Sedang melanjutkan pendidikan di luar negeri maka perlu tahu Persamaan Ijazah Kemenristekdikti. Sebagai warga Indonesia yang patuh akan hukum, Anda perlu mengurus persamanaan ijazah kemenristek dikti. Layanan ini bertujuan untuk menyetarakan ijazah yang di dapat dari luar negeri sehingga di akui secara sah di dalam negeri. Penyetaraan ijazah ini menggunakan acuan dari Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Cаrа Mеmіlіh Bіѕnіѕ Nеtwоrk Mаrkеtіng Yаng Bаіk
Persamaan Ijazah Kemenristekdikti Adalah
Layanan ini dapat menyetarakan nilai IPK yang di dapat dari perguruan tinggi luar negeri agar sesuai standar yang di berlakukan di perguruan tinggi Indonesia. Ditjen Diktiristek telah menyampaikan harapan besarnya terhadap anak bangsa yang menempuh pendidikan lanjutan di luar negeri. Harapannya, lulusan dapat memanfaatkan ilmunya dalam kontribusi untuk negara dalam bidang yang berbeda. Jadi, seperti apa cara mengurus persamaan ijazah? Simak ulasan berikut.
Persyaratan Wajib Persamaan Ijazah Kemenristekdikti
Pengusul di wajibkan untuk melengkapi persyaratan baik dokumen elektronik yang merupakan pindaian dari dokumen asli. Berikut ini hal-hal yang harus di perhatikan serta syarat lengkap untuk mengurus persamaan ijazah Kemenristekdikti
persyaratan Persamaan Ijazah Kemenristekdikti
- Perguruan tinggi harus sudah terakreditasi (di akui pemerintah/lembaga berwenang).
- Ijazah asli (berwarna). Apabila bukan Bahasa Inggris harus di lengkapi tambahan terjemahan (Inggris atau Indonesia) dari penerjemah tersumpah (sworn translator).
- Transkrip akademik asli (berwarna). Bahasa selain Inggris dan Indonesia wajib di terjemahkan oleh penerjemah tersumpah.
- Visa studi serta seluruh halaman paspor untuk bukti keluar/masuk ke negara tempat studi (khusus lulusan research based atau program sandwich bisa memakai visa kunjungan).
- Letter of Acceptance sebagai bukti di terimanya mahasiswa di perguruan tinggi.
- Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya, sudah di buktikan keabsahannya oleh penerbit ijazah serta di verifikasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
- Surat keputusan mengenai penyetaraan ijazah
Persyaratan Khusus Persamaan Ijazah Kemenristekdikti
Anda sudah mengetahui dokumen utama untuk mengurus persamaan ijazah Kemenristekdikti. Meski begitu, lulusan juga perlu memperhatikan persyaratan khusus. Ada kondisi tertentu yang menyebabkan pemohon harus melampirkan persyaratan tambahan seperti berikut:
- Perguruan tinggi atau program yang belum terdaftar dalam sistem penyetaraan ijazah harus melampirkan bukti akreditasi/pengakuan pemerintah atau kantor perwakilan Indonesia setempat.
- Khusus lulusan Taiwan wajib melampirkan lembar pengesahan dari tugas akhir yang sudah di tandatangani pembimbing serta penguji.
- Lulusan bachelor, master, maupun doktor dari Tiongkok harus menyertakan China Academic Degree & Graduate Education Development Center yang sudah di terjemahkan dalam Bahasa Inggris atau Indonesia oleh penerjemah tersumpah.
- Mahasiswa lulusan Malaysia perlu menyertakan visa studi.
- Lulusan diploma dari Tiongkok harus melampirkan China Higher Education Academic Credential Verification yang di terjemahkan menuju Bahasa Indonesia atau Inggris.
- Program doktor wajib melampirkan publikasi yang telah di muat dalam jurnal internasional.
- Lulusan dari masters by research perlu menyertakan publikasi yang telah di muat dalam proceedings.
- Pemohon yang berasal dari universitas yang tidak mewajibkan publikasi harus memberikan surat keterangan mengenai hal tersebut dari perguruan tinggi bersangkutan.
- Lulusan program gelar ganda ataupun gelar bersama harus menyertakan ijazah, keterangan lulus, transkrip, serta surat izin dari Direktorat Jenderal Kelembagaan.
- Pemohon dari universitas yang berbadan hukum wajib melampirkan Memorandum of Understanding beserta surat pemberitahuan mengenai pelaksanaan program untuk Direktorat Jenderal Kelembagaan.
- Bagi pemohon yang mengambil program full time study perlu menyertakan resident permit (izin tinggal) atau dokumen sejenis.
- Pemohon yang bukan merupakan WNI melampirkan seluruh dokumen wajib, surat dari sponsor Indonesia mengenai tujuan penyetaraan, ijazah maupun transkrip yang telah di legalisir negara asal dokumen tersebut.
Tahap Urus Persamaan Ijazah Kemenristekdikti
Sesudah melengkapi persyaratan yang di butuhkan untuk mengurus persamaan ijazah Kemenristekdikti, sekarang Anda bisa mulai mencari informasi seputar tata cara mengurus penyetaraan ijazah. Untuk memastikan prosedurnya berjalan dengan lancar, berikut beberapa langkah yang perlu di lakukan:
1. Membuat Akun Ijazah Luar Negeri – Persamaan Ijazah Kemenristekdikti Baru
Buatlah akun ijazah luar negeri melalui halaman Kemendikbud. Di sini akan tersedia form pendataan seputar penyetaraan ijazah. Sebelum mengurus penyetaraan ijazah, terlebih dahulu perlu mengetahui jam layanan sehingga mendapatkan layanan yang tepat. Pemohon dapat mendaftar dan mengunggah berkas setiap Senin-Jumat dari pukul 8 pagi sampai 2 siang.
Untuk verifikasi serta penilaian berkas di mulai pada 8.30 pagi sampai jam 12 siang, di lanjutkan lagi pada jam 1 hingga 2 siang, Senin sampai Jumat. Berikutnya pengambilan SK yang sudah jadi bisa di lakukan di hari Senin sampai Jumat pada waktu yang sama seperti jam verifikasi. Proses ini tidak di kenakan biaya.
2. Pengisian Data dan Verifikasi – Persamaan Ijazah Kemenristekdikti Baru
Isilah data diri dan informasi lainnya dengan benar agar tidak terjadi perbedaan data di masa mendatang. Cara mengurus persamaan ijazah Kemenristekdikti berikutnya adalah melampirkan seluruh persyaratan utama maupun khusus (apabila memiliki situasi tertentu sesuai yang tertera). Dokumen yang di butuhkan cukup banyak, sehingga pemeriksaan kelengkapan ulang sangat penting. Kelengkapan dokumen berperan penting dalam jalannya proses penilaian.
Dokumen yang tidak lengkap bisa menghambat proses penilaian sampai semuanya di lengkapi. Proses yang di lakukan tim verifikator ini meliputi pengecekan data, validasi kebenaran data, dan pemeriksaan lainnya. Tunggu proses verifikasi selama kurang lebih dua sampai tujuh hari kerja sesudah tim penilai menyetujui. Pengusul juga bisa memeriksa statusnya dengan memasukkan nomor registrasi di halaman Kemendikbud.
3. Mengambil SK – Persamaan Ijazah Kemenristekdikti Baru
Periksa website resmi Kemendikbud pada bagian tanya jawab (FAQ) apabila mengalami masalah. Di sini tersedia informasi lengkap seputar masalah yang seringkali di alami pengusul. Contohnya mengapa berkas di tunda, bagaimana jika paspor hilang, cara agar proses persamaan ijazah Kemenristekdikti bisa lebih cepat, dan masih banyak lagi.
Apabila tidak ada masalah, seharusnya proses akan selesai dalam waktu paling lambat tujuh hari kerja. Ambil surat keputusan yang sudah selesai di proses. Bagi pemohon yang tidak bisa hadir bisa meminta bantuan orang terpercaya untuk mengambilnya. Hal ini membutuhkan surat kuasa dari pemohon kepada pihak yang mewakili sehingga dapat di pastikan keamanannya.
Jasa Urus Persamaan Ijazah Paling Handal – Persamaan Ijazah Kemenristekdikti Baru
Berdasarkan persyaratan serta prosedur persamaan ijazah Kemenristekdikti yang telah di bahas, Anda telah mengetahui bahwa prosesnya cukup panjang. Hal ini cukup menyita waktu terutama pengisian online, scan data, dan masalah lainnya. Di tengah padatnya kesibukan, Anda bisa mempercayakan seluruh proses persamaan ijazah pada kami.
Dengan staf berpengalaman, kami mengutamakan kualitas layanan untuk membuat pelanggan merasa aman dengan pengurusan dokumen hingga selesai. Jasa kami akan memberi kemudahan serta efektifitas dari segi waktu maupun biaya. Anda tidak perlu khawatir, karena pembayaran penuh bisa di lakukan setelah seluruh proses selesai. Masih bingung? Jangan ragu berkonsultasi dengan kami melalui kontak yang tersedia selama jam kerja.
Biro Jasa Urus Persamaan Ijazah Kemenristekdikti
Sekarang tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu mengisi data online atau mendatangi Kemenristek dikti untuk mengurus penyetaraan ijazah. Tidak hanya penyetaraan, Anda juga bisa mengurus keperluan terkait akademis lainnya. Misalnya pindah sekolah ke negara lain, menggunakan jasa penerjemah tersumpah untuk dokumen penting, dan sebagainya.
Selanjutnya Anda telah mengetahui prosedur persamaan ijazah Kemenristekdikti. Agar keperluan Anda berjalan lancar, kami siap membantu permasalahan yang Anda hadapi seperti minimnya waktu, kesulitan teknologi, kurangnya pemahaman, dan lain sebagainya. Jangan salah memilih perusahaan, pastikan telah memiliki kredibilitas, legalitas, serta kemudahan kontak sehingga bisa memantau jalannya proses.
YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,
HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN
Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.
KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI
Email : [email protected]
Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852
Pengaduan Pelanggan : +6287727688883
Google Maps : PT Jangkar Global Groups