupun salah satunya dari luar negeri memang memerlukan perlakuan yang khusus. Perlakuan yang khusus tersebut tidak menunjukkan bahwa pernikahan WNA jauh lebih istimewa di Indonesia daripada pernikahan dari pihak WNI. Namun perlakuan tersebut lebih merujuk pada persoalan kehati-hatian dari pemerintah.

Baca juga: persyaratan pencatatan kelahiran di kbri turki

 

Untuk pernikahan WNA Turki di sebuah wilayah yang ada di Indonesia, pemerintah juga menerapkan peraturan dan persyaratan. Peraturan tersebut salah satunya juga berkaitan dengan status pernikahan WNA Turki tersebut sebelum memutuskan untuk menikahi WNI. Berikut penjelasan secara lebih detail tentang beberapa persyaratannya:

 

  • Menyerahkan kartu identitas yang valid dan aktif  sebelum pernikahan.
  • Memiliki visa yang sesuai dengan kepentingan masing-masing yang ada. Di tambah lagi, berkas paspor  setidaknya dalam waktu enam bulan.
  • Belum menikah atau tidak terikat oleh pernikahan yang lain. Jika terikat pernikahan yang lain, maka harus menyerahkan bukti khusus izin pernikahan.
  • Menyetorkan bukti izin menikah dan di stempel oleh pihak kedutaan Turki.
  • Menunjukkan bukti domisili sementara atau tetap di Indonesia.
  • Melengkapi berkas dengan akta kelahiran dan pas foto yang terbaru.

 

BERKAS PERNIKAHAN Persyaratan Menikah WNA Turki

 

Dokumen Persyaratan Menikah WNA Turki

Melanjutkan penjelasan sebelumnya terkait persyaratan menikah WNA Turki di Indonesia yang harus terpenuhi, ada beberapa berkas yang penting. Di tambah lagi, beberapa berkas atau dokumen yang harus siap dan di serahkan demi bisa menikah di Indonesia tersebut. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui beberapa berkas tersebut:

  Pelaksanaan Pernikahan Dalam Islam

 

1. Dokumen yang Diminta oleh Kedutaan

Memang  bahwa untuk pernikahan oleh warga negara asing termasuk di Indonesia, pihak kedutaan pastinya akan berperan. Jenis peran  pihak Kedutaan Turki ini akan berpengaruh besar pada lancarnya sebuah pernikahan. Di tambah lagi, para WNA juga harus melewati proses verifikasi nantinya.

Baca juga: persyaratan lapor diri di kbri ankara turki

 

Jenis berkas pertama adalah CNI (Certificate of No Impediment). Berkas ini hanya bisa dari pihak kedutaan Turki yang ada di Indonesia yang menunjukkan status pernikahan masing-masing secara resmi. Untuk mendapatkan jenis berkas ini, biasanya dengan pengisian formulir.

Baca juga: pertukaran pelajar afs turki

 

Sementara itu di sisi lain, untuk mendapat jenis berkas ini, para warga Turki juga harus menyerahkan bukti domisilinya selama di Indonesia. Ada juga berkas akta kelahiran yang harus diserahkan ke pihak kedutaan Turki dalam bentuk fotocopy ditambah juga dengan pas foto. Proses penerimaan surat CNI ini bisa memakan waktu sampai berhari-hari.

Baca juga: visa belajar bahasa ke turki

 

DOKUMEN UNTUK PERNIKAHAN ISLAM Persyaratan Menikah WNA Turki

 

2. Dokumen untuk Pernikahan Islam

Untuk berkas persyaratan menikah WNA Turki di Indonesia yang kedua ini lebih kepada warga negara Turki yang beragama Islam. Hal ini karena untuk jenis pernikahan yang berdasar pada hukum dan prosedur agama Islam, ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Beberapa berkas juga harus diserahkan ke pihak KUA sebelum menikah.

Baca juga: persyaratan visa belajar turki

 

Jika merupakan warga negara Turki ataupun warga Indonesia yang akan menikah dengan WNA Turki, maka ada berkas khusus yang disiapkan. Terutama jika ternyata warga asing dari Turki tersebut merupakan seorang mualaf, maka harus menyerahkan dahulu keterangan terkait perpindahan agama tersebut. Kemudian pihak KUA akan membuatkan surat khusus untuk agama Islam.

Baca juga: persyaratan e visa turki

 

  Daftar Pernikahan Online: Solusi Praktis Untuk Pernikahan Impianmu

3. Dokumen untuk Izin Tinggal Pasca Menikah

Jenis berkas yang harus diurus selanjutnya ini lebih berkaitan dengan berkas untuk dipenuhi ketika ingin tinggal di Indonesia pasca menikah. Setiap warga negara Turki yang sudah melangsungkan pernikahan dengan warga negara Indonesia bisa memutuskan untuk tinggal di Indonesia menggunakan visa. Visa yang dimaksud biasanya adalah jenis visa dengan kode C317.

Baca juga: asuransi perjalanan ke turki

 

DOKUMEN IZIN TINGGAL Persyaratan Menikah WNA Turki

 

Pengajuan Persyaratan Menikah WNA Turki

Untuk mengajukan pembuatan jenis visa yang bisa di perpanjang dengan lebih mudah ini, setiap WNA Turki juga perlu menyerahkan berkas paspor. Walaupun begitu, berkas paspor bisa berguna sebagai syarat pembuatan visa ini harus setidaknya berusia sekitar 18 bulan setelah di buat. Berkas visa ini juga terkadang memerlukan waktu yang tidak sebentar.

 

Pengurusan Berkas Pernikahan WNA Turki di Indonesia

Kemudian masih berkaitan dengan apa saja jenis persyaratan menikah WNA Turki di Indonesia yang di perlukan, proses pengurusannya pun perlu di ketahui. Hal ini karena proses pengurusan berkas untuk pernikahan WNA Turki di Indonesia bisa memerlukan waktu yang sangat lama sesuai antrian. Bahkan proses tersebut bisa memakan waktu sampai berbulan-bulan sesuai kondisi.

 

WNA TURKI DI INDONESIA

 

Berkas Persyaratan Menikah WNA Turki

Untuk para warga negara Turki yang akan menyelenggarakan pernikahan masing-masing di Indonesia, maka sebaiknya segera urus dahulu berkas seperti CNI. Kemudian jika CNI sudah beres dan siap untuk digunakan ketika nantinya menikah secara resmi, maka lanjutkan untuk mengurus berkas di KUA. Walaupun begitu, pengurusan berkas di KUA khusus untuk pernikahan Islam.

 

Mengurus pernikahan oleh WNA di Indonesia termasuk yang berasal dari Turki tidak sembarangan. Telah terdapat berbagai jenis persyaratan menikah WNA Turki di Indonesia yang perlu  dan terpenuhi sejak awal sebelum pernikahannya. Di tambah lagi, beberapa persyaratan yang penting harus di siapkan sejak lama. Bagi yang butuh bantuan, ada kami.